Informasi dan Tips – informasitips.com

Aktivitas Sederhana untuk Melatih Kecerdasan Otak

informasitips.com – Apakah Anda merasa belakangan ini Anda mudah lupa? Atau, jangan-jangan Anda juga merasa bahwa kecerdasan Anda mulai menurun? Tak perlu merasa resah, karena sebenarnya Anda bisa melatih dan meningkatkan kecerdasan otak Anda. Dengan beberapa aktivitas dan latihan, daya tangkap dan daya ingat otak Anda bisa meningkat, asalkan Anda rutin melakukannya. Jadikan aktivitas dan latihan tersebut sebagai bagian dari gaya hidup sehari-hari, dan dampaknya akan sangat terasa bagi otak Anda.

Apa saja aktivitas yang bisa dilakukan guna melatih kecerdasan otak?

  1. Sering memainkan permainan atau game yang bisa mengasah otak seperti, Sudoku, Catur, Teka Teki Silang, Scrabble, dan lain-lain. Permainan-permainan tersebut bagus bagi otak karena dapat melatih dan mengasah otak untuk banyak berpikir dan memecahkan masalah.
  2. Ikut kelas Yoga atau berlatih body balance, yang merupakan perpaduan unsur Tai Chi, Pilates dan Yoga. Latihan ini dapat membuat kerja otak dan tubuh menjadi seimbang, sehingga stres dan kelelahan bisa dihindari. Pikiran yang tenang dan kesehatan fisik yang terjaga akan sangat membantu otak kita jadi lebih fokus dalam bekerja dan berkarya.
  3. Gunakan tangan yang berbeda saat menyikat gigi, menyisir rambut, mengancing baju, menggunakan mouse saat bermain komputer, atau aktivitas-aktivitas fisik sederhana lainnya.

    Meski tampaknya sepele, aktivitas-aktivitas sederhana tersebut dapat membantu meningkatkan kecerdasan otak lho. Aktivitas-aktivitas tersebut dapat merangsang sel-sel otak kanan dan kiri sama-sama aktif sehingga performa otak jadi meningkat.

  4. Menghitung mundur saat menjelang tidur. Latihan ini bisa dilakukan saat Anda sedang santai berbaring di tempat tidur. Tak perlu mengambil angka banyak-banyak, cukup dari hitungan 50 lalu hitung mundur hingga angka 1. Selain bisa melatih otak, kegiatan ini juga bisa membantu Anda menjadi lebih mudah terlelap tidur.
  5. Menghitung atau melakukan operasi matematika dengan menggunakan otak, tanpa menggunakan kalkulator.

    Selama ini, mungkin Anda terbiasa menggunakan kalkulator saat menjumlah, mengurang atau mengalikan angka. Bahkan untuk operasi yang sederhana saja, mungkin Anda juga lebih sering menggunakan kalkulator. Nah, bila ingin kemampuan otak meningkat, mulai sekarang cobalah untuk lebih terbiasa mengerjakannya dengan otak Anda sendiri tanpa bantuan kalkulator. Cara ini akan membantu otak jadi lebih cepat dalam mengolah informasi. Daya ingat juga ikut meningkat.

  6. Mengambil rute berbeda saat berangkat atau pulang kerja. Hal tersebut dapat meningkatkan kerja otak Anda.

    Melakukan hal-hal rutin dengan cara yang sama secara terus-menerus membuat otak kurang aktif bekerja. Sebaliknya, melakukan hal-hal rutin dengan cara yang baru dan berbeda akan sangat baik bagi otak, karena dapat merangsang otak untuk lebih aktif bekerja. Hal baru yang ditangkap otak itu akan menciptakan jalur-jalur saraf baru di otak, sehingga otak akan lebih cepat lagi dalam menangkap dan mengolah informasi.

    Namun, tentu saja Anda harus pandai mengatur dan memperhitungkan waktu. Jangan sampai dengan mencari-cari rute baru membuat Anda telat tiba di kantor atau di rumah.

  7. Pilih salah satu kata yang tidak populer di kamus, namun memiliki arti yang sama dengan kata yang biasanya sering digunakan orang. Lalu, gunakan kata-kata yang tidak populer tersebut dalam percakapan sehari-hari. Selain mampu melatih kemampuan otak dalam berbahasa, kegiatan tersebut juga dapat meningkatkan memori otak Anda.
  8. Banyak membaca. Selain dapat meningkatkan wawasan, banyak membaca juga akan membantu meningkatkan kemampuan otak dalam mencerna dan mengolah informasi, serta meningkatkan daya analitik otak.
  9. Ingatlah daftar barang-barang belanjaan bulanan guna meningkatkan daya ingat otak. Untuk awalnya, cobalah mengingat 10 barang belanjaan terlebih dahulu, lalu bila sudah mulai terbiasa dapat meningkat hingga 15 atau 20 barang belanjaan.

    Selain daftar barang belanjaan bulanan, Anda juga bisa mencoba untuk mengingat deretan angka nomor token listrik (jika Anda adalah pengguna layanan listrik prabayar). Setiap kali akan mengisi listrik, cobalah untuk mengingat dan menghapal angka nomor token listrik, daripada harus selalu melihatnya di contekan kertas. Selain nomor token, Anda bisa juga mengingat deretan angka lainnya seperti nomor telepon teman, nomor rekening, dan lain-lain.

Itulah tadi beberapa kegiatan dan cara yang bisa Anda lakukan untuk melatih otak. Cukup sederhana dan mudah untuk dilakukan, ya kan? Meskipun sederhana dan terkesan sepele, tapi bisa memberikan dampak yang cukup signifikan bagi otak lho. Nah, mulai sekarang rajin-rajinlah untuk melakukannya, ya…

Semoga berguna.



loading...
Bagikan artikel:

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

FOLLOW INFORMASITIPS

ARTIKEL PILIHAN

NEWSLETTER

Dapatkan Informasi dan Tips terbaru langsung ke Email Anda. Masukkan alamat Email Anda di bawah ini, kemudian klik langganan: