Informasi dan Tips – informasitips.com

Ini Dia Akibat Duduk Terlalu Lama

informasitips.com – Mungkin banyak dari kita yang dalam kegiatan sehari-harinya terbiasa untuk duduk dalam jangka waktu yang lama. Bisa jadi karena itu adalah tuntutan dari pekerjaan yang kita miliki. Nah, kalau sudah begitu, maka sulit bagi Kita untuk bisa menghindari kebiasaan duduk yang terlalu lama itu. Padahal, duduk terlalu lama itu memiliki dampak yang merugikan bagi kesehatan tubuh Kita loh. Berikut ini beberapa akibat dari duduk terlalu lama baagi kesehatan tubuh Kamu:

  • Lingkar Pinggang Semakin Lebar

    Duduk berjam-jam di satu kursi tanpa banyak bergerak meninggalkannya dapat menyebabkan menumpuknya lemak pada area sekitar perut. Hal itu akan membuat perutmu terlihat lebih besar seiring dengan bertambahnya ukuran lingkar pinggang. Bagi sebagian besar orang, hal itu merupakan hal yang harus dihindari, tidak hanya untuk kepentingan penampilan, tapi juga untuk sisi kesehatan.

  • Menyebabkan Sakit pada Persendian

    Duduk di kursi terlalu lama dapat menyebabkan melemahnnya tulang dan otot-otot, serta menyebabkan sakit pada persendian dan juga mengakibatkan usia tulang menjadi prematur.

  • Meningkatkan Nafsu Makan

    Sebagian besar orang mungkin berpikir bahwa duduk yang lama dapat menurunkan nafsu makan, padahal sebaliknya. Sebuah kelompok penelitian membuktikan hal tersebut, mereka menunjukkan bahwa duduk yang terlalu lama dapat memicu seseorang untuk lebih banyak makan hingga akhirnya bobot badan bisa meningkat.

  • Menimbulkan Depresi

    Duduk yang terlalu lama dapat mengakibatkan berkurangnya kemampuan kapasitas darah dalam mengangkut oksigen ke otak. Nah, saat otak tidak menerima cukup oksigen, maka kecenderungan untuk menderita penyakit mental seperti depresi, kecemasan yang berlebihan, dll akan meningkat.

  • Meningkatkan Risiko Penyakit Jantung

    Duduk terlalu lama dapat menyebabkan meningkatnya bobot badan, akumulasi kolesterol, bahkan obesitas. Meningkatnya akumulasi kolesterol tentu akan meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular, seperti penyakit jantung koroner. Menurut penelitian, risiko terhadap penyakit kardiovaskular meningkat sebanyak 125% pada mereka yang sering duduk dalam waktu yang lama.

  • Meningkatkan Risiko Kanker

    Sebuah penelitian menunjukkan bahwa duduk di kursi dalam waktu yang lama dapat menyebabkan menurunnya kemampuan tubuh dalam mengeluarkan toksin. Akumulasi toksin di dalam tubuh dapat mengakibatkan terjadinya perbanyakan sel-sel tubuh yang abnormal, hingga dapat menimbulkan kanker.

Tips untuk Menurunkan Risiko Akibat Duduk Terlalu Lama

  • Di sela-sela kesibukan saat sedang duduk (melakukan pekerjaan dengan durasi yang lama) beri jeda untuk berdiri dan bergerak sesekali.
  • Bekerja dengan durasi yang lama tidak harus selalu duduk, Kamu bisa menggunakan meja yang cukup tinggi, sehingga dalam menyelesaikan pekerjaan Kamu tidak duduk, melainkan berdiri.
  • Daripada rapat di ruangan dan menghabiskan waktu dengan duduk di sana, Kamu bisa memilih untuk mengadakan pertemuan di taman dan membicarakan materi rapat sambil bergerak/jalan.
  • Gunakan meja kerja di atas Treadmill, so Kamu bisa tetap melakukan kerja sambil bergerak di atas treadmill.

Meja Kerja di Atas Treadmill

Duduk terlalu lama membuat tubuh Kamu menjadi sedikit bergerak, padahal dampak dari bergerak itu sangat besar. Bergerak bisa membakar kalori, sehingga bisa membuat bobot badan Kamu menjadi turun, dan juga dapat meningkatkan energi. Lebih dari itu, pergerakan otot yang terjadi manakala Kamu bergerak akan memicu proses pemecahan lemak dan gula di dalam tubuh, itulah mengapa bobot badan bisa turun dan energi bisa bertambah. Namun, saat Kamu duduk terlalu lama, proses tersebut juga tertunda terlalu lama, akibatnya lemak bisa menumpuk dan gula yang tidak digunakan untuk energi dapat diubah menjadi lemak, alhasil bobot badan dapat meningkat.



loading...
Bagikan artikel:

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

FOLLOW INFORMASITIPS

ARTIKEL PILIHAN

NEWSLETTER

Dapatkan Informasi dan Tips terbaru langsung ke Email Anda. Masukkan alamat Email Anda di bawah ini, kemudian klik langganan: