Informasi dan Tips – informasitips.com

Apa Jadinya Dunia Tanpa Kecoak?

informasitips.com – Jorok adalah kata yang terlintas dalam pikiran kita ketika mendengar kata kecoak. Kecoak memang hampir menjadi musuh bagi setiap orang. Ketakutan kita pada hewan ini karena mungkin saja hewan ini mengotori makanan yang kita makan, pasta gigi yang kita gunakan, atau ketakutan jika hewan ini akan melintasi tubuh kita ketika kita tertidur.

Ketakutan-ketakutan yang timbul membuat kita ingin memusanahkan spesies yang satu ini. Tapi benarkah tidak ada efek sampingnya jika di dunia ini tidak ada kecoak? Akankah kehidupan kita akan menjadi lebih damai tanpa kehadiran hewan yang satu ini?

Tuhan menciptakan semua makhluk di dunia ini bukan tanpa maksud. Begitu juga halnya dengan kecoak. Kecoak merupakan makanan bagi beberapa jenis hewan di dunia ini. Bahkan ada beberapa orang yang juga mengkonsumsi kecoak.

Beberapa jenis burung dan tikus mengkonsumsi kecoak sebgai bahan makanan mereka. Nah, jika kecoak tidak ada, maka jelas ini akan bermasalah bagi spesies pemangsanya. Ada juga jenis parasit yang hidupnya sangat tergantung pada kecoak karena tugasnya sebagai parasit pada telur kecoak.

Menurut Srini Kambhampati yang merupakan profesor di departemen biologi dari Universitas Tyler di Texas dan ahli mengenai spesies kecoak juga menjelaskan jika kecoak tidak ada lagi itu jelas akan berpengaruh pada jumlah tikus yang akan menurun drastis. Mungkin kita senang mendengar hal ini mengingat bahwa tikus pun hewan yang menjijikan. Namun, kita harus ingat bahwa tikus merupakan makanan dari beberapa jenis hewan seperti elang, coyote (sejenis Serigala atau Rubah), dan beberapa jenis reptil.

Dunia Tanpa Kecoak

sumber gambar : www.terminixsisindia.com

Jadi jika jumlah tikus menurun tentunya itu juga akan berpengaruh pada keberadaan spesies yang memangsa tikus sebagai makanannya. Nah, kita tidak ingin bukan, jika kita tidak lagi bisa melihat coyote, elang, dan beberapa jenis reptil hanya karena tidak adanya lagi kecoak?

Selain berpengaruh pada kelangsungan hidup beberapa jenis hewan, kecoak ternyata sangat berperan dalam sirkulasi nitrogen yang sangat penting bagi lingkungan kita. Kecoak memakan organisme yang telah mati untuk kelangsungan hidupnya. Nah, di dalam tubuh organisme ini banyak sekali terdapat nitrogen, ketika kecoak memakannya, kecoak akan membebaskan nitrogen yang terperangkap di dalam tubuh organisme tersebut. Nantinya, nitrogen akan keluar dari kotoran kecoak. Nitrogen yang terlepas itu akan masuk ke dalam tanah, dan akan diambil oleh tumbuhan untuk melakukan proses fotosintesis.

Jadi setelah membaca penjelasan di atas, apakah Anda masih ingin memusnahkan kecoak? Tentu tidak ya, mengingat fungsi kecoak yang ternyata berperan banyak aspek di dalam kehidupan kita. Jadi, jika Anda tidak ingin melihat kecoak di rumah Anda, jagalah kebersihan rumah Anda agar kecoak enggan tinggal di rumah Anda.

Digiprove sealCopyright secured by Digiprove © 2012


loading...
Bagikan artikel:

Artikel Terkait

One thought on “Apa Jadinya Dunia Tanpa Kecoak?

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *