Informasi dan Tips – informasitips.com

Bagaimana Agar Sukses dalam Wawancara Kerja?

Kiat dan tips agar lolos wawancara kerjainformasitips.com – Bagi sebagian orang, wawancara adalah salah satu momen yang paling mendebarkan dan menegangkan. Bila kamu termasuk salah satu orang yang sering merasakan demikian, tak perlu minder atau malu. Hal tersebut lumrah saja kok, karena wawancara merupakan tahapan yang paling penting dan menentukan diterima atau tidaknya kamu bekerja di sebuah kantor atau perusahaan. Meski merasa gugup, grogi, atau tegang, bukan berarti kamu tidak bisa tampil baik dan prima saat wawancara loh. Karena dengan strategi yang tepat dan benar, maka kamu akan bisa tampil baik dan mengesankan saat sesi wawancara.

Berikut 3 tips penting yang perlu kamu ketahui agar bisa sukses dalam wawancara kerja?

1. Persiapkan Mental
Saat-saat menghadapi situasi yang menegangkan seperti wawancara, kamu tentunya harus bisa tenang dan mengendalikan diri. Relaks dan santai saja. Jangan sampai perasaan-perasaan negatif mengontrol dirimu. Justru sebaliknya, kamulah yang eharusnya bisa mengontrol diri dan perasaanmu. Kamu harus menyiapkan mentalmu dengan sebaik-baiknya, tujuannya agar kamu tidak merasa grogi, gugup dan bisa menata dengan baik kalimat-kalimat yang keluar dari mulutmu saat menjawab setiap pertanyaan wawancara. Perasan tenang akan membantumu berpikir lebih baik yang pada akhirnya bisa membuatmu tampil memukau di depan interviewer dan membuat si interviewer “jatuh cinta” padamu.

2. Perhatikan sikap saat wawancara
Hal penting yang juga perlu dipersiapkan saat wawancara adalah pandai-pandailah dalam mengatur dikap, cara bicara, dan bahasa yang kamu gunakan saat sesi wawancara. Karena sikap, cara bicara dan tindak-tandukmu akan dinilai dan itu dianggap sebagai cerminan dari karakter dan kepribadianmu. Untuk itu, berikanlah kesan positif kepada pewawancara. Tampillah dengan sikap yang baik, sopan, dan profesional. Selain itu, berbicaralah dengan tegas, jelas dan yakin. Jangan ragu-ragu atau tidak terlihat tidak percaya diri. Intonasi suara pun harus diperhatikan. Tidak perlu berbicara terlalu pelan dan sebaliknya tidak perlu juga berbicara dengan volume suara yang keras dan nada yang tinggi.

3. Lakukan yang terbaik
Banyak hal yang menentukan diterima atau tidaknya kamu untuk bekerja di sebuah perusahaan. Bisa dari latar belakang pendidikan, pengalaman, kompetensi, dan juga performa yang kamu tampilkan saat wawancara. Dalam hal wawancara, lakukanlah yang terbaik dan persiapkan semua yang diperlukan sebaik-baiknya. Ada baiknya, sebelum wawancara kamu mencari-cari tahu tentang perusahaan yang kamu lamar. Sebelum wawancara berlangsung, kamu juga bisa berlatih terlebih dahulu untuk menjawab pertanyaan yang sekiranya akan ditanyakan pewawancara. Buat pewawancara terkesan dengan jawaban-jawaban yang kamu utarakan namun ingat, jangan pernah berbohong, karena kebohongan tidak akan menyelamatkan kamu malah justru menjebak kamu dalam kebohongan lainnya dan bisa berakibat fatal untukmu di kemudian harinya. Satu hal lagi yang juga perlu diingat adalah, usahakan jangan pernah telat dan membuat pewawancara menunggumu. Telat mencerminkan sikap tidak profesional dan tentunya hal ini akan jadi penilaian buruk yang bisa merugikan diri kamu sendiri.



loading...
Bagikan artikel:

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

FOLLOW INFORMASITIPS

ARTIKEL PILIHAN

NEWSLETTER

Dapatkan Informasi dan Tips terbaru langsung ke Email Anda. Masukkan alamat Email Anda di bawah ini, kemudian klik langganan: