Informasi dan Tips – informasitips.com

Bagaimana Menikmati Hidup Sebagai Wanita Single?

informasitips.com – Tak bisa dipungkiri, kebanyakan orang terbiasa untuk ‘berhubungan’ dengan orang lain. Karena itulah, mereka tidak tahu apa yang harus mereka perbuat ketika mereka sendiri. Terlebih bagi para perempuan yang bisa dibilang sudah ‘cukup’ umur. Usia sudah menginjak kepala 3, pekerjaan mapan dan bahkan sudah memiliki rumah pribadi, namun tetap saja belum ada seorang laki-laki pun yang mampu menjerat hatinya. Ditambah lagi dengan tekanan dari orang-orang sekitar yang selalu menanyakan ‘kesendirian’ mereka. “Kapan menikah?” atau “Pacarnya mana? Kok belum dikenalin?” seolah-olah merupakan pertanyaan yang wajib ditanyakan kepada para perempuan single.

Jika kamu termasuk salah satu dari wanita yang dideskripsikan di atas, tak perlu bersedih. Buanglah jauh-jauh segala keraguan dan kecemasanmu. Kamu tidak perlu merasa takut menjadi seorang single jika memang belum menemukan pasangan hidupmu. Jangan pernah berpikiran bahwa kamu tidak laku atau tidak menarik di mata pria. Jangan “bermain-main” dengan pikiran negatif yang pastinya bisa menurunkan “self esteem” dan merusak rasa percaya dirimu.

Hiraukan Pendapat Masyarakat
Masyarakat kita terbiasa dengan pemikiran bahwa setiap wanita yang sudah cukup umur seharusnya sudah menikah. Oleh karena itu, banyak orang akan mulai berbisik-bisik dan menanyakan mengapa kita tak kunjung mengumumkan pernikahan. Alih-alih mengikuti pendapat masyakarat pada umumnya, yang tentunya semakin dipikir akan membuat kepala semakin pusing, kenapa tidak mencoba ‘menghibur’ diri dengan tetap berpikiran positif dan menikmati hidup meskipun status “single” masih melekat padamu.

Menikmati Hidup Ketika Jodoh yang dinanti belum juga datang

Kamu mungkin memang belum memiliki pacar atau suami. Namun, kamu memiliki banyak hal lainnya yang patut disyukuri. Masih ada mereka, keluarga dan teman-teman setiamu yang siap berbagi tawa canda denganmu. Ditambah lagi bila kamu memiliki karir bagus dan segudang prestasi gemilang lainnya, nikmati dan syukuri itu. Mungkin kamu diminta untuk lebih bersabar lagi menunggu sang pria pujaan hatimu.

Nikmati Kesendirian
Cobalah untuk tetap berpikiran positif bahwa dengan status single mu, ternyata banyak hal yang bisa leluasa kamu lakukan, misalnya:

  • Travelling
    Kamu suka berpetualang dan mengujungi tempat-tempat menarik di kota (atau negara) lain? Ketika masih single, tentu kamu lebih bebas memutuskan untuk pergi ke tempat mana pun di seluruh dunia yang kamu sukai. Dengan demikian, kesempatanmu untuk semakin memperluas wawasan semakin terbuka lebar.
  • Mencoba tantangan baru
    Mungkin benar kamu merasa galau dan resah karena belum juga dipertemukan dengan jodohmu. Namun, cobalah melihat sisi lain dari keadaanmu itu. Ketika kamu belum menikah kamu belum memiliki beban dan tanggungan apapun. Itu membuatmu lebih bebas untuk mengambil keputusan dan mencoba tantangan baru. Kamu memiliki kesempatan yang lebih luas lagi untuk berkarya dan meningkatkan kualitas dirimu.
  • Nikmati kebebasan
    Selagi masih sendiri, kamu pun bisa dengan bebas meluangkan waktumu untuk melakukan hal-hal yang kamu sukai. Mencoba hobi baru, misalnya. Jika selama ini kamu terbiasa berdiam diri di rumah, kamu bisa mencoba untuk berpetualang, seperti bermain arung jeram atau bungee jumping, atau bahkan hanya sekedar ikut les melukis. Lakukanlah hal-hal yang bisa menghiburmu tersebut agar pikiranmu tidak selalu dirasuki oleh kecemasan menanti jodoh yang belum juga kunjung datang.
  • Asyiknya berburu cinta
    Karena kamu masih melajang, itu berarti kamu masih bebas mengenal banyak karakter pria. Kamu masih punya banyak kesempatan memilih cinta yang terbaik untuk hidupmu. Nikmati kesempatan itu sebagai sebuah keasyikan berburu cinta, agar keputusanmu menikah nanti memang dilandasi atas keyakinan bahwa kamu benar-benar mencintai dan menginginkan orang tersebut, bukan karena tuntutan umur atau status di mata masyarakat.

Tak Perlu Buru-Buru
Tak perlu buru-buru bila memang belum dipertemukan dengan jodohmu. Cinta tidak bisa dipaksakan, begitu halnya dengan jodoh. Mengapa harus terburu-buru menikah? Hanya karena tidak ingin menjadi bahan olok-olok tetangga kah? Atau karena hanya ingin sekedar menyandang status ‘Nyonya’ semata?

Sebagian besar wanita terbukti ‘buru-buru’ menikah karena masalah usia atau desakan keluarga dan masyarakat sekitar. Mereka pun menikah dengan pria mana pun yang meminangnya, bahkan meski ia tidak begitu mengenal pria tersebut lebih dalam. Baginya, asalkan laki-laki tersebut mencintainya, maka itu sudah cukup buatnya. Menurutnya cinta bisa tumbuh seiring berjalannya waktu.

Memang betul bahwa cinta bisa tumbuh karena terbiasa. Tetapi, bukankah lebih puas rasanya bila kita sungguh-sungguh menikahi seseorang yang kita cintai dan yang sudah kita kenal dengan baik? Mungkin benar kamu belum menemukan orang yang tepat untuk mendampingi hidupmu, tapi itu bukan menjadi alasan bagimu untuk terburu-buru menikah.

Menemukan Sang Pangeran
Berdoalah! “Tuhan menjawab doa kita dengan 3 cara. Ia berkata ‘Ya’ dan memberikan apa yang kita minta. Ia berkata ‘Tidak’ dan memberi kita yang lebih baik dari yang kita minta. Ia berkata ‘Tunggu’ dan memberi kita yang terbaik di waktu yang Ia tentukan.

Berdoalah terus dan bersabarlah. Mungkin Tuhan berkata ‘Tunggu’ sekarang dan Ia sedang mempersiapkan seseorang yang bisa dengan tulus mencintaimu dan membahagiakanmu, seseorang yang dengannya kamu bisa mewujudkan impianmu, dan seseorang yang dengannya hidupmu akan terasa sempurna. ‘Seseorang’ itu pasti akan datang.

Namun, jangan hanya sekedar menunggunya semata. Kamu pun harus berusaha. Banyak orang berpendapat, “Jodoh ada di tangan Tuhan”. Tapi bukan berarti kamu hanya pasrah dan menunggu nasib mempertemukanmu dengannya. Tentu kamu tidak berharap ia tiba-tiba muncul di hadapan rumahmu hanya dengan berdiam diri di rumah, bukan? Banyaklah bergaul dan mengenal orang-orang baru. Dengan demikian, kesempatanmu untuk bertemu dengan pria itu pun akan semakin besar.

Ingat, pangeranmu akan datang di waktu yang paling tepat. Selama itu, nikmati hidupmu dan berbahagialah. Seperti kata penyanyi Oppie Andaresta dalam lagunya, “I’m single and very happy!

Isilah hari-harimu dengan hal-hal positif. Berdoalah terus dan jangan pernah putus asa, karena Tuhan pasti punya rencana yang terbaik untukmu.



loading...
Bagikan artikel:

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *