Informasi dan Tips – informasitips.com

Apa itu Virus Ebola? Penyakit, Jenis, Gejala dan Cara Penanganannya

informasitips.com – Sebelum membicarakan mengenai virus Ebola, ada baiknya Kamu terlebih dahulu mengetahui apa itu virus di artikel ini, Mengenal Virus Yuk….

Virus Ebola dapat menyebabkan suatu penyakit serius yang akut yang bila tidak ditangani dapat berakibat fatal. Kata Ebola terambil dari nama sebuah sungai yang di dekatnya terjadi wabah penyakit virus Ebola. Kejadian di sungai Ebola itu sebenarnya bukanlah yang pertama, namun kejadian munculnya Ebola di dekat daerah sungai Ebola terjadi setelah kasus yang pertama. Kasus pertama Ebola terjadi pada tahun 1976 dan terjadi secara simultan pada 2 orang, satu di Nzara (Sudan) dan satu lagi di Yambuku (Republik Demokratik Kongo). Dan kejadian Ebola yang terbaru terjadi pada bulan Maret 2014 yang disinyalir merupakan kejadian yang paling besar dan paling kompleks semenjak pertama kali ditemukan (tahun 1976).

Virus Ebola termasuk ke dalam famili Floviridae, yaitu genus Ebolavirus. Saat ini, 5 spesies Ebolavirus telah teridentifikasi, yaitu Zaire, Bundibugyo, Sudan, Reston dan Tai Forest. Kejadian yang terbaru (2014 di Afrika Barat) disebabkan oleh spesies Zaire.

Virus Ebola

Demam hemorrhagic Ebola atau Ebola Hemorrhagic Fever merupakan penyakit menular dan mematikan yang dapat diderita oleh manusia dan juga primata, seperti monyet, gorilla dan simpanse. Penyakit demam Ebola dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh seseorang, sehingga bila tidak ditangani dengan tepat dapat berakibat fatal.

Cara Virus Ebola Tersebar

Ketika seseorang terjangkit oleh virus Ebola, maka virus tersebut dapat tertular ke orang lain melalui berbagai cara. Sentuhan atau paparan pada tetesan darah, urine atau cairan tubuh lain yang berasal dari penderita Ebola merupakan salah satu cara tertularnya virus Ebola. Jarum yang terkontaminasi darah atau cairan tubuh dapat juga menjadi media untuk tertularnya virus Ebola. Oleh karena itu, virus Ebola dapat tersebar dengan cepat, terutama pada tenaga kesehatan apabila tidak mengenakan pelindung dengan baik.

Virus Ebola tidak bisa menyebar lewat makanan ataupun minuman layaknya virus yang lain. Virus Ebola juga tidak menyebar lewat udara layaknya virus influenza. Oleh sebab itulah, virus Ebola tidak semudah virus influenza untuk bisa tertular ke orang lain.

Tanda dan Gejala Ebola

Tanda-tanda pertama Ebola mulai muncul setelah 2 hingga 21 hari semenjak terekspos oleh virus tersebut. Kebanyakan orang pada umumnya akan mengalami gejala Ebola yang dimulai dari hari ke-8 hingga ke-10 setelah terpapar.

Gejala awal Ebola termasuk berikut ini:

  • Demam
  • Sakit kepala
  • Sakit pada otot dan persendian
  • Kelelahan
  • Sakit pada ternggorokan
  • Menggigil

Seiring dengan berkembangnya penyakit Ebola di dalam tubuh, gejala-gejala berikut ini akan terlihat, yaitu:

  • Terjadi perdarahan di dalam dan luar tubuh
  • Mual dan muntah
  • Diare
  • Kemerahan pada kulit
  • Sakit pada dada dan perut
  • Kesulitan dalam bernafas dan menelan

Pada tingkat perkembangan selanjutnya yang menunjukkan bahwa keadaan pasien semakin parah maka perdarahan yang terjadi akan semakin parah. Shock, koma dan kegagalan fungsi organ serta
kematian.

Penanganan

Penanganan Ebola harus dilakukan secara intensif di unit perawatan rumah sakit. Penanganan tersebut meliputi hidrasi yang harus senantiasa dijaga, suplai oksigen yang juga harus dijaga, menjaga tekanan darah, menggantikan darah yang hilang dengan transfusi darah, serta mengobati gejala yang muncul. Penderita Ebola juga harus diidolasi agar dapat menjaga kontak dengan orang lain, sehingga tidak tertlar.

Vaksin untuk virus Ebola hingga saat ini belum ditemukan dan masih dalam tahap penelitian. Oleh karena itu, untuk meminimalisir korban jiwa akibat Ebola, maka kontak kepada penderita harus dihindari dan jangan berkunjung ke suatu tempat dimana terjadi outbreak virus Ebola, seperti di benua Afrika.

Sumber: WHO



loading...
Bagikan artikel:

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *