Informasi dan Tips – informasitips.com

Beberapa Makanan Pokok yang Bisa Menggantikan Nasi (1)

informasitips.com – Bahan makanan pokok yang banyak dikonsumsi oleh orang Indonesia adalah nasi. Pada umumnya, seseorang mengonsumsi nasi sehari tiga kali di setiap harinya, sehingga tidak heran jika kebutuhan akan nasi semakin meningkat seiring dengan berjalannya waktu. Jika peningkatan tersebut tidak diatasi, maka dikhawatirkan krisis pangan dapat terjadi, karena ketika itu total konsumsi telah melebihi kemampuan produksi beras. Oleh karena itu, diversifikasi pangan menjadi hal yang mendesak untuk dilaksanakan. Beberapa bahan pangan yang tersedia dan dapat dijadikan makanan pokok layaknya nasi akan diuraikan di artikel ini. Berikut ini beberapa bahan makanan pokok yang dapat dikonsumsi untuk menggantikan nasi:

  • Sukun

    Sukun atau breadfruit disebutkan dapat berperan dalam menggantikan beras. Jika 100 gram beras memberikan 129 kalori, maka 100 gram sukun akan memberikan 102 kalori. Lalu, bagaimana dengan karbohidratnya? Sukun kaya akan karbohidrat dan hampir menyamai kandungan karbohidrat dalam beras. 100 g beras mengandung 27.9 gram karbohidrat, sementara 100 g sukun memiliki kandungan 27.1 gram karbohidrat. Untuk memanfaatkannya, sukun harus terlebih dahulu diolah, baik itu direbus, digoreng atau dijadikan keripik. Mengonsumsinya juga akan memberikan tambahan vitamin C, kalium, serta unsur mikro lainnya, seperti tembaga, zat besi, magnesium dan fosfor. Sukun dapat menjadikan pilihan buat Kamu yang ingin menjalani diet sehat rendah kalori.

  • Ubi

    Makanan Pokok Pengganti Nasi

    Ubi memiliki kalori yang jauh lebih rendah ketimbang beras, yaitu 86 kalori per 100 gram nya, sementara kandungan karbohidratnya cukup tinggi, yaitu 20 g per 100 gram. Berdasarkan data tersebut dapat kita ketahui bahwa mengonsumsi ubi membuatmu untuk tidak perlu khawatir dalam memasukkan kalori ke dalam tubuh. Meski rendah kalori namun karbohidrat dalam ubi cukup tinggi. Dari sini bisa kita lihat bahwa potensi ubi untuk menggantikan beras cukup tinggi, terutama untuk Kamu yang tengah menjaga atau hendak mengurangi bobot badan. Jika sukun kaya akan vitamin C, maka ubi kaya akan vitamin A.

  • Talas

    Bagian talas yang dimanfaatkan sebagai pengganti beras adalah bagian akarnya. 100 gram talas menyajikan sekitar 112 kalori dan 26.5 g karbohidrat. Jika dibandingkan dengan beras, talas mengandung nilai kalori yang lebih rendah dengan kandungan karbohidrat yang hampir sama. Namun, jika dibandingkan dengan sukun, kiranya talas berada satu level di bawah sukun.

  • Sagu

    Makanan yang satu ini sangat tinggi kalori dan karbohidrat. 100 gram sagu mengandung kurang lebih 351 kalori dengan karbohidrat sebanyak 86 gram. Nah, untuk kamu yang khawatir akan kenaikan bobot badan, maka sagu sangat direkomendasikan untuk tidak dipilih sebagai pengganti nasi. Tidak hanya itu, ketercernaan sagu sangatlah tinggi, karena sagu sama sekali tidak mengandung serat. Boleh dikatakan, sagu sebagai sumber karbohidrat terbaik mengingat kandungannya yang tinggi.

Dari beberapa bahan pokok yang berpotensi untuk menggantikan beras dan telah dipaparkan di atas, maka dapat kita lihat bahwa masing-masing memiliki keunggulan dan kelemahan. Pada umumnya, semuanya kaya akan karbohidrat. Namun, jika Kamu memang benar-benar ingin mendapatkan karbohidrat dan kalori yang tinggi, maka sagu sebaiknya menjadi pilihan. Namun, jika Kamu termasuk seseorang yang sangat perhatian dalam hal bobot badan, maka pilihannya jatuh pada ubi.

Kalori pada ubi adalah yang terendah, di sisi lain kandungan proteinnya adalah yang tertinggi, yaitu 1.6 gram per 100 gram. Dari hal itu bisa dikatakan bahwa jika Kamu ingin menurunkan bobot badan sekaligus membentuk tubuh berotot, maka ubi bisa menjadi pilihan. Kalorinya yang rendah memudahkan Kamu untuk membakar kalori berlebih yang sebelumnya sudah ada di tubuh Kamu, ditambah lagi kandungan proteinnya dapat membantu proses pembentukan otot, meski tetap harus mendapat asupan protein lagi yang lebih banyak dari berbagai sumber protein.

Bahasan mengenai makanan pokok pengganti nasi ini masih akan terus berlanjut di artikel berikutnya.



loading...
Bagikan artikel:

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *