Informasi dan Tips – informasitips.com

Bagaimana Cara Mengatasi Obesitas?

Posted on by in , with 0 Comments

informasitips.com Anda sudah mengetahui apa itu obesitas, beserta penyebab dan gejalanya? Bila belum, Anda bisa membaca artikel ini “Masalah Obesitas, Penyebab dan Gejalanya“.

Pembahasan kita selanjutnya mengenai obesitas adalah bagaimana cara mengatasi obesitas? Cari tahu jawabannya dalam artikel ini ya.

Penanganan Obesitas
Prinsip utama pengendalian obesitas selain niat yang kuat adalah olah raga dan pembatasan asupan kalori (diet)

  • Olah raga
    Anda wajib meningkatkan jam olah raga Anda, jika ingin memperoleh berat badan ideal, karena hanya dengan berolah raga lemak tubuh Anda yang berlebih dapat dipecah dan dibakar. Buatlah jadwal olah raga maksimal 3 kali seminggu jika sebelumnya Anda tidak pernah berolah raga. Sesuaikan aktivitas latihan fisik dengan kemampuan dan usia Anda.
  • Batasi mengonsumsi makanan berminyak
    Makanan yang di goreng cendrung memiliki kandungan lemak jenuh sangat tinggi. Lemak jenuh memiliki rangkaian/ikatan kimia yang panjang sehingga sulit diuraikan dan diserap oleh tubuh. Kandungan kolesterol yang terdapat pada makanan yang digoreng sebaiknya juga menjadi pertimbangan sebelum anda memutuskan untuk menyantap jenis makanan tersebut. Akan jauh lebih baik jika anda mengukus atau merebus bahan makanan yang akan anda santap. Santaplah segera setelah makanan anda siap untuk disantap. Hindari kebiasaan memanaskan makanan sampai berkali-kali. Proses pemanasan yang berlebihan dapat menurunkan kadar gizi makanan anda.
  • Diagram Food combining metode diet untuk mengatasi obesitas

  • Batasi kegiatan menonton televisi
    Menonton televisi merupakan hiburan paling murah yang dapat dijangkau oleh siapa pun. Menghabiskan waktu didepan televisi terlalu lama mengurangi aktivitas fisik anda, selain itu kebiasaan ini cenderung meningkatkan keinginan anda untuk terus makan/ngemil karena akan lebih asyik bagi anda jika menonton televisi sambil ngemil. Kebiasaan ini jika berlangsung terus menerus akan meningkatkan berat badan anda secara berlahan-lahan.
  • Hindari minuman bersoda
    Kandungan gula yang terdapat dalam minuman bersoda yang biasanya disajikan dalam keadaan dingin, memiliki kandungan gula yang sangat tinggi. Jika anda tidak percaya, coba diamkan minuman bersoda anda beberapa jam hingga mencapai suhu kamar. Setelah mencapai suhu kamar coba cicipi minuman anda. Anda akan menemukan rasa manis pada tingkatan yang jauh diatas rata-rata dibanding minuman yang anda buat sendiri. Glykogen/zat gula yang terlalu banyak akan membuat tubuh anda gemuk karena otot akan menyimpan semua zat gula yang anda konsumsi berapa pun banyaknya.
  • Ubah kebiasaan dan prilaku hidup anda
    Perkembangan teknologi yang sangat cepat dan canggih memberikan rasa nyaman dan cenderung memanjakan anda. Contohnya kemudahan tranportasi mengunakan mobil dan sepeda motor atau tangga kantor anda yang fungsinya diambil alih oleh lift. Jika anda terlena dengan semua kemudahan itu, bisa jadi hal ini menjadi salah satu penyebab kegemukan anda. Untuk itu ubahlah sedikit kebiasaan dan prilaku anda. Gunakan kaki anda untuk berjalan jika anda masih mampu menempuhnya dengan berjalan kaki. Perubahan ini sama dengan memberikan kesempatan pada diri anda sendiri untuk melakukan aktifitas fisik tanpa harus mencari waktu khusus untuk berolah raga.
  • Diet
    Hal lain yang harus anda lakukan untuk mengurangi lemak tubuh anda adalah mengatur asupan kalori anda. Mulai dari membatasi makanan cepat saji, makanan yang digoreng hingga sea food kesukaan anda.

    Ahli nutrisi anda biasanya akan menganjurkan anda untuk mengikuti salah satu program diet, jika anda merasa bosan atau bahkan tersiksa dengan diet yang anda jalani selama ini cobalah diet sehat berikut ini.

    Diet pembatasan kalori sering kali menyiksa Anda. Dari sisi rasa, misal Anda adalah penderita obesitas dengan komplikasi hipertensi. Kadar garam dalam makanan Anda akan dikurangi secara otomatis. Perubahan rasa tersebut tentu membuat Anda bosan dan kehilangan selera. Untuk mengatasi hal tersebut, cobalah teknik mengkombinasikan makanan (food combining).

    Dalam buku “Food combining Untuk Langsing Dan Sehat” yang ditulis oleh Andang Gunawan, seorang ahli terapi nutrisi tamatan Queensland institute of natural science, dikatakan bahwa food combining (FC) adalah metode pengaturan asupan makanan yang diselaraskan dengan mekanisme alamiah tubuh, khususnya yang berhubungan dengan sistem pencernaan.

    Teknik pola makan ini sangat mudah, sederhana dan menyenangkan. Menyenangkan karena Anda dapat makan sampai kenyang dan tidak perlu memilih/menghilangkan makanan yang Anda sukai. Selain tidak menyiksa Anda pola makan ini memiliki banyak sekali manfaat, salah satunya adalah menghilangkan komplikasi yang menyertai masalah utama Anda, obesitas.

    Efek pola makan ini adalah meminimalkan jumlah penumpukan sisa makanan dan metabolisme sehingga fungsi pencernaan dan penyerapan zat makanan menjadi lancar serta mengefisiensikan pemakaian enegi tubuh. Efek yang Anda sukai selain tubuh menjadi sehat adalah berat badan ideal yang Anda impikan akan terwujud secara berlahan-lahan. Namun perlu digaris bawahi berat badan ideal pada pola makan ini bukanlah tujuan utama, tujuan utamanya adalah memperoleh tubuh sehat dan bugar sedangkan berat badan ideal hanyalah bonus untuk Anda, karena ketika proses metabolisme tubuh Anda berjalan normal dan lancar kelebihan berat badan yang Anda miliki akan dibuang secara otomatis. Dengan kata lain tubuh Anda sendiri yang akan mengatur berat badan ideal untuk Anda.

    Berikut adalah prinsip penting diet sehat food combining :

    1. Pengelolaan Jenis Makanan
      Jika pada pola makan 4 sehat 5 sempurna Anda mengonsumsi lauk pauk, sayuran dan nasi secara bersamaan, pada food combining Anda tidak dapat mengabungkan makanan pembentuk basa dengan lebih dari satu jenis makanan pembentuk asam.
      Makanan pembentuk basa cenderung memiliki kadar air tinggi dan mengandung sedikit protein. Contohnya sayuran, umbi-umbian dan semua jenis buah kecuali tomat.

      Makanan pembentuk asam tidak ada hubungannya dengan makanan yang terasa asam atau kecut. Yang dimaksud makanan pembentuk asam adalah makanan yang mengandung sejumlah besar protein dan sedikit air. Contohnya semua makanan yang mengandung protein dan biji-bijian (beras, jagung, gandum dll) termasuk produk olahannya. Semua makanan diatas kecuali susu murni, yoghurt dan kacang almond memberikan reaksi kimiawi asam pada tubuh.

      Alasan mengapa Anda harus memperhatikan kombinasi makanan berdasarkan jenis makanan pembentuk adalah untuk menjaga keseimbangan asam basa tubuh. Agar tetap sehat dan berfungsi optimal asam basa tubuh manusia harus berada pada kisaran pH 7.3-7.5. berdasarkan fakta tersebut dapat diketahui bahwa tubuh memerlukan makanan pembentuk basa lebih banyak dibanding makanan pembentuk asam.

    2. Pemahaman siklus pencernaan

      Siklus pencernaan (pkl 12:00-20:00)
      Antara pukul 12:00-20:00 merupakan waktu yang tepat untuk mengomsumsi makanan padat karena pada waktu itu siklus pencernaan bekerja lebih aktif.

      Siklus penyerapan (pkl 20:00-04:00)
      Ketika tubuh dan pikiran istirahat total (tidur), tubuh mulai menyerapan, mengasimilasi dan mengedarkan zat nutrisi. Tidur terlalu larut atau makan di malam hari memboroskan energi dan menganggu aktivitas siklus ini.

      Siklus pembuangan (pkl 04:00-12:00)
      Siklus ini paling banyak memakan energi karena tubuh mulai intensif melakukan pembuangan sisa makanan dan sisa metabolisme. Diantara waktu ini sebaiknya Anda tidak mengonsumsi makanan padat. Mengonsumsi makanan padat akan menghabiskan energi anda lebih banyak, sehingga memperlambat proses pencernaan dan menurunkan intensitas proses pembuangan.

    3. Untuk membantu memahami aplikasi dari prinsip-prinsip diatas berikut contoh susunan menu yang dapat anda gunakan untuk memulai diet anda:

      Contoh Sususan Menu sehari metode Food Combining

      Bangun tidur1-2 gelas air putih campur sedikit dengan perasan jeruk nipis (tanpa gula)
      Makan pagi (pkl 05:30-11:30)Aneka buah atau jus buah tanpa gula sepanjang pagi setiap satu atau dua jam sekali(kecuali nangka, durian, alpukat dan pisang). Sesuaikan porsi dengan ukuran lambung Anda.
      Makan siang (pkl 12:00-14:00)- Nasi+belado terong+tumis kangkung+lalap mentah+sambal atau

      - Nasi+tahu/tempe goreng+sayur asem+lalap mentah+sambal atau

      - Pastel kentang isi wortel, kacang polong dan soun+selada segar.
      Selingan sore (pkl 15:00-16:00)- Satu atau dua buah pisang segar (tidak digoreng atau tidak direbus) atau

      - Setangkup kacang-kacangan, kecuali kacang tanah atau

      - ¾ gelas susu kedelai murni, susu almond, atau ½-3/4 gelas yoghurt murni tanpa rasa+1 sendok madu alam murni.
      Makan malam (pkl 18:00-20:00) - Ayam goreng+sup sayur+rujak pengantin atau

      - Tim ikan+sayur saus tiram+selada segar atau

      - Bistik daging+setup sayuran+selada segar
      Tabel Contoh Susunan Menu Menggunakan Metode Diet Food Combining

      Sumber: Andang Gunawan. Gramedia Pustaka Utama. Food combining Untuk Langsing Dan Sehat
      *menu makan siang dan menu makan malam boleh saling berganti tempat

  • Puasa
    Puasa tidak hanya menyempurnakan program FC tetapi juga mempercepat proses penurunan berat badan anda. Puasa memiliki manfaat detoksifikasi dan memberikan kesempatan pada organ pencernaan anda untuk beristirahat. Puasa bersifat total dan holistik, pembersihan bukan hanya bersifat fisik saja tetapi juga meliputi pembersihan dan peningkatan energi pada pikiran dan jiwa.
    Puasa tidak dianjurkan bagi penderita: kanker stadium lanjut, kurang gizi, lemah mental, wanita hamil dan menyusui, tukak lambung, manula, lemah jantung, gagal ginjal dan TBC.

Catatan:
*Pada hari ketiga diet FC, anda akan merasakan perubahan tubuh yang membuat anda merasa sedikit tidak nyaman seperti demam, pusing, Flu dan batuk, berkeringat dingin, dan lemas. Anda tidak perlu khawatir dengan perubahan tersebut, tanda-tanda tersebut merupakan bagian dari proses detoksifikasi (pengeluaran racun-racun tubuh). Setelah melewati fase tersebut tubuh anda akan kembali merasa nyaman.

*FC tidak harus anda taati secara buta, sekali waktu anda boleh menyantap makanan dengan susunan yang tidak sesuai dengan pola yang dianjurkan dalam FC, namun setelah itu anda sebaiknya kembali pada pola makan FC lagi.
*Lakukan segala sesuatu dengan niat, semangat dan totalitas. Tidak ada yang mustahil jika anda mau berusaha keras untuk keluar dari masalah anda. Selamat mencoba.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

JOIN US ON

NEWSLETTER

Mau berlangganan artikel Kami? Tulis Email Anda pada form di bawah ini.

Cek Email Anda setelahnya untuk mengaktifkannya. Terimakasih