Informasi dan Tips – informasitips.com

Awas Sakit, Cuci dulu Buah dan Sayuran Sebelum Dimakan

informasitips.com – Jangan pernah berpikir untuk langsung mengonsumsi buah atau sayuran sebelum dibersihkan. Hal itu sangat berbahaya, bisa saja kuman-kuman patogen (penyebab penyakit) yang ada di dalam buah atau sayuran tersebut masuk ke dalam tubuh hingga akhirnya menyebabkan Kamu jatuh sakit. Di Amerika Serikat, berdasarkan data yang dikeluarkan CDC ada sekitar 3000 orang yang meninggal setiap tahunnya akibat penyakit yang disebabkan oleh makanan. Mereka mencatat bahwa angka itu sudah termasuk kematian yang disebabkan oleh patogen yang berasal dari cabai serta bayam. Jangan juga percaya dengan label buah atau sayuran yang berlabel organik, bukan berarti Kamu boleh langsung memakannya, Kamu tetap harus mencucinya terlebih dahulu.

Ada beberapa hal yang bisa Kamu lakukan untuk mencegah dari serangan penyakit tersembunyi yang ada di buah atau sayuran, simak hal berikut ini:

  • Cuci Buah dan Sayuran di bawah Air Mengalir

    Dengan menggunakan air yang mengalir, kotoran-kotoran serta kuman patogen yang menempel di buah dan sayuran dapat disingkirkan. Jika Kamu mencucinya di wadah, maka kotoran atau kuman yang coba disingkirkan dari buah atau sayuran itu masih memiliki kemungkunan untuk bisa tetap berada di buah atau sayuran tersebut, karena tidak langsung terbuang oleh aliran air melainkan masih tercampur dalam satu wadah. Bisa saja Kamu meletakkannya di dalam wadah, namun wadah yang berpori dan tetap dicuci di bawah aliran air.

  • Mencuci Buah dan Sayuran

    sumber: idealhomegarden.com

  • Gunakan Sikat Khusus untuk Menyikat Kulit Buah atau bagian Akar Sayuran

    Gunakanlah sikat khusus sayuran untuk membersihkan akar sayuran atau kulit buah, seperti melon, mentimun ataupun jeruk, agar kuman-kuman yang menempel benar-benar disingkirkan. Jika pada permukaan buah masih terdapat Kuman patogen, makakuman tersebut bisa saja berpindah ke daging buah saat Kamu memotongnya.

  • Kupas Buah dan Buang Daun Terluar dari Sayuran

    EPA dalam situsnya epa.gov menyarankan untuk menggupas kulit buah terlebih dahulu sebelum memakannya. Hal tersebut dilakukan untuk menghilangkan kemungkinan dari adanya residu pestisida yang termakan saat Kita mengonsumsinya. Sementara FDA juga menyarankan agar membuang daun terluar dari sayur-sayuran, seperti kol, seledri ataupun salada.

  • Keringkan Buah dan Sayur sebelum Dikonsumsi

    Setelah buah dan sayur dicuci, maka selanjutnya Kamu harus mengeringkannya dengan menggunakan handuk bersih ataupun kertas pengering.

  • Semprot dengan Ramuan Sendiri

    Banyak pihak sepakat bahwa mencuci di bawah aliran air merupakan langkah yang tepat untuk menyingkirkan baik itu kuman ataupun residu pestisida. Namun, agar lebih teryakinkan, Kamu bisa menyemprotkan buah dan sayuran dengan semprotan yang bisa Kamu buat sendiri di rumah.

    Komposisi Larutan semprotan terdiri dari: 1 mangkuk air, 1 mangkuk white vinegar, 1 sendok teh baking soda dan 1/2 air perasan lemon. Campur bahan-bahan tersebut dan masukkan ke dalam botol semprot untuk disemprotkan ke buah dan sayuran, dan diamkan 5 menit, lalu pastikan untuk membilas buah dan sayurannnya terlebih dahulu sebelum dikonsumsi



loading...
Bagikan artikel:

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

FOLLOW INFORMASITIPS

ARTIKEL PILIHAN

NEWSLETTER

Dapatkan Informasi dan Tips terbaru langsung ke Email Anda. Masukkan alamat Email Anda di bawah ini, kemudian klik langganan: