Informasi dan Tips – informasitips.com

Atom, Hal yang Perlu Kamu Ketahui

informasitips.com – Atom merupakan bagian terkecil dari suatu materi yang masih dapat diukur. Setiap atom mengandung bagian yang lebih kecil lagi yang kesemuanya disebut dengan partikel-partikel sub-atomik. Partikel-partikel tersebut termasuk proton, neutron dan elektron (bahkan juga dikenal partikel sub-atomik lain, yaitu quark, meson, lepton dan neutrinos). Partikel sub-atomik akan selalu berada pada atom dan tidak dapat dipindahkan kecuali atomnya dihancurkan.

Struktur Atom

Saat ini, struktur dari suatu atom telah diketahui dengan baik. Pada umumnya, struktur atom dapat dijelaskan pada poin berikut ini:

atom

  • Atom memiliki inti yang disebut dengan nukleus. Pada inti atau nukleus terdapat dua partikel sub atomik, yaitu proton dan neutron. Kedua partikel itu memiliki massa dan salah satunya bahkan memiliki muatan. Proton membawa muatan positif, sementara neutron tidak bermuatan atau dengan kata lain netral. Nah, karena proton bermuatan positif dan neutron netral, maka muatan dari inti atom itu sendiri adalah positif.
  • Inti atom dikelilingi oleh awan elektron. Elektron adalah partikel sub atomik yang membawa muatan negatif, namun tidak memiliki massa.

Suatu atom dapat berubah menjadi ion ketika mendapatkan atau kehilangan elektron. Nah, dengan kata lain ion adalah atom yang memiliki muatan. Ion positif (kation) adalah atom yang memiliki lebih banyak proton dibandingkan elektron, dan sebaliknya, ion negatif (anion) adalah atom yang memiliki lebih banyak electron dibandingkan proton. Di antara atom yang berbeda muatan dapat terjadi tarik-menarik sehingga terbentuklah suatu ikatan yang disebut ikatan ion.



loading...
Bagikan artikel:

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *