Informasi dan Tips – informasitips.com

Aktivitas dan Stimulasi Untuk Bayi: 4 sampai 6 Bulan

Stimulasi dan aktivitas bayi usia 4 5 sampai 6 bulaninformasitips.com – Pada postingan saya sebelumnya tentang aktivitas bayi telah saya sampaikan mengenai aktivitas untuk bayi dengan usia 0 sampai 3 bulan. Melanjutkan postingan sebelumnya, maka pada postingan kali ini akan saya coba sampaikan mengenai aktivitas untuk bayi 4 sampai 6 bulan. Aktivitas ini dilakukan guna mendukung proses tumbuh kembang bayi yang sehat. Semoga bermanfaat untuk anda dan bayi anda.

  1. Selama anda memandikan bayi, cuci tubuhnya dalam keadaan duduk, biarkan dia duduk selama 5 sampai 10 menit dan ajaklah bermain. Tentunya anda harus membantu dia duduk dengan menyangga tulang belakangnya.

  2. Berikan bayi anda makanan, misalkan biskuit, dan biarkan dia untuk memegangnya sendiri. Jika si kecil belum bisa memegangnya sendiri, maka ajarkan dia dengan sabar dan perlahan. Lakukan kegiatan ini pada saat dia berusia 6 bulan, atau jika anda mau bisa dilakukan saat usianya berumur 5 bulan.

  3. Biarkan dia berada di lantai, tentunya di atas alas. Ketika si kecil berada di lantai biarkan dia untuk mengeksplorasi diri, dia akan belajar banyak kemampuan baru di atas lantai, seperti berguling, duduk tanpa dibantu, dsb. Sebgai orang tua anda harus tetap mengawasinya.

  4. Habiskan waktu anda bersama si kecil. Di usianya yang sekarang dia akan semakin senang bermain, ajaklah dia bermain, tidak hanya dengan mainannya, anda juga bisa bermain dengannya menggunakan apa saja yang ada di sekitar si kecil. Berikan si kecil perhatian, dia akan sangat menyukainya.
  5. Jika si kecil menangis, segera tenangkan dia dengan menggendongnya atau berbicara dengannya. Hal ini penting untuk menumbuhkan kepercayaan dia terhadap anda. Ketika anda menenangkannya, jelaskan kepada si kecil bahwa tidak ada yang perlu ditakuti, bicaralah kepadanya seolah-olah dia mengerti apa yang anda bicarakan.

  6. Saat anda menggantikan popok si kecil, ajaklah dia bicara, bernyanyilah kepadanya, atau berikan mainannya atau apapun itu yang dapat menarik perhatiannya. Jangan anda menyajikan wajah yang cemberut, berkerut, omelan dan atau sejenisnya, karena bayi tidak suka dimarahi dan dia sudah mengerti ekspresi wajah anda yang seperti itu.

  7. Jika anda dan si kecil berada di mobil, letakkan dia di kursinya, jangan terpancing ketika dia tidak menyukai diletakkan di sana, hiburlah dia dan biarkan dia melupakan rasa tidak sukanya berada di atas kursinya. Taruh kursi tersebut dekat dengan jendela agar si kecil bisa melihat keluar mobil, pada saat itu ceritakan kepadanya mengenai apa yang dia lihat.

  8. Jangan berpisah terlalu lama dengan si kecil (sampai berhari-hari). Ketika hal itu terjadi, anda akan butuh waktu lagi untuk menjalin hubungan yang sudah erat sebelumnya, anda harus kembali membangun rasa percaya si kecil kepada anda.

Terimakasih telah meluangkan waktu untuk membaca artikel ini. Semoga bermanfaat untuk anda dan buah hati anda.
(ST)

Artikel Terkait

3 thoughts on “Aktivitas dan Stimulasi Untuk Bayi: 4 sampai 6 Bulan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

JOIN US ON

NEWSLETTER

Mau berlangganan artikel Kami? Tulis Email Anda pada form di bawah ini.

Cek Email Anda setelahnya untuk mengaktifkan layanan newsletter. Terimakasih

OUR FRIEND