Informasi dan Tips – informasitips.com

Agar Jantung Anda Selalu Sehat

informasitips.com – Memiliki jantung sehat adalah idaman setiap orang. Namun, di tengah gaya hidup modern sekarang ini rasanya butuh perjuangan keras untuk selalu bisa menjaga jantung Anda dalam keadaan terbaiknya. Apalagi jika seseorang memiliki faktor genetik yang dapat memengaruhi kesehatan jantungnya itu. Meski begitu, Anda semua memiliki kuasa agar selalu bisa menjaga kesehatan jantung Anda melalui apa yang Anda makan, latihan apa yang Anda lakukan dan bagaimana Anda merespon keadaan stress yang berasal dari lingkungan eksternal.

Berikut ini langkah-langkah yang dapat Anda lakukan untuk menjaga kesehatan jantung:

  • Berolahraga atau melakukan Latihan Kardio

    Apa itu latihan kardio? Latihan kardio adalah latihan yang didesain dengan tujuan untuk meningkatkan kerja jantung dan paru-paru dalam mendistribusikan oksigen ke otot-otot tubuh. Yang termasuk ke dalam latihan kardio adalah jalan, lari, bersepeda, renang, aerobik, lompat tali, body-building dan sebagainya. Dengan melakukan latihan kardio secara rutin, otot-otot jantung Anda akan bekerja dengan baik dalam menjalankan fungsinya. Tidak hanya itu, latihan kardio juga dapat menurunkan tekanan darah Anda. Menurut penelitian, kira-kira Anda membutuhkan waktu 60 menit per minggu untuk melakukan latihan-latihan penambah stamina. Targetnya adalah aktivitas fisik yang anda lakukan harus bisa membakar setidaknya 3500 sampai 6500 kalori setiap minggunya, atau kira-kira 500 hingga 950 kalori per hari.

  • Berbahagialah

    Tahukah Anda kalau emosi negatif, seperti marah ataupun permusuhan, dapat meningkatkan tekanan darah Anda? Tentunya hal tersebut harus Anda hindari, karena tidak baik untuk kesehatan jantung Anda. Oleh karena itu, sangat disarankan agar Anda selalu bisa menjaga kondisi emosi agar Anda selalu merasa bahagia. Meski kehidupan terasa keras, jangan sampai depresi melanda Anda, karena orang depresi empat kali lebih mudah mengalami serangan jantung. Atur mind-set Anda agar Anda selalu merasa bahagia, jantung Anda pun akan senantiasa sehat dan fit.

  • Tips Jantung Sehat

  • Monitor tekanan darah, kadar kolesterol dan gula darah Anda

    Dengan memonitor setidaknya tiga parameter tersebut, maka Anda akan selalu bisa memantau keadaan jantung Anda. Jika ada sesuatu yang salah dalam gaya hidup Anda, maka pengukuran kolesterol, gula darah dan tekanan darah Anda akan menunjukkan angka yang harus diwaspadai. Anda pun harus segera memperbaiki gaya hidup Anda hingga pengukuran selanjutnya menunjukkan adanya perbaikan, mulai dari sini Anda tidak bisa lagi sembarangan dalam memilih makanan, beraktivitas dan menangani stress hidup Anda. Dua parameter lagi yang bisa menjadi indikator adalah pengukuran homosistein dan protein C-reaktif atau CRP.

  • Perhatikan Makanan Anda

    Salah satu hal terpenting dalam menjaga kesehatan jantung Anda adalah mengonsumsi makanan yang menyehatkan. Tujuannya adalah untuk menjaga kadar kolesterol dan gula darah pada zona amannya. Luangkan waktu untuk membuat daftar makanan yang layak Anda konsumsi untuk mendukung kesehatan dan jantung Anda. Secara singkat, Anda bisa memilih makanan yang mengandung serat dan lemak baik (yang menyehatkan), serta yang mengandung berbagai nutrisi seperti flavonoid, vitamin dan mineral. Hati-hati dengan jenis makanan seperti makanan dengan kadar garam tinggi, makanan manis, makanan berlemak dan makanan yang telah diproses. Beberapa makanan yang disarankan oleh para ahli adalah strawberry, alpukat, roti gandum, ikan salmon, kacang-kacangan dan dark-chocolate.

  • Ketahui riwayat kesehatan keluarga Anda

    Jika Ibu, ayah atau saudara Anda memiliki masalah dengan jantung, maka Anda harus ekstra waspada, karena secara genetik jantung Anda juga rawan akan masalah tersebut jika tidak ditangani dengan baik. Rencanakan pola makan yang sehat dan aktivitas olahraga yang rutin. Bicarakan hal tersebut dengan dokter Anda.

  • Konsumsi Vitamin dan mineral

    Beberapa vitamin dan mineral diketahui berfungsi dalam mencegah terjadinya serangan jantung. Contohnya adalah Folat, vitamin tersebut dapat menurunkan kadar homosistein yang tinggi hingga ke zona amannya, konsumsi setidaknya 400 mikrogram per hari. Jangan lupa juga untuk mengonsumsi vitamin B yang lain, yaitu vitamin B6 dan B12. Vitamin B3 atau niacin juga diketahui dapat menurunkan jumlah produksi trigliserida di dalam tubuh, sehingga kadar LDL atau kolesterol jahat di dalam tubuh juga berkurang.

  • Tidur Cukup

    Jangan salah, jam tidur yang kurang sungguh tidak baik untuk jantung Anda. Tidur kurang dari 6 hingga 8 jam pada malam hari akan membuat otak Anda kurang mensekresi hormon serotonin, yaitu suatu hormon yang dapat membuat Anda merasa lebih baik. Kalau kurang tidur malam, tidur siang juga bisa untuk menggantikannya. Intinya, jangan biarkan diri Anda terus beraktivitas tanpa beristirahat.

  • Cintai Jantung Anda

    Organ apa yang lebih penting dari jantung? Jantung adalah organ vital bagi kehidupan seseorang, bagaimana tidak? Jantung mengalirkan darah ke otak sehingga kita bisa berpikir dan jantung mengalirkan darah ke otot-otot Anda sehingga Anda bisa bergerak dan beraktivitas. Sangat penting, bukan? Jika Anda mencintai Jantung Anda, maka Anda akan melakukan apapun untuk mempertahankannya, termasuk menjaganya untuk selalu sehat.



loading...
Bagikan artikel:

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *