Apa yang Dilakukan Nyamuk Jantan Jika Hanya Nyamuk Betina yang Menggigit Manusia?

informasitips.com – Setelah menulis artikel mengenai preferensi nyamuk betina untuk menggigit manusia, Saya jadi berpikir jika hanya nyamuk betina yang menggigit manusia, lalu apa yang dilakukan oleh nyamuk jantan?

Tidak seperti nyamuk betina, nyamuk jantan tidak menggigit manusia untuk menghisap darah, karena memang mereka tidak dilengkapi oleh ‘peralatan’ untuk ‘membedah’ manusia. Kalau bukan darah yang menjadi makanan nyamuk jantan. lalu mereka makan apa? Nyamuk jantan mendapatkan makanan dari menghisap nektar bunga. Mereka lebih berperilaku layaknya kupu-kupu dibanding seperti nyamuk yang umumnya Kita kenal.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan baru-baru ini diketahui bahwa nyamuk jantan juga berperan penting dalam produksi telur yang dilakukan oleh nyamuk betina. Dalam proses perkawinan yang dilakukan oleh nyamuk, nyamuk jantan menyuntikkan hormon steroid kepada nyamuk betina sehingga telur-telur mereka dapat berkembang dan menetas.

Meski berbeda peran dengan nyamuk betina, ternyata nyamuk jantan memiliki peran tersendiri yang tak kalah penting.

Loading...

Rekomendasi

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>