Informasi dan Tips – informasitips.com

Bakteri Penyebab Keputihan

Posted on by in , with 2 Comments

informasitips.com – Selain jamur Candida dan parasit Trichomonas v*g*n*lis, bakteri adalah penyebab keputihan lainnya. Sekali lagi ya, setiap keadaan yang mengubah lingkungan v*g*n* yang asam dan populasi bakteri baiknya (Lactobacillus) akan memudahkan apa saja menginfeksi organ intim Anda. Koloni bakteri baik akan dikalahkan oleh bakteri-bakteri jahat. Apa saja yang mempengaruhi lingkungan v*g*n* yang sehat, sudah dijelaskan dalam artikel sebelumnya yang berjudul Keputihan.

Penyebab keputihan parasit Trichomonas v*g*n*lis

Bakteri yang dibicarakan disini adalah Gardnerella v*g*n*lis. Cantik ya namanya? Bakteri ini sungguh cerdik, ia bersama bakteri lainnya akan berkelompok mengalahkan Lactobacillus si bakteri baik. Teman-teman si Gardnerella ini merupakan bakteri-bakteri anaerob (anaerob = tidak membutuhkan oksigen untuk hidup), diantaranya Mobiluncus, Bacteroides, Peptostreptococcus, Fusobacterium, Veillonella, dan Eubacterium sp. Wah, banyak kan? oleh karena banyaknya koloni bakteri, penyakitnya dinamakan vaginosis bakterial.

Apakah saya beresiko mengalami keputihan?
Satu dari tiga wanita di Amerika menderita penyakit ini. Angka kejadiannya cukup besar, ya. Resiko terinfeksi penyakit keputihan akan meningkat pada keadaan:

  1. Anda seorang perokok
  2. Obesitas
  3. Pernah melakukan kuret/aborsi
  4. Penggunaan kontrasepsi spiral
  5. Douching/pencucian v*g*n*
  6. Mengkonsumsi antibiotic
  7. Penularan melalui hubungan in ti m
  8. Keadaan-keadaan lain yang mempengaruhi lingkungan sehat v*g*n*

Keputihan?
Infeksi di organ intim wanita, memang erat kaitannya dengan keputihan. Pada infeksi Gardnerella, keputihan berbau tidak sedap, berwarna keabu-abuan dan tipis. Keputihan tampaknya sedikit, karena hanya menempel pada dinding v*g*n* saja. Keputihan ini tidak menimbulkan bengkak, iritasi atau nyeri seperti keputihan karena jamur dan parasit. Walaupun kelihatannya tidak menyeramkan, namun komplikasinya sangat merugikan. Misalnya, pada wanita hamil yang terinfeksi Gardnerella dapat menyebabkan kelahiran prematur. Infeksi yang tidak diobati, dapat menjalar ke organ intim bagian atas dan menyebabkan radang panggul dan kemandulan.

Pada infeksi bakteri, dokter akan memberikan antibiotik sesuai dengan diagnosis. Misalnya jika penyebabnya adalah Gardnerella atau bakteri anaerob lainnya maka dokter akan meresepkan metronidazol. Namun bila ditemukan bakteri lain penyebab keputihan, tentu saja akan diberikan jenis antibiotik lainnya. Bila sudah terjadi radang panggul dan terapi dengan antibiotik tidak memperbaiki keadaan, maka akan dilakukan laparoskopi, yaitu memasukkan alat seperti teropong lewat insisi kecil di perut. Lalu melalui teropong ini, akan dilakukan pembilasan bila terdapat abses/ nanah, melepaskan perlengketan karena peradangan dan memotong saluran telur yang terkena radang/ adnextomy jika diperlukan. Jadi sebaiknya, semua keputihan yang mencurigakan dan abnormal diobati ya.

Salam :)
dr. Vetta Fegitalasky

Copyright secured by Digiprove © 2012

Related Posts

2 thoughts on “Bakteri Penyebab Keputihan

  1. putri

    Dokter mau tanya kmrn sy melakukan papsmear hasilnya ada infeksi akibat virus Haemavilous vaginalis. Virus apakah itu, apa penyebabnya, apa dampaknya, termasuk penyakit seksual kah, menular atau tidak, bgmn mengobatinya? Tks byk atas penjelasannya.. :)

  2. mitha

    mba.. boleh nanya ga, aku belakangan ini sering gatal di daerah kewanitaan. kadang isi keputihan kadang enggak. aku pake kb spiral yg bentuk T. sudah 4 tahun. ada pengaruhnya ga itu ya?
    kadang ampe ga bisa tidur saking gatalnya.
    mohon bantuannya ya mba

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

JOIN US ON

NEWSLETTER

Mau berlangganan artikel Kami? Tulis Email Anda pada form di bawah ini.

Cek Email Anda setelahnya untuk mengaktifkannya. Terimakasih