Informasi dan Tips – informasitips.com

Aktivitas & Stimulasi Untuk Bayi 7 sampai 11 Bulan

cilukba aktivitas dan stimulasi bayi usia 7, 8, 9, 10, 11, bulaninformasitips.com – Anda tentu telah membaca artikel sebelumnya tentang aktivitas dan stimulasi bagi bayi usia 4 sampai 6 bulan kan? Jika belum, Anda dapat membacanya di sini. Pada kesempatan kali ini saya masih ingin melanjutkan postingan saya sebelumnya, yaitu ingin berbagi mengenai aktivitas bayi yang kali ini diperuntukkan bagi bayi usia 7 sampai 11 bulan.

Berikut berbagai macam aktivitas yang dapat anda lakukan bersama bayi anda guna mendukung tumbuh kembangnya yang sehat:

  1. Bermainlah ci-luk-ba kepada bayi anda, dia akan sangat menyukainya. Anda juga bisa bermain dengan menggunakan boneka dengan bayi anda, berpura-puralah boneka itu seperti bicara, jangan lupa untuk menggunakan suara yang akan menarik perhatian dia. Ajarkan juga kepadanya untuk dapat melambaikan tangan dengan mengucapkan “da..da…”

  2. Ajarkan bayi anda kata-kata meskipun dia belum dapat mengucapkan kata-kata itu, tapi hal tersebut dapat merangsangnya untuk cepat berbicara. Perkenalkan juga kepadanya warna-warna, anda dapat memperlihatkan kepadanya buku-buku dengan warna-warna yang cerah atau cara-cara lainnya.

  3. Lakukan rutinitas menjelang tidur, misalkan dengan mengelap dengan air hangat tubuh si bayi atau dengan memijatnya.

  4. Kurangi aktivitasnya menjelang dia tidur, anda juga dapat mengayun-ayun si kecil ataupun menepuk2 punggungnya, jika dia memiliki selimut favorit, selimutilah bayi anda dengan selimut favoritnya.


  5. Cium bayi anda sebelum dia tidur, percayalah bahwa dia dapat merasakan kasih saying anda dari ciuman itu.

  6. Dukung dan beri semangat bayi anda ketika dia sedang mengeksplorasi lingkungan sekitarnya, misalkan ketika merangkak ataupun ketika merembet.

  7. Jauhkan segala macam barang yang dapat membahayakan bayi anda.

  8. Kondisikan lingkungan di rumah untuk mendukung aktivitas bayi anda.

  9. Beradalah di sisinya ketka dia merasa tidak nyaman atau sakit, tenangkan dia karena si kecil sangat membutuhkan itu.

  10. Tahan bayi anda dalam keadaan berdiri dengan cara memegang tangannya. Pastikan tumitnya datar menyentuh lantai.

  11. Bayi anda dalam rentang usia sekarang mungkin menyukai kegiatan menjatuhkan benda, oleh karena itu sediakanlah benda-benda yang aman ketika dijatuhkan.

  12. Kunci semua lemari yang berada di bawah (posisi rendah) agar ketika si kecil sedang mengeksplorasi lingkungannya hal itu tidak membahayakan dirinya.

  13. Ketika waktu makan tiba, sediakanlah makanan yang dapat menarik perhatiannya (baik itu dari segi warna ataupun bentuknya) dan biarkan dia makan sendiri dari tempat makannya.

  14. Jangan paksa si kecil untuk makan, cobalah memahaminya bahwa dia masih dalam proses belajar (percayalah pada bayi anda) dan jangan kaget jika nanti dia akan membuat makanannya berserakan (sabar ya moms, sabar ya dads).

Terimakasih anda telah meluangkan waktu untuk membaca artikel ini. Nantikan artikel selanjutnya. (ST)

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

JOIN US ON

NEWSLETTER

Mau berlangganan artikel Kami? Tulis Email Anda pada form di bawah ini.

Cek Email Anda setelahnya untuk mengaktifkannya. Terimakasih

OUR FRIEND