Informasi dan Tips – informasitips.com

Apa Itu Body Mass Index?

informasitips.com – Ada banyak ukuran yang digunakan dalam dunia medis untuk menilai tingkat kesehatan seseorang, termasuk mengukur tingkat obesitas. Salah satu ukuran yang sering digunakan untuk menilai tingkat obesitas seseorang adalah Body Mass Index. Dengan mengetahui nilai indikator kondisi medis seseorang, maka selanjutnya kita dapat melakukan tindakan pencegahan dan penanganan agar hal-hal yang tidak diinginkan tidak terjadi.

Body Mass Index digunakan oleh dokter ataupun perawat sebagai ukuran apakah Anda mengalami obesitas atau tidak. Body Mass Index atau BMI dihitung dengan cara membagi berat badan ANda dalam kilogram dengan tinggi Anda dalam satuan meter. Berikut klasifikasi nilai BMI:

Apa-Itu-Body-Mass-Index

  • Normal : 18,5 – 24,9 kg/m2
  • Kelebihan Berat Badan (Overweight) : 25 – 29,9 kg/m2
  • Kegemukan (Obesitas) : lebih dari 30 kg/m2

Sebagai contoh, seorang pria dewasa memiliki berat badan 70 kilogram dan tingginya adalah 1.9 meter, maka dia memiliki BMI sebesar 19,4 kg/m2, yang berarti masuk dalam kategori normal.

Jika nilai BMI seseorang melebihi 25, maka hal tersebut akan meningkatkan resiko adanya permasalahan pada jantung serta resiko kematian. Dan jika nilai BMI seseorang melebihi 30 berarti orang tersebut membutuhkan perawatan medis khusus. Berbagai kegiatan yang dapat menurunkan berat badan layak untuk dicoba, seperti berolahragalah secara teratur, kurangi porsi lemak pada makanan Anda, dan sebagainya. Konsultasikan lah permasalahan Anda ini kepada dokter ahlinya.



loading...
Bagikan artikel:

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

FOLLOW INFORMASITIPS

ARTIKEL PILIHAN

NEWSLETTER

Dapatkan Informasi dan Tips terbaru langsung ke Email Anda. Masukkan alamat Email Anda di bawah ini, kemudian klik langganan: