Informasi dan Tips – informasitips.com

Apa itu Energi Terbarukan? Pengertian, Jenis dan Potensinya di Indonesia

informasitips.com – Energi terbarukan adalah energi yang bersumber dari alam dan secara berkesinambungan dapat terus diproduksi tanpa harus menunggu waktu jutaan tahun layaknya energi berbasis fosil. Sumber alam yang dimaksud dapat berasal dari matahari, panas bumi (geothermal), angin, air (hydropower) dan berbagai bentuk dari biomassa. Sumber energi tersebut tidak dapat habis dan dapat terus diperbarukan.

Bioenergi

Salah satu bentuk energi terbarukan adalah bioenergi. Istilah bioenergi digunakan untuk energi yang diperoleh dari biomassa, baik itu untuk menghasilkan listrik dan panas ataupun diproses lagi untuk menghasilkan bahan bakar cair untuk alat transportasi, contohnya adalah biodiesel, bioaftur, bioetanol, dan lain-lain. Biomassa adalah segala bentuk bahan organik yang dapat berasal dari tumbuhan (contoh: kayu, limbah pertanian, dll) hewan ataupun dari mikroorganisme, seperti bakteri, mikroalga ataupun kapang. Optimalisasi produksi bioenergi akan membawa keuntungan bagi suatu negara, salah satunya adalah berkurangnya kandungan gas rumah kaca (karbon dioksida) di atmosfer

Panas Bumi (Energi Geotermal)

Panas bumi merupakan salah satu bentuk energi yang tersimpan dalam bentuk panas di dalam perut Bumi. Panas tersebut berasal dari inti Bumi yang temperaturnya mencapai lebih dari 5000 derajat Celcius. Panas yang berasal dari inti Bumi itu mengalir ke arah permukaan hingga akhirnya perlahan hilang ke angkasa. Dalam memanfaatkan panas Bumi sebagai energi, cara yang dilakukan adalah dengan menggunakan air yang disirkulasikan ke dalam bebatuan tempat sumber panas Bumi berada. Air yang terkena aliran panas akan mendidih hingga akhirnya menghasilkan uap. Uap air tersebut dimanfaatkan untuk menggerakkan turbin hingga listrik akhirnya dihasilkan. Di Indonesia sendiri, potensi panas bumi sangat tinggi, namun pemanfaatannya masih jauh dari kata optimal.

Hidropower (Air)

Hidropower merupakan sumber energi terbarukan dimana energi yang dihasilkan berasal dari pergerakan air. Air yang bergerak, seperti jatuhnya air terjun akibat gravitasi dapat dimanfaatkan untuk menggerakkan turbin yang selanjutnya energi gerak tersebut diubah menjadi energi listrik. Secara geografis, Indonesia memiliki banyak sungai yang dapat dimanfaatkan untuk dapat menghasilkan energi. Potensi hidropower di Indonesia untuk dapat menghasilkan listrik mencapai angka 70000 MegaWatt. Namun, angka sebesar itu belum termanfaatkan seluruhnya, hanya sekitar 6 persen atau 3500 MW saja yang baru dihasilkan.

Energi Solar (Sinar Matahari)

Energi solar tercipta dari sinar matahari atau dari panas akibat penyinaran oleh sinar matahari. Ada dua jenis energi solar yang dapat dimanfaatkan sebagai energi terbarukan untuk pemenuhan kebutuhan hidup manusia, yaitu solar thermal dan solar photovoltaic. Solar thermal adalah energi panas yang diperoleh dari konversi sinar matahari. Sedangkan pada solar photovoltaic yang terjadi adalah konversi sinar matahari secara langsung menjadi energi listrik dengan menggunakan sel photovoltaic. Sebagai negara tropis, Indonesia memiliki kelimpahan akan energi solar. Apabila kelimpahan energi solar itu dapat dimanfaatkan dengan baik, maka persoalan “biarpet” pelistrikan yang kerap melanda sejumlah daerah di Indonesia mungkin tidak akan terjadi.

Energi Angin

Prinsipnya, energi angin dimanfaatkan dengan mengubah energi gerak yang timbul akibat pergerakan udara menjadi bentuk energi lain dengan menggunakan turbin. Beberapa negara di Eropa sangat memanfaatkan energi angin sebagai sumber utama energi terbarukan, sebut saja Belanda dan Denmark. Kedua negara tersebut memiliki kecepatan angin rata-rata lebih dari 5 meter per second (m/s) sehingga termasuk ke dalam negara yang mampu memanfaatkan angin sebagai sumber energi. Bagaimana dengan Indonesia? Beberapa daerah di Indonesia diketahui memiliki kecepatan angin rata-rata yang bahkan melebihi angka 5 m/s, seperti misalnya daerah di Indonesia Timur. Dengan keadaan yang demikian seharusnya Indonesia mampu untuk memanfaatkan kelebihannya dalam memanfaatkan angin sebagai sumber energi.

Wah, ternyata Indonesia memiliki kelimpahan sumber energi terbarukan yang besar. Potensi yang luar biasa itu harusnya dapat mengubah Indonesia menjadi negara yang berdaulat atas energi.



loading...
Bagikan artikel:

Artikel Terkait

One thought on “Apa itu Energi Terbarukan? Pengertian, Jenis dan Potensinya di Indonesia

  1. wuryanto hadi suntoro

    Informasi seperti ini sangat berguna untuk menambah pengetahuan dan wawasan, bagi orang tua dan khususnya bagi anak-anak

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

FOLLOW INFORMASITIPS

ARTIKEL PILIHAN

NEWSLETTER

Dapatkan Informasi dan Tips terbaru langsung ke Email Anda. Masukkan alamat Email Anda di bawah ini, kemudian klik langganan: