Informasi dan Tips – informasitips.com

Apa Sebenarnya White Coffee (Kopi Putih) itu?

informasitips.com – Mulai dari beberapa tahun lalu produk berlabel White Coffee banyak bermunculan di pasar Indonesia. Jika Kita merujuk pada kata “White Coffee”, maka Kita akan mengartikannya menjadi “Kopi Putih”. Namun, apakah benar kopi yang lazim dikenal berwarna hitam kini telah benar-benar berubah menjadi berwarna putih pada produk-produk White Coffee tersebut?

Proses Pembuatan Kopi Putih (White Coffee)

White coffee sebenarnya tidaklah berwarna putih seperti warna putih yang kita kenal selama ini, maksudnya tidak benar-benar putih. Putih yang dimaksud dalam white coffee digunakan untuk menggambarkan warna kopi yang sedikit pucat yang disebabkan oleh proses yang telah dilalui dalam pembuatannya.

Kopi hitam, yang sudah dikenal lama, diperoleh dengan cara dipanggang di bawah temperatur panas yang tinggi dengan sesekali dibolak-balik untuk menghindari agar tidak gosong, proses itu akan menyebabkan munculnya rasa pahit dan asam pada kopi hitam. Sementara kopi putih dibuat dengan cara yang benar-benar berbeda dengan kopi hitam, yaitu dengan cara dipanggang pada temperatur panas yang tidak terlalu tinggi. Proses pemanggangan kopi putih berlangsung 2.5 kali lebih lama dibandingkan dengan pemanggangan kopi hitam.

Proses pembuatan kopi putih seperti yang tersebut di atas berasal dari suatu kota di Malaysia, yaitu Kota Tua di Ipoh (Ipoh Old Town). Tahukah Kamu? Proses pembuatan kopi putih itu telah berkembang sejak setengah abad yang lalu, dan telah menjadi bagian dari sejarah Malaysia.

Perbedaan Kopi Putih dan Kopi Hitam

Selain warnanya yang berbeda, yaitu kopi putih berwarna agak pucat (tampak putih) dan kopi hitam berwarna gelap, terdapat juga beberapa perbedaan lain antara kedua kopi tersebut. Proses pembuatan kopi putih seperti yang dijelaskan di atas membuat kopi putih tidak memiliki rasa pahit seperti yang dimiliki kopi hitam. Selain itu, kandungan kafein dalam kopi putih 10% lebih rendah ketimbang yang terdapat dalam kopi hitam. Perbedaan lainnya adalah kopi putih tidak mengandung trans-fat (lemak trans atau lemak yang tidak sehat) seperti yang terkandung dalam kopi hitam.

Wah, dengan berbagai keunggulan tersebut, yuk sudah saatnya kita mulai menikmati kopi putih, walaupun telah terbiasa dengan kopi hitam, tidak ada salahnya untuk mencoba.



loading...
Bagikan artikel:

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *