Informasi dan Tips – informasitips.com

Beberapa Situs Fotografi yang Recommended

informasitips.com – Kali ini kita akan sedikit mengupas tentang hobi fotografi. Dari segi tata bahasa, kata fotografi berasal dari negeri dewa dewi, Yunani. Kata fotografi atau photography, merupakan penggabungan dari dua unsur kata, yakni Photos (yang berarti cahaya), serta Grafo (yang berarti gambar atau lukisan). Jadi secara harfiah, fotografi bisa diartikan sebagai suatu kegiatan melukis atau menggambar suatu objek sasaran dengan media cahaya. Tentunya tehnik menggambar yang satu ini membutuhkan suatu alat yang dapat menopang kinerjanya, yaitu kamera.

Mempelajari tehnik fotografi sebenarnya gampang-gampang susah. Gampangnya hanya cukup menekan satu tombol (disebut shutter) maka muncul gambar objek yang diinginkan. Susahnya apabila anda menginginkan gambar yang berkualitas, tajam, mengandung makna, dan menampilkan sisi lain dari objek itu sendiri.

Di Indonesia sendiri minat fotografi sudah cukup meningkat, meskipun untuk skala profesional masih jauh dari harapan. Salah satu ahli fotografer kita, Darwis Triadi, tercatat masih menjadi satu-satunya profesional yang diakui dunia sejak dulu hingga kini. Itu berarti, para penerusnya masih perlu banyak belajar dalam menekuni dunia fotografi agar suatu hari dapat menggantikan posisi yang ditinggalkan oleh Darwis. Namun, bukan berarti tidak ada lagi orang yang berbakat, hanya saja mungkin butuh proses yang lebih jauh demi memperoleh predikat sebagai fotografer berkelas standar internasional.

Nah apabila Anda tertarik untuk menekuni dunia fotografi, ada baiknya bila Anda mengunjungi beberapa situs yang direkomendasikan sebagai tempat belajar dan berkumpul dengan orang-orang yang memiliki minat serupa dengan Anda. Di samping itu, Anda juga bisa mengajukan pertanyaan lewat sub-forum yang ada, apabila ada sesuatu yang ingin Anda ketahui lebih jauh mengenai hal-hal yang berhubungan dengan seni fotografi.

Beberapa situs Fotografi yang bisa menjadi rekomendasi

  1. Wikipedia.org

    Sebelum Anda menekuni bidang fotografi, ada baiknya bila Anda mempelajari terlebih dahulu mengenai ilmu dasar fotografi beserta istilah-istilah yang kerap dijumpai. Sebagai salah satu situs sekaligus gudangnya ilmu pengetahuan, wikipedia tentunya menjadi sumber utama dalam mencari referensi yang tepat. Anda bisa mengunjungi alamatnya di http://id.wikipedia.org/wiki/Kategori:Istilah_fotografi. Dalam link tersebut, Anda akan menemukan berbagai istilah dan bahasa dasar dari ilmu fotografi. Ketika Anda sudah mengetahui bagaimana tehnik-tehnik dasarnya bekerja, maka Anda bisa memutuskan untuk melangkah ke jenjang yang lebih tinggi, dengan kata lain tingkat profesional.

  2. Fotografer.net

    Situs Fotografer.Net

    Salah satu situs fotografi terbesar di Indonesia. Apabila Anda pernah mengunjungi situs forum-forum besar seperti Kaskus misalnya, maka Anda hampir dipastikan friendly use dengan situs yang satu ini. Secara garis besar, situs ini mengupas segala hal tentang dunia fotografi dari berbagai aspek yang cukup lengkap, mulai dari berita yang up to date (seperti halnya liputan), forum interaksi (forum tanya jawab), hingga bursa jual beli produk yang berkaitan. Selain itu, Anda juga dapat menemukan berbagai artikel menarik. Mulai dari masalah yang seringkali dialami oleh para pemula, hingga tehnik-tehnik baru beserta perangkat kerasnya yang biasa ditutor langsung oleh para senior. Untuk info lebih lanjut, Anda bisa mengunjungi http://www.fotografer.net/, atau Anda bisa langsung bergabung ke bagian sub-forum (forum interaksi tanya jawab) di alamat http://www.fotografer.net/forum/.

  3. Belajarfotografi.com

    Situs BelajarFotografi.Com

    Ini juga merupakan salah satu situs yang direkomendasikan bagi Anda yang ingin menekuni dunia fotografi. Meskipun tidak selengkap situs fotografer.net, namun di situs ini lebih mengedepankan dari sisi teknis. Dalam situs ini Anda akan menemukan berbagai hal baru yang mungkin belum pernah Anda ketahui sebelumnya, seperti misalnya bagaimana tips meningkatkan ketajaman hasil bidikan, bagaimana memodifikasi agar hasil gambar yang diperoleh semakin bagus, hingga tips menanggulangi masalah tertentu terkait dengan tehnik fotografi. Untuk memepelajari lebih lanjut, silahkan kunjungi http://belajarfotografi.com/.

  4. Tukangmoto.wordpress.com

    Situs Fotografi TukangMoto

    Di antara situs-situs lainnya, mungkin situs ini merupakan yang paling independen sekaligus dianggap tidak terlalu bagus. Namun jangan salah, meskipun berdiri dengan memanfaatkan media wordpress, namun bobot didalamnya tidak kalah dengan situs-situs domain berbayar lainnya. Tampaknya si pengelola blog merupakan penikmat seni fotografi, atau bahkan seorang profesional yang gemar berbagi. Gaya bahasa yang ditampilkannya pun terkesan bersahabat dengan mengutamakan dari segi interaksi. Jangan heran bila kata-kata yang sifatnya bahasa pergaulan sehari-hari seringkali ditemui. Penasaran? Anda bisa langsung mengunjunginya di alamat http://tukangmoto.wordpress.com/.

  5. Photo.net

    Situs Photo.Net

    Seperti halnya fotografer.net, situs ini juga menawarkan kelengkapan informasinya, serta forum komunitas khusus bagi para pecinta seni fotografi. Perbedaannya hanya terletak pada sisi bahasa dimana photo.net memampang seluruh informasinya dalam bahasa internasional, bahasa inggris (english language). Selain itu, situs ini juga memuat banyak sekali foto-foto unik, mulai dari yang standar hingga berkelas baik dari segi teknik maupun pengaplikasian fitur. Foto-foto tersebut diperoleh dari para fotografer yang bergabung dan membentuk komunitas khusus dalam situs ini. Bila Anda ingin tahu lebih jauh bisa langsung mengunjunginya lewat link http://photo.net/.

  6. DPS (digital-photography-school.com)

    Situs Fotografi DigitalPhotographySchool.com

    Sesuai dengan namanya, situs ini berupaya menampilkan pembahasan dari sudut “sekolahan”. Maksudnya di sini adalah bagaimana menyampaikan informasi dengan menyesuaikan kemampuan pembacanya, baik bagi para pemula hingga tingkat profesional. Di sini Anda dapat menemukan beragam pembahasan mengenai tips dan tutorial dalam seni fotografi, mengupas produk-produk kamera beserta parangkat pendukung lainnya, serta postingan yang bermanfaat lainnya untuk meningkatkan pengalaman baru dalam menggeluti dunia jepret menjepret. Untuk lebih lengkapnya silahkan kunjungi http://digital-photography-school.com/.

  7. Photography.com

    Situs Fotografi Photography.Com

    Situs berbahasa inggris terakhir sebagai pelengkap referensi sebelumnya adalah photography.com, yakni sebuah situs yang memuat beragam informasi penting dalam hal fotografi. Selain itu, di sini akan Anda temukan berbagai informasi menarik seputar video tutorial, beragam galeri seni foto, dan artikel bermanfaat lainnya yang sayang untuk dilewatkan. Silahkan kunjungi situnya di http://www.photography.com/.

Semoga bermanfaat…



loading...
Bagikan artikel:

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *