Informasi dan Tips – informasitips.com

Bagaimana Cara Menghilangkan Bad Mood

informasitips.com – Jika Kamu merasa suasana hati tak menentu tapi tidak bisa menjelaskan apa penyebabnya atau uring-uringan tanpa alasan, itu salah satu tanda Kamu sedang mengalami bad mood. Ada banyak faktor yang menyebabkan timbulnya bad mood, salah satunya kurang tidur. Seseorang akan lebih mudah marah, rentan terhadap stres dan kurang berenergi jika kurang tidur. Hal ini diperkuat oleh para peneliti dari University of Pennsylvania yang menemukan bahwa seseorang yang tidur hanya 4.5 jam selama satu minggu akan merasa lebih stres, mudah marah, sedih dan kelelahan mental. Faktor lainnya yang bisa menimbulkan bad mood yaitu banyak pikiran dan kondisi fisik yang terlalu lelah.

Bad mood memang tidak bisa dihindari, namun jangan sampai suasana hati ini merusak aktivitas yang sudah menjadi kewajiban Kamu. Karena jika sudah terserang bad mood, biasanya akan timbul rasa malas yang luar biasa dan pastinya hari-hari Kamu akan dipenuhi dengan kejengkelan dan pikiran-pikiran yang kurang baik.

Jika suasana hati seperti ini datang menghampiri, segera kendalikan diri Kamu dan temukan suasana hati positif. Yang perlu Kamu lakukan hanyalah mengelola dan memastikan porsi good mood agar lebih besar dibanding bad mood. Berikut ada beberapa cara yang bisa Kamu lakukan untuk menghilangkan bad mood:

Berpikir Positif

Cara Menghilangkan Bad MoodKekuatan pikiran dapat menyelamatkan suasana hati yang buruk. Dengan begitu, berpikir positif menjadi kunci utama untuk menghilangkan serangan bad mood yang Kamu alami. Setiap persoalan memiliki sisi positif dan negatif, berusahalah untuk lebih memikirkan hal-hal yang baik. Di sela-sela itu, berikan ruang untuk diri sendiri agar pikiran menjadi lebih tenang.

Melakukan Aktivitas Berbasis Hobi

Tentunya setiap orang mempunyai kesenangan masing-masing, hal ini akan sangat membantu mengurangi bahkan bisa menghilangkan bad mood. Misalnya nonton, membaca novel, jalan-jalan, membuat kue, melakukan perawatan diri, mendengarkan musik atau kegiatan-kegiatan lainnya yang bisa menenangkan pikiran. Namun, disarankan Kamu melakukan aktivitas kreatif, seperti melukis atau merajut.

Hindari untuk Pergi Berbelanja

Ketika terserang bad mood, sebaiknya Kamu menghindari untuk pergi berbelanja karena dalam pikiran yang kurang baik cenderung menginginkan sesuatu yang tidak perlu. Hal ini hanya akan membuat Kamu menghambur-hamburkan uang. Berbelanja hanya pelarian sementara yang dapat membuat Kamu merasa lebih buruk dalam jangka waktu yang cukup lama.

Tersenyumlah

Bagaimana mungkin bisa tersenyum ketika suasana hati dalam keadaan buruk? Perlu diketahui bahwa senyum merupakan tindakan luar biasa yang dapat mengangkat bad mood dengan cepat. Dalam sejumlah penelitian menunjukkan bahwa dengan membuat ekspresi wajah seperti tersenyum dapat menghasilkan efek pada tubuh yang mirip dengan emosi sebenarnya. Seperti kita ketahui ekspresi tersenyum pada dasarnya merupakan ekspresi kebahagiaan. Dan ternyata ekspresi wajah memiliki dampak yang cukup besar terhadap suasana hati.

Sadarilah Bahwa Kamu Tidak Sendirian

Tidak jarang ketika seseorang sedang dalam situasi bad mood, dia merasa kesepian bahkan ketika berada di tengah keramaian. Cobalah untuk berkomunikasi dan membicarakan hal-hal yang menyenangkan. Menyendiri memang perlu, namun hanya untuk sementara waktu. Setelah itu, bergabunglah dengan keluarga atau teman-teman, maka Kamu tidak akan merasa sendiri. Kesepian hanya perasaan sementara dan untuk menghilangkannya Kamu sendiri yang harus bertindak.

Istirahat yang Cukup

Idealnya tidur yang cukup yaitu 8-9 jam setiap malam. Dengan tidur yang cukup akan membuat kondisi tubuh menjadi lebih baik. Jika kondsi tubuh fit, tentunya akan membantu Kamu untuk lebih bisa mengatasi suasana hati.

Meluapkan Emosi dengan Tindakan

Apabila bersedih, menangislah. Jika kesal, marahlah. Tidak ada salahnya meluapkan emosi dengan cara seperti ini. Namun, satu hal yang perlu diingat, jangan melibatkan orang lain. Jangan sampai Kamu meluapkan kemarahan Kamu kepada seseorang yang tidak tepat. Jika hal ini terjadi justru malah akan menimbulkan masalah baru.

Lupakan Kejadian yang Menjadi Penyebab Bad Mood

Jika bad mood itu muncul disebabkan kejadian tertentu, maka berusahalah untuk melupakannya. Jangan terus menerus mengingatnya, karena hal ini hanya akan menciptakan pikiran dan suasana hati semakin buruk. Perlu diingat, yang dapat mengontrol suasana hati Kamu hanya Kamu sendiri. Adapun jika ada orang lain, maka orang tersebut hanya sebagai pengarah saja.

Hindari Meluapkan Unek-unek di Media Sosial

Meluapkan isi hati di media sosial seperti facebook atau twitter memang sangat lumrah. Namun, ketika Kamu sedang dalam situasi bad mood sebaiknya Kamu menghindarinya, karena hal ini ditengarai kurang efektif. Cara ini memang akan membuat lega jika direspon positif, tapi jika direspon negatif justru malah akan membuat bad mood menjadi tambah parah. Selain itu, cara ini juga tidak cukup memberikan solusi.

Dalam menjalani hidup ini, setiap orang pasti akan mengalami situasi apa pun. Bahagia, sedih, beruntung, bosan, kecewa, semuanya akan datang silih berganti. Kondisi apa pun itu, yang perlu dilakukan bukan menghindari atau menyesali tapi menghadapinya. Setiap persoalan pasti ada solusi. Kita hanya dituntut satu hal, yaitu berusaha. Berusaha untuk mencapai yang terbaik dan berusaha untuk menyelesaikan persoalan dengan cara yang baik. Begitupun dalam menghilangkan bad mood, selalu ada cara yang bisa dilakukan. Mungkin salah satu cara di atas bisa membantu Kamu yang saat ini sedang dihampiri bad mood.

Semoga bermanfaat…



loading...
Bagikan artikel:

Artikel Terkait

2 thoughts on “Bagaimana Cara Menghilangkan Bad Mood

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

FOLLOW INFORMASITIPS

ARTIKEL PILIHAN

NEWSLETTER

Dapatkan Informasi dan Tips terbaru langsung ke Email Anda. Masukkan alamat Email Anda di bawah ini, kemudian klik langganan: