Informasi dan Tips – informasitips.com

Bahan Makanan Pokok Pengganti Nasi (2)

informasitips.com – Pada artikel sebelumnya telah dibahas mengenai beberapa bahan makanan pokok yang berpotensi untuk bisa digunakan untuk menggantikan nasi atau beras. Nah, di artikel ini daftar bahan makanan pokok tersebut akan Kami tambahkan lagi. Pada prinsipnya, bahan makanan pokok haruslah mengandung karbohidrat sebagai komponen nutrisi utamanya. Nah, berikut ini beberapa bahan makanan pokok yang bisa menggantikan beras:

  • Kentang

    Bahan makanan ini lebih banyak digunakan sebagai sumber karbohidrat pada makanan ala barat, sementara di timur, seperti di Indonesia, lebih banyak menggunakan beras sebagai sumber karbohidrat. 100 gram kentang mengandung nilai kalori sebesar 77 kalori, sementara karbohidratnya sebesar 18.42 gram dan protein sebanyak 2 gram. Bahan makanan pokok yang satu ini harganya relative mahal ketimbang beras, jadi masyarakat Indonesia pun enggan memilihnya meski menawarkan kandungan kalori yang lebih rendah (dimana hal itu bagus untuk menjaga atau menurunkan berat badan jika dibandingkan dengan beras).

  • Beras Merah

    Beras merah dikenal oleh kebanyakan masyarakat Indonesia sebagai bahan pangan pengganti beras yang menyehatkan. Jika ditinjau dari sisi kalori, nilai kalori 100 gram beras merah adalah sebesar 112 kalori (beras putih = 129 kalori) dengan kandungan serat yang lebih tinggi yaitu 1.8 gram (beras putih = 0.3 gram), sementara karbohidratnya sebanyak 23.5 gram. Dengan dua perbedaan kandungan tersebut (kalori dan serat) tak heran jika beras merah kerap digadang-gadang sebagai bahan makanan pokok pengganti nasi yang lebih menyehatkan. Namun, jika melihat dari segi jumlahnya, nampaknya keunggulan beras merah tidak terlalu jauh jika dibandingkan dengan beras putih. Dalam hal kandungan serat, kentang memiliki jumlah yang lebih tinggi, yaitu 2.2 gram per 100 gram. Menurut situs WebMD, beras merah memiliki keunggulan tersendiri untuk mereka yang menderita diabetes tipe 2 dibandingkan dengan beras putih.

  • Jagung

    Jagung juga bisa bertindak sebagai pengganti nasi atau beras. Jagung merupakan bahan makanan yang rendah protein dan lemak, serta kandungan kalori dan karbohidrat yang ada dalam level sedang. 100 gram jagung mengandung 80 kalori dan 16 gram karbohidrat. Sementara kandungan natrium dalam jagung cukup tinggi dibandingkan dengan kandidat bahan makanan pengganti nasi atau beras, yaitu sebesar 360 mg per 100 gram jagung.

  • Oat

    Bahan makanan yang satu ini tidak cocok untuk ditumbuhkan pada daerah beriklim seperti di Indonesia. Oat termasuk bahan makanan yang tinggi kalori (389 gram/100 gram), tinggi karbohidrat (66.3 gram/ 100 gram), lemak sedang (6.9 gram/100 gram) dan tinggi protein (16.9 gram/ 100 gram), ditambah lagi juga tinggi serat (10.6 gram). Oat juga dikenal sebagai bahan makanan yang kaya akan vitamin B1 (Thiamin), zat besi, namun rendah sodium, jadi sangat cocok untuk Kamu yang punya masalah kardiovaskular, seperti darah tinggi atau jantung. Oleh karena itu, di Indonesia harga oat cukup mahal, selain karena kandungannya yang kaya nutrisi juga karena harus diekspor dari luar negeri.

  • Gandum

    Layaknya oats, gandum juga tidak bisa ditanam di Indonesia terkait dengan iklimnya. Gandum juga termasuk bahan makanan pokok dengan kandungan protein yang tinggi, yaitu mencapai 11.3 gram per 100 gram-nya. Tidak hanya thiamin (vit B1), gandum juga tinggi akan kandungan niacin (vit B3). Terlebih, gandum sangat tinggi kandungan seratnya, mencapai 12.2 gram per 100 gram penyajian. Meski Indonesia bukanlah penghasil gandum, namun angka impor gandum ke Indonesia terbilang tinggi mengingat berbagai bahan pangan yang sangat diminati, seperti gorengan ataupun mie berbahan dasar gandum. Nilai kalori gandum juga terbilang tinggi, 342 kalori per 100 gram-nya. Dengan karakteristik nutrisi seperti itu, ditambah kandungan makronutrien lainnya, mengonsumsi gandum membantu tubuh Kamu untuk memperbaiki jaringan tubuh, menyediakan energy dan meningkatkan system imun tubuh.

Di artikel yang kedua ini, bahan makanan pokok yang disajikan memiliki kandungan nutrisi yang lebih bervariasi ketimbang bahan makanan pokok yang disajikan di artikel pertama. Dari kelima bahan makanan di atas, oats memiliki karakteristik nutrisi yang paling lengkap disbanding keempat lainnya.



loading...
Bagikan artikel:

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

FOLLOW INFORMASITIPS

ARTIKEL PILIHAN

NEWSLETTER

Dapatkan Informasi dan Tips terbaru langsung ke Email Anda. Masukkan alamat Email Anda di bawah ini, kemudian klik langganan: