Informasi dan Tips – informasitips.com

Apa itu Biodiesel?

informasitips.comBiodiesel didefinisikan sebagai mono-alkil ester dari rantai panjang asam lemak yang diperoleh dari reaksi antara minyak tanaman atau lemak hewan dengan alkohol dengan atau tanpa menggunakan katalis. Biodiesel merupakan energi alternatif yang sudah banyak diteliti di dunia, beberapa hal yang membuat biodiesel potensial untuk dijadikan sebagai bahan bakar alternatif selain bahan bakar berbasis fosil yang kini digunakan adalah:

  • Biodiesel bersifat biodegradable atau dapat didegradasi oleh lingkungan dan memiliki efek toksik yang rendah.
  • Biodiesel dapat menggantikan diesel yang telah banyak digunakan sebagai bahan bakar pada berbagai aplikasi tanpa harus dimodifikasi secara berarti, dan, meskipun begitu, mampu menghasilkan performa yang tidak kalah dengan bahan bakar diesel.
  • Nol emisi untuk sulfat, komponen aromatik, dan senyawa kimia lain yang sifatnya destruktif bagi lingkungan.
  • Dalam penggunaannya, siklus pakai biodiesel akan menghasilkan Karbon Dioksida yang lebih sedikit dibandingkan dengan menggunakan bahan bakar berbasis fosil. Karbon Dioksida merupakan komponen kimia yang mengakibatkan terjadinya efek rumah kaca.
  • Produksi masalnya kan berdampak signifikan terhadap kemajuan ekonomi suatu bangsa.

Negara Penghasil Biodiesel

Apa itu Biodiesel?

sumber gambar: www.freewebs.com

Saat ini, beberapa Negara telah diketahui berpotensi dalam produksi biodiesel, salah satunya adalah Indonesia. Negara-negara lainnnya adalah Malaysia, Argentina, USA, Brazil, Belanda, Jerman, Filipina, Belgia, dan Spanyol. Di antara kesepuluh Negara itu, Malaysia yang paling berpotensi dalam menghasilkan biodiesel, dan Indonesia menempati peringkat kedua.

Bahan Baku Biodiesel

Bahan utama pembuatan biodiesel adalah minyak (lemak). Sampai saat ini telah diketahui ada sekitar 350 jenis minyak yang dapat digunakan untuk produksi biodiesel. Setidaknya ada dua syarat pokok yang harus dipenuhi agar bisa dijadikan bahan baku produksi biodiesel, yaitu:

  • Biaya produksi yang rendah
  • Skala produksi yang besar

Produksi Biodiesel

Terdapat beberapa metode yang dapat digunakan untuk memroduksi biodiesel, diantaranya adalah Pirolisis, Dilusi dengan campuran Hidrokarbon, Mikroemulsi dan Transesterifikasi. Di antara keempat metode tersebut, transesterifikasi merupakan metode yang paling banyak digunakan dan dianggap sebagai metode terbaik dalam proses produksi biodiesel. Metode transesterifikasi tidak hanya sederhana tetapi juga lebih hemat dari segi biaya.

Transesterifikasi atau alkoholisis merupakan reaksi yang terjadi antara minyak (Trigliserida, Digliserida, Monogliserida) dengan alkohol dengan menggunakan katalis. Secara umum reaksi transesterifikasi dapat dituliskan sebagai berikut:

Reaksi Transesterifikasi Biodiesel

Reaksi Transesterifikasi dalam Produksi Biodiesel

Pada reaksi di atas dapat dilihat bahwa gliserol dihasilkan sebagai produk sampingan dari proses produksi biodiesel. Hal tersebut merupakan nilai tambah tersendiri, karena gliserol sendiri memiliki aplikasi yang luas, salah satunya di bidang kosmetika.

Jenis alkohol yang umumnya digunakan dalam reaksi trasesterifikasi biodiesel adalah methanol dan ethanol dengan alasan utama karena harganya yang murah dibandingkan dengan jenis alkohol yang lain, seperti propanol, isopropanol dan alkohol lainnya.

Sementara itu, katalis digunakan pada reaksi diatas dengan tujuan untuk meningkatkan kelarutan alkohol yang pada akhirnya akan meningkatkan kecepatan reaksi transesterifikasi. Ada beberapa jenis katalis yang digunakan dalam produksi biodiesel, yaitu katalis asam (asam sulfat, asam klorida, asam fosfat dan lain-lain), katalis basa atau alkali (Sodium Hidroksida, Sodium Bikarbonat, Kalium Hidroksida dan lain sebagainya), enzim, titanium silikat, zirconia, dan lain-lain.

Digiprove sealCopyright secured by Digiprove © 2012


loading...
Bagikan artikel:

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

FOLLOW INFORMASITIPS

ARTIKEL PILIHAN

NEWSLETTER

Dapatkan Informasi dan Tips terbaru langsung ke Email Anda. Masukkan alamat Email Anda di bawah ini, kemudian klik langganan: