Informasi dan Tips – informasitips.com

Apakah Benar Setelah Makan Harus Mengonsumsi Buah?

informasitips.com – Tidak diragukan lagi bahwa mengonsumsi buah sangat penting bagi tubuh Kita. Buah merupakan makanan sehat yang seyogyanya dikonsumsi secara rutin oleh manusia.

Namun, hal itu bukan berarti Kita bisa mengonsumsi buah kapan saja Kita mau, ada beberapa aturan dasar yang harus Kita semua ketahui agar tubuh Kita bisa mendapatkan manfaat dari mengonsumsinya secara maksimal.

Buah bermanfaat dalam menjaga dan meningkatkan kesehatan saluran pencernaan manusia, serta juga bermanfaat dalam menyediakan energi yang besar untuk bekal Kita beraktivitas.

Pada umumnya, buah mengandung serat, kalium, vitamin, folat dan nutrisi penting lainnya. Oleh karena itu, buah dipercaya dapat membantu tubuh dalam membentengi diri dari berbagai serangan penyakit, menjauhkan tubuh dari penyakit jantung, stroke atau tekanan darah tinggi. Mengingat peranan penting yang dimiliki buah, maka untuk mengonsumsinya secara rutin menjadi sangat penting.

Selama ini Kita berasumsi bahwa mengonsumsi buah sebaiknya dilakukan sesudah makan dengan tujuan untuk membantu proses pencernaan. Namun, pada kenyataannya yang terjadi tidaklah demikian. Saat Kamu makan buah dalam keadaan perut yang penuh dengan makanan, maka justru proses pencernaan buah menjadi terhambat, karena saluran pencernaan terlebih dahulu mencerna makanan yang lebih dahulu masuk. Lalu, apa yang terjadi dengan buah?

Jika dalam waktu yang lama juga buah tak kunjung dicerna, maka bakteri-bekteri yang ada dalam saluran pencernaan lah yang akan mencerna komponen nutrisi yang terkandung di dalam buah, dimana terdapat banyak komponen gula yang menyebabkan proses fermentasi dapat terjadi. Proses fermentasi tersebut juga disebut proses pembusukan komponen buah. Saat hal itu terjadi, maka Kamu akan merasakan sensasi heartburn, serta kembung karena adanya angin akibat gas yang dihasilkan dari proses fermentasi tersebut. Jika keadaan itu terus terjadi, maka saluran pencernaan Kamu akan terganggu.

Waktu yang Tepat Makan Buah

Jika memang buah tidak boleh dimakan setelah makan, maka kapan sebaiknya Kita mengonsumsi buah? Saat terbaik untuk mengonsumsi buah adalah saat perut kosong, di pagi hari atau di waktu antara sarapan dan makan siang. Pada keadaan perut kosong, tubuh Kamu dapat dengan sempurna mencerna kandungan nutrisi yang terkandung di dalam buah, sehingga Kamu bisa mendapatkan manfaat dari mengonsumsi buah dengan maksimal. Kamu juga bisa mengonsumsi buah 1 jam sebelum atau sesudah makan. Tergantung dari porsi makannya, jika porsinya cukup banyak, maka jeda waktunya lebih lama lagi, bisa sampai 3-4 jam.

Jika ingin membandingkan, maka makan buah sebelum makan jauh lebih baik dibandingkan dengan sesudah makan.



loading...
Bagikan artikel:

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *