Informasi dan Tips – informasitips.com

Apa Fungsi Usus Buntu atau Appendix?

informasitips.com – Pernah gak Kamu bertanya-tanya, Apa sih sebenarnya fungsi dari usus buntu itu? Kalau Saya pribadi sih sering bertanya-tanya mengenai fungsi yang sebenarnya dari organ kecil yang satu ini, karena Saya sungguh yakin bahwa setiap organ dalam tubuh Kita memiliki fungsinya masing-masing, dan itu termasuk usus buntu. Kalau dari selentingan berita yang pernah Saya dengar katanya usus buntu berperan dalam sistem imun atau kekebalan tubuh. Tetapi, tetap saja Saya masih penasaran, karena detail dari berita tersebut tidak Saya ketahui. Dan, Alhamdulillah, dari informasi yang Saya dapat ternyata sebenarnya pada tahun 2007 William Parker dan koleganya telah berhasil mengungkap fungsi dari usus buntu bagi tubuh manusia.

Fungsi Usus Buntu

Menurut Parker, usus buntu berperan sebagai tempat perlindungan bagi bakteri-bakteri menguntungkan yang ada di dalam tubuh Kita. Perlu Kamu tahu bahwa bakteri-bakteri itu sangat berperan dalam membantu tubuh Kita untuk memerangi berbagai penyakit yang datang menyerang. Mereka membantu tubuh Kita dalam meningkatkan fungsi kekebalan atau imunitasnya, serta dadapat menyingkirkan mikroorganisme patogen berbahaya yang masuk ke dalam tubuh Kita. Tempat perlindungan tersebut maksudnya adalah ketika ada kondisi dimana bakteri-bakteri patogen (jahat) berkembang sangat pesat dalam saluran pencernaan Kita, maka bakteri-bakteri baik akan menarik diri menuju usus buntu untuk berlindung, dan ketika sistem kekebalan tubuh berhasil mengatasi bakteri-bakteri jahat tersebut maka bakteri-bakteri baik akan mengkolonisasi kembali dalam saluran pencernaan Kita seperti sebelumnya.

Temuan tersebut sangat masuk akal, karena lokasi yang unik dari usus buntu di dalam tubuh Kita membuat bakteri-bakteri baik terlindungi dari ancaman bakteri patogen atau jahat yang menyerang tubuh. Rupanya selentingan kabar yang Saya dengar itu ada benarnya, dan sekarang Saya jadi bisa menerima informasi bahwa usus buntu berperan dalam membantu meningkatkan fungsi sistem kekebalan tubuh dengan mekanisme seperti yang telah dijelaskan di atas.

Bukan hanya manusia yang memiliki usus buntu

Oh iya, masih terkait usus buntu, ada penelitian lain yang mengungkap fakta bahwa bukan hanya manusia yang memiliki usus buntu, namun mamalia lain juga memilikinya. Diketahui, ada sekitar 50 mamalia lain juga memiliki usus buntu dalam tubuhnya, seperti simpanse. Dan dari analisa yang para peneliti lakukan terhadap organ usus buntu pada 50 mamalia tersebut terungkap bahwa usus buntu telah berevolusi sebanyak lebih dari 32 kali, atau bahkan mencapai 38 kali.

Bagi para ilmuwan, kedua fakta di atas menyisakan satu pertanyaan, yaitu jika usus buntu memiliki peran yang penting bagi keberadaan bakteri baik di dalam saluran pencernaan mamalia, mengapa dari 361 mamalia yang ada hanya 50 di antaranya yang memiliki usus buntu? Mengapa tidak semua mamalia saja memiliki usus buntu? Hal itu mengindikasikan bahwa mungkin Kita belum sepenuhnya mengungkap misteri di balik keberadaan usus buntu.



loading...
Bagikan artikel:

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

FOLLOW INFORMASITIPS

ARTIKEL PILIHAN

NEWSLETTER

Dapatkan Informasi dan Tips terbaru langsung ke Email Anda. Masukkan alamat Email Anda di bawah ini, kemudian klik langganan: