Informasi dan Tips – informasitips.com

Apa yang dimaksud dengan Android?

Apa yang dimaksud dengan Androidinformasitips.com – Akhir-akhir ini kita sering mendengar kata Android di berbagai iklan handphone dan PC tablet. Saai ini handphone Android juga semakin populer dan menjadi saingan-saingan produk handphone besar seperti Blackberry, Nokia, dan iPhone. Sebagian orang sudah mengetahui apa itu Android, namun mereka belum tentu benar-benar paham. Jika kita perhatikan, Android itu adalah hp yang touchscreen, bisa langsung berkoneksi dengang internet.

Android adalah sistem operasi berbasis Linux termodifikasi yang dikembangkan oleh Google yang digunakan di smartphone dan juga tablet PC. Dengan kata lain, fungsinya sama seperti sistem operasi Symbian di Nokia, OS di Apple dan BlackBerry OS.

Meski cukup populer di Indonesia, Android belum sepopuler di Amerika Serikat atau di negara lainya, karena Android membutuhkan koneksi internet yang sangat cepat untuk memaksimalkan kegunaannya padahal Internet dari Operator selular Indonesia kurang dapat diandalkan. Beberapa orang menganggap Android sulit untuk dioperasikan atau dipakai bila dibandingkan dengan handphone lain macam Nokia atau Blackberry.

Untuk itu artikel akan sedikit mengupas keuggulan Android yang perlu Anda ketahui;

Keunggulan Android

Google secara aktif mengembangkan platform ini, mereka juga memberikan kesempatan kepada produsen hardware dan operator telepon yang ingin menggunakan system operasi Android yang mereka kembangkan pada perangkat masing-masing produsen secara gratis, oleh karena itu system operasi Android termasuk ke dalam system operasi open source, layaknya Linux. Itulah keunggulan utama Android sehingga membuat smartphone Android dijual lebih murah dibandingkan dengan Blackberry atau iPhone padahal fitur (hardware) yang ditawarkan Android sangat banyak dan menarik.

Beberapa fitur utama dari Android antara lain WiFi hotspot, Multi-touch, Multitasking, GPS, accelerometers, support java, mendukung banyak jaringan (GSM/EDGE, IDEN, CDMA, EV-DO, UMTS, Bluetooth, Wi-Fi, LTE & WiMAX) serta juga kemampuan dasar handphone pada umumnya. Yang sangat mencolok dari ponsel Android adalah adanya layar sentuh dan hampir semua aktivitas di smartphone atau tablet PC Anda dilakukan melalui sentuhan.

Android pertama kali dikembangkan oleh perusahaan bernama Android Inc., dan pada tahun 2005 di akuisisi oleh raksasa Internet Google. Untuk setiap release-nya diberi kode nama berdasarkan nama hidangan makanan yang bisa membuat kita lapar, seperti;

  1. Eclair (2.0 / 2.1)
    Versi Android awal yang mulai dipakai oleh banyak smartphone, fitur utama Eclair yaitu perubahan total struktur dan tampilan user interface dan merupakan versi Android yang pertama kali mendukung format HTML5. Android juga mendukung multi-touch gestures seperti pinch-to-zoom dalam versi 2.1
  2. Froyo / Frozen Yogurt (2.2)
    Android 2.2 dirilis dengan 20 fitur baru, antara lain peningkatan kecepatan, fitur Wi-Fi hotspot tethering dan dukungan terhadap Adobe Flash.
  3. Gingerbread (2.3)
    Perubahan utama di versi 2.3 ini termasuk update UI, peningkatan fitur soft keyboard & copy/paste, power management, dan support Near Field Communication.
  4. Honeycomb (3.0, 3.1 dan 3.2)
    Merupakan versi Android yang ditujukan untuk gadget atau device dengan layar besar seperti Tablet PC; Fitur baru Honeycomb yaitu dukungan terhadap prosessor multicore dan grafis dengan hardware acceleration.

    Tablet pertama yang memakai Honeycomb adalah tablet Motorola Xoom yang dirilis bulan Februari 2011.

Semoga dengan uraian di atas bisa membuat Kamu lebih tahu mengenai sistem operasi Android.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

JOIN US ON

NEWSLETTER

Mau berlangganan artikel Kami? Tulis Email Anda pada form di bawah ini.

Cek Email Anda setelahnya untuk mengaktifkannya. Terimakasih