Informasi dan Tips – informasitips.com

Apa Sih Artinya Cinta?

informasitips.com – Pernah dengar beberapa quote tentang cinta berikut ini?

Love is like a home, place where you always comeback to, place where you don’t have to pretend to be something that you’re not“.

Love is knowing all about someone and still wanting to be with him more than any other person”.

“Love is feeling comfortable and safe with someone you love.

Love quote di atas merupakan beberapa ungkapan tentang arti dan defenisi cinta.

Bicara tentang cinta seakan tak ada habisnya. Orang bilang cinta itu buta, cinta itu butuh pengorbanan, cinta itu adalah kebahagiaan, cinta itu tak harus memiliki.. cinta itu.. cinta itu.. dan segala bentuk definisi lainnya. Sebenarnya apa sih arti cinta?

Menurut Wikipedia.com, cinta bisa diartikan sebagai emosi yang bermula dari kuatnya kasih sayang dan ketertarikan pribadi. Cinta juga bisa dimengerti sebagai segala sifat baik yang mewarisi kasih sayang, kebaikan dan perasaan belas kasih. Pendapat lain mengatakan bahwa cinta adalah kegiatan aktif yang dilakukan oleh manusia terhadap obyek lain, yang bisa berupa perhatian, empati, kasih sayang, pengorbanan diri, kepatuhan dan kemauan untuk melakukan apapun yang obyek lain tersebut inginkan.

Nah, apa saja jenis-jenis cinta? Ternyata cinta bisa terdiri dari bermacam-macam bentuk, di antaranya:

  • Cinta karena Perasaan Aman
    Cinta dalam bentuk ini umum dimiliki oleh setiap orang, di mana mereka mempertahankan cinta ini karena merupakan suatu bentuk perlindungan dan pemeliharaan. Beberapa orang mendeskripsikan cinta ini sebagai cinta yang dimiliki orangtua kepada anak-anaknya, di mana orangtua mencintai anak-anaknya dengan melindungi dan memberikan perasaan aman.

    Apa artinya cinta?

    Sebagian orang lagi mendefenisikan cinta ini sebagai perasaan tertinggi yang dimiliki seseorang dimana ia mencintai karena merasa sangat aman dan nyaman bersama orang yang ia sayangi. Mereka yang berpendapat seperti ini menganggap belumlah sempurna cinta yang dimiliki seseorang bila seseorang yang mencintai tersebut tidak merasakan perasaan nyaman dan aman bersama orang yang dicintainya.

  • Cinta persahabatan
    Merupakan cinta yang jujur, terbuka dan nyaman di antara dirimu dan orang lain. Kamu mungkin berteman dengan banyak orang, tapi hanya akan ada segelintir orang saja di mana kamu bisa merasa nyaman menjadi dirimu sendiri tanpa takut merasa malu atau aneh. Sebagian orang beranggapan, cinta persahabatan tidak akan mungkin sepenuhnya terjadi antara pria dan wanita, sebab ketika cinta tumbuh di antara mereka, persahabatan mereka akan berubah dan mungkin tak akan sama seperti sebelumnya. Namun, tidak sedikit pula orang yang beranggapan bahwa salah satu hal utama yang harus ada di dalam cinta adalah “persahabatan”. Menyayangi orang yang dicintai sebagai kekasih dan sahabat, as a lover and a friend. Mereka yang berpendapat seperti ini menganggap cinta model inilah yang paling abadi dan bisa bertahan lama.
  • Cinta Romantis
    Banyak orang mengalami cinta romantis dalam perjalanan hidup mereka. Cinta ini terjadi ketika kamu melihat seseorang untuk pertama kalinya dan ia membuat lututmu lemas atau mendatangkan banyak kupu-kupu di perutmu. Cinta ini bisa disebut juga ‘cinta pada pandangan pertama’. Kebanyakan orang tidak menyadari bahwa mereka sebenarnya tidak sungguh-sungguh mencintai orang yang mereka pikir mereka cintai. Mereka hanya terbawa pada perasaan yang diakibatkan ketika seseorang jatuh cinta, seperti jantung berdebar ketika bertemu dengannya atau tiba-tiba lemas ketika dia menyapamu.
  • Cinta Tanpa Syarat
    Tak ada yang lebih murni dan tulus daripada cinta tanpa syarat. Cinta ini muncul ketika kamu telah menemukan seseorang yang dengannya kamu ditakdirkan untuk bersama. Tak ada yang bisa menghancurkan cinta tanpa syarat, tak peduli seberapa besar pertengkaranmu dengannya, misalnya. Kamu akan tetap mencintainya meski banyak hal yang tidak diinginkan menimpa kalian. Tidak peduli berapa banyak kekurangan seseorang yang dicintainya, cinta tanpa syarat masih dan akan selalu mencintai.

Menurut bangsa Yunani, cinta bisa dideskripsikan ke dalam tiga jenis, yaitu eros, phileo dan agape. Seperti apa pemahaman cinta dalam bentuk-bentuk ini?

  • Eros
    Cinta jenis ini sering diartikan sebagai romantisme, yaitu ketika kita merasa berbeda ketika jatuh cinta. Dunia seakan milik berdua dan orang yang kamu cintai selalu ada 24 jam sehari dalam pikiranmu. Cinta ini membuatmu menjadi pujangga dadakan karena tiba-tiba kamu menjadi puitis dan membuatmu berubah, baik itu dari penampilan maupun perbuatan karena kamu ingin selalu terlihat menarik di matanya. Sayangnya, eros hanya dilandasi emosi sesaat, di mana ketika kamu bosan atau ada hal lain yang lebih menarik bagimu, cinta ini akan pudar begitu saja.
  • Phileo
    Cinta ini berawal dari perasaan sayang terhadap orang lain, namun ada pengharapan atau balasan untuk kembali disayangi di sana. Phileo merupakan cinta yang bisa terjadi dalam sebuah hubungan pertemanan maupun percintaan pada umumnya. Mereka yang terjerat phileo akan berbagi pikiran, perasaan, impian dan kebersamaan, bahkan rahasia dan rasa takut yang tidak akan mereka bagi dengan orang lain. Phileo bisa terus abadi selama ia dipupuk secara berkesinambungan. Namun, ketika hasrat mencintai dan perasaan nyaman itu hilang, phileo pun akan ikut sirna.
  • Agape
    Merupakan bentuk cinta tertinggi yang bisa dimiliki manusia. Agape merupakan cinta tak bersyarat, di mana sang pencinta dengan tulus mencintai tanpa mengharapkan suatu balasan apapun. Cinta ini tidak didasari oleh emosi atau perasaan yang berubah-ubah, namun cinta ini akan terus ada. Pelaku cinta agape tidak akan pernah tahu mengapa ia mencintai seseorang yang dicintainya. Baginya, cinta tidak didasari suatu alasan apapun. Ia mencintai semata karena ia mencintai.

Jadi, bisa dikatakan cinta itu adalah perasaan aman, cinta itu adalah persahabatan, cinta itu adalah romantisme, cinta itu adalah perasaan tulus tanpa syarat, atau mungkin masih banyak defenisi-defenisi cinta lainnya. Tidak ada yang mutlak, semuanya bersifat relatif menurut si pemilik cinta, karena setiap orang berhak mendefinisikan cinta dengan caranya masing-masing. Nah, seperti apakah cinta menurut pendapatmu?



loading...
Bagikan artikel:

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

FOLLOW INFORMASITIPS

ARTIKEL PILIHAN

NEWSLETTER

Dapatkan Informasi dan Tips terbaru langsung ke Email Anda. Masukkan alamat Email Anda di bawah ini, kemudian klik langganan: