Informasi dan Tips – informasitips.com

Benarkah Coklat dapat Menyebabkan Jerawat?

informasitips.com – Bagi Kamu yang kerap kali berurusan dengan jerawat pasti pernah mendengar bahwa makan coklat dapat menyebabkan jerawat muncul di wajah. Namun, ada juga yang bilang bahwa hal itu tidaklah benar. Lalu, mana yang benar?

Sebenarnya apapun yang kita makan pastilah membawa dampak tersendiri bagi tubuh kita, baik itu berdampak positif maupun negatif. Dalam hal coklat dan jerawat, kandungan nutrisi di dalam coklat menyebabkan terjadinya perubahan metabolisme tubuh yang menurut penelitian dapat menyebabkan munculnya jerawat. Kandungan nutrisi yang terkandung di dalam coklat antara lain lipid, kafein, teobromin, serotonin, feniletilamin, trigliserida dan asam lemak yang menyerupai kanabinoid.

Zat-zat yang terkandung dalam coklat tersebut disinyalir dapat menyebabkan terjadinya hiperinsulinemia, yaitu meningkatnya kadar insulin di dalam darah melebihi dari jumlah yang seharusnya. Apalagi, coklat juga mengandung asam-asam amino (seperti arginin, leusin dan fenilalanin) yang sangat bersifat insulinotropik ketika dicerna bersama dengan karbohidrat.

Banyak bahan makanan lain, selain coklat, yang jika dikonsumsi juga dapat menyebabkan hiperinsulinemia, bahan makanan tersebut biasanya termasuk ke dalam golongan Westernized diet (bahan makanan yang berasal dari barat). Berbagai bahan makanan yang berasal dari barat umumnya memiliki indeks glikemik tinggi yang dapat menuntun ke arah peningkatan insulin di dalam darah, atau hiperinsulinemia.

Kondisi hiperinsulinemia yang dialami seseorang akan mengakibatkan terjadinya perubahan hormonal dalam tubuhnya yang pada akhirnya dapat menimbulkan jerawat di wajah. Mekanisme terjadinya jerawat tersebut diawali dengan meningkatnya produksi hormon androgen yang kemudian diikuti dengan peningkatan produksi sebum serta mempengaruhi pertumbuhan epitel rambut dan terjadinya keratinisasi, kesemuanya itu berkontribusi pada munculnya jerawat.

Jadi, coklat yang banyak digemari orang telah terbukti sebagai salah satu penyebab munculnya jerawat. Hal itu semakin dikuatkan oleh hasil penelitian terbaru (2009) yang dilakukan oleh para ilmuwan Norwegia. Dalam studinya yang dilakukan terhadap 3775 remaja (umur 18-19), mereka mengemukakan bahwa terdapat hubungan yang erat antara munculnya jerawat (acne) dengan konsumsi coklat pada para remaja pria. Para remaja pria dipilih sebagai objek penelitian karena produksi sebum pada pria lebih banyak dibandingkan dengan wanita. Meski begitu, hal yang sama juga dapat terjadi pada remaja wanita jika mereka mengonsumsi coklat secara berlebih.

Nah, sekarang jelas bukan bahwa coklat memang benar merupakan salah satu makanan penyebab munculnya jerawat. Semoga berguna.



loading...
Bagikan artikel:

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

FOLLOW INFORMASITIPS

ARTIKEL PILIHAN

Pencarian Terkait:

NEWSLETTER

Dapatkan Informasi dan Tips terbaru langsung ke Email Anda. Masukkan alamat Email Anda di bawah ini, kemudian klik langganan: