Informasi dan Tips – informasitips.com

Daftar Makanan untuk Membakar Lemak Perut

informasitips.com – Memiliki perut ramping seringkali menjadi obsesi sebagian orang yang menginginkan penampilan prima. Namun, tidak jarang juga keinginan tersebut dihalangi oleh hadirnya lemak yang menumpuk di area perut. Nah, kalau sudah begitu, Kita semua tahu bahwa tidak mudah untuk menyingkirkan tumpukan lemak di perut tersebut. Meski begitu, Kamu tidak perlu terlalu khawatir karena ternyata Kamu bisa membakar lemak di perut dengan mengonsumsi berbagai makanan berikut ini:

  • Oats, barley

    Kandungan dalam oats yang berperan dalam membakar lemak perut adalah serat yang terkandung di dalamnya, terutama soluble fiber. Hal tersebut seperti diungkapkan oleh penelitian yang diterbitkan di American Journal of Clinical Nutrition. Mengonsumsi oats lebih menguntungkan dibandingkan dengan beras merah, karena oats tidak meningkatkan kadar gula dalam darah. Tidak hanya itu, menurut penelitian dalam Journal of the American Dietetic Association ditemukan bahwa oats mampu menurunkan kadar kolesterol dalam darah setelah mengonsumsi oats selama 4 minggu.

  • Teh Hijau

    Senyawa yang berperan dalam membakar lemak perut adalah katekin. Menurut penelitian dalam Journal of Nutrition, teh hijau berkjasiat dalam mengecilkan perut yang buncit, terutama bila diiringi dengan olahraga jalan-kaki. Katekin diketahui memiliki khasiat dalam meningkatkan laju metabolisme di hati dalam membakar lemak. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal agar lemak-lemak di perut Kamu terbakaar, maka disarankan untuk meminum 4-6 gelas teh hijau per hari yang ditambah dengan olahraga jalan-kaki selama 180 menit setiap minggunya.

  • Bakar Lemak Perut

    sumber: oceansharing.com

  • Telur

    Sebuah penelitian yang diterbitkan di Journal of Nutrition menyatakan bahwa salah satu cara menurunkan berat badan, termasuk membakar lemak perut, adalah dengan mengonsumsi protein. Dalam penelitian yang dilakukan terdapat beberapa orang yang mendapat perlakuan berbeda, kelompok pertama mengonsumsi makanan tinggi protein (40% karbohidrat/30% protein) sementara kelompok kedua mengonsumsi makanan tinggi karbohidrat (55% karbohidrat/15% protein). Setelah setahun, kelompok pertama berhasil mengurangi 38% lemak dalam tubuhnya. Lalu, bagaimana sebenarnya perotein bekerja dalam menghilangkan lemak tubuh? Ternyata, tubuh menggunakan lebih banyak kalori untuk memecah makanan yang mengandung protein tinggi dibandingkan makanan yang lain. Protein juga merupakan bahan pembangun otot, dan otot membakar lebih banyak kalori dibanding lemak. Oleh karena itu, protein lebih baik dalam mengurangi rasa lapar dibanding karbohidrat.

    Berdasarkan hal di atas, maka Anda sangat dianjurkan untuk selalu menyertakan dalam setiap waktu makan Anda, terutama pada saaat sarapan. Bahan pangan yang tinggi protein dan juga sangat terjangkau adalah telur. Oleh karena itu, tidak ada salahnya jika Anda makanl sebutir telur rebus sebagai bahan camilan dibandingkan Anda makan coklat atau makanan kecil lain yang tidak menyehatkan. Telur, selain kaya protein, juga merupakan sumber vitamin D bagi tubuhyang menurut penelitian berperan penting dalam menjaga berat badan Anda tidak naik.

  • Ikan Salmon

    Ikan salmon kaya akan lemak yang disebut Omega-3. Nah, ternyata lemak omega-3 tersebut memiliki manfaat dalam mengurangi lemak di tubuh, terdengar aneh bukan? Makan lemak kok mengurangi lemak. Meskipun mekanisme pastinya belum diketahui, namun berdasarkan penelitian yang diterbitkan di British Journal of Nutrition, asam lemak omega-3 dapat mengurangi massa lemak di dalam tubuh, termasuk lemak perut. Penelitian lainnya bahkan menyebutkan bahwa asam lemak Omega-3 membuat seseorang merasa tidak terlalu lapar, dan hanya memakan ikan salmon yang kaya akan omega-3 akan membuat seseorang merasa puas selama 4 jam ke depan, artinya orang tersebut merasa tidak ingin makan lagi setelah memakan ikan salmon. So, konsumsilah ikan-ikan laut yang kaya akan omega-3 sebanyak 2 kali dalam seminggu .

  • Blueberry

    Menurut sebuah studi yang dilakukan di University of Michigan pada sebuah tikus diketahui bahwa konsumsi bubuk blueberry selama 90 hari berkhasiat dalam menghilangkan lemak di perut. Senyawa dalam blueberry yang berperan dalam menghilangkan lemak perut adalah fitonutrien Anthocyanin yang berperan dalam metabolisme lemak.

  • Kacang Walnut dan kacang Almond

    Menurut sebuah studi dari archives of Internal Medicine diketahui bahwa konsumsi satu ons kacang walnut per hari dapat mengurangi lemak perut. Hal tersebut merupakan hasil dari pengujian yang dilakukan pada 1200 orang dewasa. Walnut merupakan sumber asam lemak omega-3 yang baik bagi tubuh Kamu, sementara kacang almond mengandung kalsium yang juga berperan dalam proses pembakaran lemak.

  • Susu atau Yogurt rendah lemak

    Tahukah Kamu kalau ternyata kalsium sangat berperan penting dalam memperbaiki komposisi tubuh, terutama lemak? Saat kadar kalsium dalam tubuh Kamu rendah, maka sel-sel lemak di dalam tubuh akan tetap menahan lemak di dalamnya. Namun, ketika Kamu mengonsumsi makanan atau minuman tinggi kalsium, baik itu susu skim ataupun yogurt rendah lemak, maka proses ekskresi lemak dari tubuh Kamu akan meningkat, termasuk lemak di area perut.

  • Kelapa

    Buah yang satu ini termasuk ke dalam bahan pangan yang dapat membakar lemak perut. Mekanismenya adalah dengan meningkatkan metabolisme lemak di hati. Kelapa mengandung Trigliserida rantai sedang yang dapat meningkatkan laju metabolisme di hati hingga mencapai 30%.

  • Apel dan Pir

    Kedua buah yang banyak disukai orang ini dapat membakar lemak perut dengan dua cara berbeda. Pertama, kedua buah itu mengandung serat yang dapat meningkatkan laju metabolisme tubuh dan menjaga perut agar senantiasa terasa kenyang sehingga Kamu tidak menambah asupan makanan. Kedua, kandungan pektin dalam apel dan pir membuat sel-sel tubuh tidak dapat mengambil lemak yang masuk ke dalam tubuh, sehingga lemak tidak menumpuk. Pektin juga meningkatkan kemampuan sel dalam mengabsorbsi air.

  • Kayu Manis

    Menurut penelitian, kayu manis memiliki khasiat dalam mengatur level insulin dalam tubuh, yaitu menurunkan insulin. Insulin sendiri merupakan hormon yang juga berperan dalam proses penyimpanan lemak. Insulin meningkatkan terjadinya proses penyimpanan lemak di dalam sel-sel lemak, serta mencegah pelepasan lemak dari sel lemak untuk digunakan sebagai sumber energi. Oleh karena itu, dengan kayu manis yang berkhasiat dalam menurunkan level insulin, maka proses penyimpanan lemak di perut dapat dihambat, sekaligus proses pembakarannya sebagai sumber energi dapat ditingkatkan. Efek yang sama juga dimiliki oleh Jahe.

  • Alpukat
    Buah yang satu ini sudah menjadi rekomendasi banyak ahli dalam hal membakar lemak perut. Alpukat merupakan buah yang kaya akan lemak, tetapi bukan lemak yang sifatnya menggemukkan. Bahkan, kandungan lemak dalam alpukat terbilang sangat menyehatkan. Alpukat banyak mengandung asam lemak tidak jenuh tunggal yang memiliki manfaat dalam mencegah terjadinya penimbunan lemak di dalam tubuh, dalam hal ini lemak yang mengemukkan, termasuk menimbun lemak perut. Tidak hanya itu, asam lemak tidak jenuh tunggal dalam alpukat juga berfungsi dalam mengurangi terjadinya proses peradangan yang memicu meningkatnya kolesterol dalam darah. Kedua fungsi tersebut menyeimbangkan sistem hormon sekaligus mengurangi produksi kortisol yang dapat memicu obesitas.

    Tidak hanya itu, alpukat juga kaya akan kalium yang berguna dalam proses konversi nutrisi makanan menjadi energi dan jaringan otot. Kandungan serat dalam alpukat juga akan membantu dalam mengurangi lemak perut, karena Kamu akan merasa kenyang sehabis memngonsumsi buah yang satu ini. Nah, mulai sekarang konsumsilah alpukat agar lemak perut dapat dibakar sekaligus menyukseskan program diet Kamu.

Semoga bermanfaat.



loading...
Bagikan artikel:

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

FOLLOW INFORMASITIPS

ARTIKEL PILIHAN

NEWSLETTER

Dapatkan Informasi dan Tips terbaru langsung ke Email Anda. Masukkan alamat Email Anda di bawah ini, kemudian klik langganan: