Informasi dan Tips – informasitips.com

Aktivitas dan Stimulasi Untuk Bayi 0-3 bulan

informasitips.com – Semakin beranjak usia bayi kegiatannya akan semakin bervariasi. Bayi anda akan semakin aktif, sehingga akan membuat anda semakin repot tentunya. Hal ini saya alami sendiri dulu ketika bayi saya sudah menginjak usia 8 bulan. Setiap detiknya selalu saja direpotkan oleh dirinya yang melanglang buana ke setiap penjuru rumah. Memang repot, tapi menyenangkan. Satu hal pasti yang sangat dibutuhkan oleh bayi adalah rangsangan atau stimulasi. Perkembangan bayi akan sangat dipengaruhi oleh stimulasi yang kita berikan. Stimulasi itu dapat berupa aktivitas yang dilakukan bersama anda dan itu dapat berbeda di setiap bulannya.

Pada postingan kali ini saya ingin memberikan daftar aktivitas-aktivitas yang bisa anda lakukan bersama bayi anda dalam rangka meningkatkan pertumbuhan sehatnya. Semoga bermanfaat untuk anda dan bayi anda. Berikut aktivitas-aktivitas yang dapat anda lakukan bersama bayi anda (0 sampai 3 bulan) dalam rangka mendukung perkembangan sehat bayi anda.

Stimulasi Tumbuh Kembang Bayi Usia ) sampai 3 Bulan

  1. Berikan jari anda kepadanya agar dia dapat menggenggamnya.

  2. Dengarkan dia dan pelajari responnya.

  3. Senyumlah dan sentuh bayi anda ketika anda berbicara kepadanya.

  4. Katakan kepadanya bahwa dia mengagumkan.

  5. Kembangkan kepercayaan dengan cara, pertama peluk bayi anda dengan lembut ketika anda berbicara kepadanya dengan nada yang membesarkan hatinya, kedua panggillah nama dia dan lakukan kontak mata dengannya.

  6. Angkat si kecil ketika dia menangis dan yakinkan dia bahwa tidak ada yang perlu dia takutkan. Jangan tinggalkan bayi anda sendirian ketika dia menangis, seolah-olah tidak ada yang memedulikannya.

  7. Temukan cara untuk menenangkan bayi anda sebelum dia menangis, anda bisa mengusap punggungnya, menyanyikan dia lagu, dan memainkan dia music atau melambungkan dia perlahan sesuai dengan irama musik, sebisa mungkin musiknya jangan terlalu keras.

  8. Peluk bayi anda ketika berada di tempat yang baru, lindungi dia karena dia membutuhkan itu.

  9. Jaga kebersihan bayi anda, makanan dan pakaian haruslah bersih demi kesehatannya.

  10. Berikan bayi anda mainan yang berwarna-warni yang dapat mengeluarkan suara yang menarik perhatian dirinya.

  11. Bagi bayi anda kegiatan mengisap sesuatu dapat menenagkannya, jadi ketika dia mengisap jarinya atau empeng anda bisa membiarkannya dahulu. Jangan biarkan dia stress karena hasratnya untuk mengisap tak tersalurkan.

  12. Jika anda ingin menghentikan kegiatan mengisapnya, jangan secara langsung melarangnya, tetapi alihkan dia ke kegiatan yang lain dan buatlah kegiatan itu menjadi lebih menarik daripada mengisap jari atau empeng.

(ST)



loading...
Bagikan artikel:

Artikel Terkait

One thought on “Aktivitas dan Stimulasi Untuk Bayi 0-3 bulan

  1. sus setiyawan

    sy mau tanya,kenapa ya sibuah hati usia 10 minggu sulit BAB,padahal tidak ad tambahan mknn yg lain,hny ASI,sblmny trimksh

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

FOLLOW INFORMASITIPS

ARTIKEL PILIHAN

NEWSLETTER

Dapatkan Informasi dan Tips terbaru langsung ke Email Anda. Masukkan alamat Email Anda di bawah ini, kemudian klik langganan: