Informasi dan Tips – informasitips.com

Apa Itu Penyakit Artritis Reumatoid?

informasitips.com – Artritis Reumatoid merupakan salah satu penyakit rematik yang cukup serius, menyerang sendi dan struktur jaringan penunjang di sekitar sendi sehingga menyebabkan penderitanya mengalami rasa nyeri dan kaku pada sendi-sendi kaki dan tangannya. Penyakit ini dapat menyerang siapa saja baik tua maupun muda. Keluhan nyeri dan kaku pada kaki dan tangan tentu saja dapat menghambat penderita dalam melakukan aktivitas yang melibatkan fungsi kaki dan tangan.

Artiritis Reumatoid disebabkan karena sistem autoimun yang menyerang lapisan atau membran sinovial sendi dan melibatkan seluruh organ-organ tubuh. Bila sudah cukup parah, penyakit Artritis Reumatoid akan menimbulkan kecacatan dan kelumpuhan pada penderitanya, membuat penderita tidak lagi bisa berjalan dan tidak dapat memegang atau menggenggam benda. Keluhan lain yang juga muncul adalah nyeri sendi setiap hari, bahkan dampak yang paling buruk adalah sampai menimbulkan kematian dini.

Namun sayangnya, masih banyak orang yang belum menyadari bahaya penyakit ini. Pertolongan untuk penyakit ini kerap kurang maksimal karena terlambat ditangani. Penderita baru memeriksakan diri setelah penyakitnya cukup parah.

Penyakit artritis reumatoid

Penanganan dan pengobatan yang cepat dapat meringankan keluhan kaku pada sendi-sendi yang dirasakan penderita, dan mencegah penyebaran penyakit ini ke bagian tubuh yang lain. Bila sudah terlanjur mengalami kekakuan pada bagian tubuh, memang sulit untuk benar-benar kembali sembuh. Namun, keluhannya bisa dikurangi dengan cara diberi obat. Oleh karena itu, penting sekali bagi penderita yang mengalami gejala Artritis Reumatoid untuk segera memeriksakan diri ke dokter agar penyakitnya cepat ditangani.

Bila sudah terserang penyakit ini, penderita harus mengonsumsi obat seumur hidup, dengan dosis yang sudah ditentukan dokter. Untuk mencegah kelumpuhan maupun cacat karena Artritis Reumatoid, segera obati sejak dini jika menemukan gejala rematik, agar kondisinya tidak memburuk.

Gejala Penyaki Artritis Reumatoid
Gejala Artritis Reumatoid diantaranya adalah:

  • Rasa sakit dan nyeri pada persendian, terutama sendi-sendi tangan, yang biasanya disertai rasa panas, kemerahan, dan bengkak.
  • Kaku pada persendian yang terjadi setiap pagi hari dan berlangsung cukup lama, yaitu sekitar 6 minggu.
  • Persendian kaku dan nyeri sehingga sulit untuk digerakkan.
  • Timbul bengkak pada 3 sendi atau lebih yang terjadi pada saat yang bersamaan
  • Gejala lainnya diikuti dengan melemahnya kondisi tubuh, mulut kering, mata kering, gatal, meradang, nyeri dada ketika bernapas, benjolan keras pada jaringan dibawah kulit tangan, hilangnya nafsu makan dan terjadi penurunan berat badan.

Bila merasakan gejala-gejalanya, jangan tunda lagi, segeralah periksakan diri ke dokter. Pemeriksaan yang dilakukan adalah pemeriksaan laboratorium di awal untuk memperkuat diagnosis. Selanjutnya, dilakukan pemeriksaan radiologis dengan foto rontgen sederhana, ultrasonografi, MRI, atau pencitraan nuklir. Setelah itu, dokter akan meresepkan obat-obatan yang harus dikonsumsi untuk meringankan keluhan dan mencegah penyebaran penyakit ke bagian tubuh yang lain.



loading...
Bagikan artikel:

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *