Informasi dan Tips – informasitips.com

9 Boyband Legendaris dan Terlaris di Dunia Sepanjang Masa

backstreet boys boyband terlaris di dunia sepanjang masainformasitips.com– Kata boyband sepertinya kembali akrab di telinga kita saat ini. Bagaimana tidak, demam boyband korea seperti Super Junior, SHINee, U-Kiss yang sedang melanda pasar musik Indonesia saat ini membuat kita ingin melirik dan menikmati kembali nuansa musik ber-genre boyband. Meskipun banyak yang menggilai, tidak sedikit pula orang yang kurang menyukai boyband. Sebagian besar dari mereka yang kurang menyukai tersebut berpendapat bahwa boyband hanya sekumpulan cowok yang bermodalkan tampang namun minim prestasi. Bila dilihat lebih dalam lagi, pendapat tersebut jelas tidak sepenuhnya benar. Karena banyak juga boyband kelas dunia yang tidak hanya bermodalkan tampang, namun juga memiliki kualitas yang layak diapresiasi.

Boyband western (barat) seperti Backstreet Boys, NKOTB, Boys to Men, Take That, dan Westlife lebih mengutamakan kualitas musik, harmonisasi vokal yang indah, dan dance dengan atraksi panggung yang menarik ketimbang hanya mengandalkan pesona ragawi saja. Boyband-boyband western tersebut juga lebih banyak mengukir prestasi dalam sejarah musik di dunia, salah satunya prestasi dalam penjualan album tertinggi dan terlaris.

Apa sih Boyband? (sumber: wikipedia)
Istilah boy band (atau boyband) dalam musik sebenarnya mengacu pada grup yang semuanya beranggotakan anak muda (remaja)/teenage cowok dan musik yang disajikan lebih tersegmentasi untuk anak ABG (teenager), khususnya remaja cewek. Contohnya, Hanson, The Moffats, The Jackson, Jonas Brother meskipun mereka juga memainkan alat musik, tapi mereka tetap disebut boyband.

Namun, saat ini (pengaruh jurnalisme) istilah boyband semakin dipersempit dengan arti sekumpulan cowok yang tergabung dalam grup vokal dan tidak memainkan alat musik, namun menyajikan atraksi panggung dan perform yang menarik lewat harmonisasi vokal dan dance.

9 Boyband barat di dunia yang terlaris sepanjang masa (sumber wikipedia):

  1. Backstreet Boys
    (130 juta kopi , 8 Album, Genre Pop/Rock)

    backstreet boys cowboyBackstreet Boys atau biasa disingkat BSB merupakan boyband yang berasal dari Orlando, Florida, Amerika. Backstreet Boys adalah boyband terlaris di dunia sepanjang masa. Boyband yang sempat booming di era 90-an akhir ini mampu mencatat angka penjualan album tertinggi yaitu 130 juta kopi di seluruh dunia. Bahkan satu album mereka yang berjudul “Millennium” mampu terjual dengan angka yang sangat fantastis yaitu 40 juta kopi di seluruh dunia. Prestasi tersebut membuat “Millennium” menjadi album terlaris no 8 dalam TOP 70 album terlaris di dunia sepanjang masa.

    Prestasi lainnya yang juga dicatat adalah sejumlah platinum, awards, dan hits-hits yang selalu bertengger di chart (tangga lagu) dunia. Boyband yang sudah mengeluarkan 8 album ini sedang mengadakan tur gabungan bersama New Kids On The Block (NKOTB) dalam tur NKOTBSB. Tur NKOTBSB yang dilaksanakan di beberapa kawasan di Amerika Utara tersebut berhasil menduduki posisi ke-7 dalam 20 besar tur terlaris di Amerika pada tahun 2011.

    Backstreet Boys sudah berkarir selama 18 tahun di dunia musik, yaitu dari tahun 1993 – sekarang. Setelah album kompilasi pertama mereka Greatest Hits Chapter One rilis tahun 2001, Backstreet Boys memutuskan untuk rehat sejenak, meskipun demikian Backstreet Boys tidak bubar. Setelah 3 tahun vakum, pada 2005 Backstreet Boys kembali mengeluarkan album berjudul Never Gone. Kabar terbaru saat ini menyebutkan bahwa Backstreet Boys akan segera merilis album baru tahun 2012 mendatang. Beberapa lagu hits andalah mereka yang sempat sangat populer diantaranya adalah : Get Down, Quit Playing Games, I’ll Never Break Your Heart, Backstreet’s Back, As Long As You Love Me, I Want It That Way, Larger Than Life, Shape of My Heart, The Call, Incomplete.



  2. the jackson 5

  3. The Jackson 5
    (100 juta kopi, 16 Album, Genre R&B)

    The Jackson 5 atau juga dikenal dengan The Jackson merupakan grup musik yang berasal dari Indiana, Amerika. Boyband yang beranggotakan Michael Jackson dan saudara-saudaranya dari keluarga Jackson (Jackson family) ini aktif berkarir di dunia musik selama 26 tahun dari tahun 1964 – 1990. Hingga saat ini The Jackson 5 telah mengeluarkan 16 album dan mencatat angka penjualan sebesar 100 juta kopi di seluruh dunia. Beberapa lagu hits dari grup yang sangat populer pada tahun 1970 ini diantaranya adalah I’ll Be There, ABC, I Want You Back.


  4. New Kids On The Block
    (80 juta kopi, 5 Album, Genre Pop/R&B)

    nkotbNew Kids On The Block atau biasa disingkat NKOTB adalah boyband yang berasal dari Boston, Massachusetts, Amerika. Boyband yang terbentuk pada tahun 1984 ini sempat sangat sukses di era 80-an akhir dan 90-an awal, namun akhirnya bubar pada tahun 1994. Pada tahun 2007 NKOTB memutuskan untuk kembali lagi ke dunia musik dan merilis album pada tahun 2008. Hingga saat ini NKOTB berhasil mencatat angka penjualan album sebesar 80 juta kopi di seluruh dunia. Beberapa hits andalan yang cukup populer dari NKOTB diantaranya adalah Step by Step, Please Don’t Go Girl, Hanging Though.
    Pada tahun 2010 NKOTB bergabung bersama dengan Backstreet Boys dalam tur NKOTBSB. Tur NKOTBSB yang semula hanya dilakukan di Amerika Utara tersebut, kabarnya akan dilanjutkan tahun 2012 mendatang di Inggris. Selain mengadakan tur, NKOTBSB juga mengeluarkan album dan mengeluarkan single yang berjudul Don’t Turn Out The Lights.

  5. The Osmonds
    (77 juta kopi, 20 Album, Genre Pop/Rock)

    the osmondsThe Osmonds merupakan grup musik bersaudara yang berasal dari Amerika dan terbentuk pada tahun 1953. Grup musik yang masih aktif berkarir di dunia musik sampai sekarang ini sudah mengeluarkan 20 album dan mencatat angka penjualan sebesar 77 juta kopi di seluruh dunia. Salah satu hits andalah mereka adalah Love Me For a Reason yang juga dipopulerkan oleh boyband Boyzone pada tahun 1994.


  6. Bay City Rollers
    (70 juta kopi, 12 Album, Genre Pop/Rock)

    bay city rollesBay City Rollers adalah grup musik yang berasal dari Inggris dan populer pada tahun 1970. Grup musik ini sudah menelurkan 12 Album dan aktif berkarir di dunia musika selama 15 tahun (1966 – 1981). Pada akhit tahun 1975, Bay City Rollers, mencatat rekor sebagai salah satu grup dengan penjualan album tertinggi di Inggris. Bay City Rollers juga disebut-sebut sebagai grup terbesar setelah The Beatles. Beberapa hits andalan dari mereka diantaranya adalah Bye Bye Baby, dan Give a Little Love.


  7. The Monkees
    (65 juta kopi, 11 Album, Genre Pop/Rock)

    the monkeesThe Monkees merupakan grup musik asal Amerika dan berdiri tahun 1966. Boyband ini sempat mencapai puncak popularitasnya pada tahun 1966 – 1968, dan menjadi inspirasi bagi banyak artis di eranya. Grup ini aktif berkarir di dunia musik selama 10 tahun dengan beberapa kali bubar, dan terakhir merilis album pada tahun 2002. Beberapa hits andalan mereka adalah I’m a Believer, (I’m Not Your) Steppin’ Stone, Daydream Believer, Last Train to Clarksville, dan Pleasant Valley Sunday. Hingga saat ini The Monkees sudah mengeluarkan 11 Album dan mencatat angka penjualan sebesar 65 juta kopi di seluruh dunia.


  8. Boys to Men
    (60 juta kopi, 9 Album, Genre R&B)

    boys to menBoys to Men merupakan boyband asal Amerika yang terbentuk tahun 1988. Boys to Men aktif berkarir di dunia musik selama 23 tahun dari 1988 sampai sekarang. Boyband ini biasa menyanyikan lagu-lagu balad beraliran R&B dan sering melakukan perform secara acapela. Boys to Men awalnya beranggotakan 4 orang namun, satu personilnya keluar pada tahun 2003 karena adanya masalah pada kesehatannya. Sejak itu, Boys to Men menjadi grup trio yang hanya beranggotakan 3 orang. Hingga saat ini Boys to Men telah mengeluarkan 9 album dan menjual album sebesar 60 juta kopi di seluruh dunia.


  9. Westlife
    (44 juta kopi, 10 Album, Genre Pop)

    westlifeWestlife merupakan boyband asal Irlandia yang terbentuk pada tahun 1998. Westlife banyak mengeluarkan hits yang sempat mendominasi chart-chart di Inggris dan Asia. Namun, sayangnya boyband ini tidak berhasil menembus pasar Amerika. Satu-satunya hits Westlife yang cukup diterima dengan baik di Amerika adalah Swear it Again yang menduduki posisi 20 di Billboard Hot 100.

    Boyband yang awalnya dimanajeri oleh Simon Cowel ini hampir selalu merilis lagu yang merupakan daur ulang lagu-lagu lama. Meskipun demikian, Westlife menjadi boyband yang cukup banyak mencetak hits di Inggris. Sampai saat ini Westlife telah berkarir selama 13 tahun, mengeluarkan 11 Album dan mencatat angka penjualan album sebesar 44 juta kopi di seluruh dunia. Beberapa hits andalan Westlife adalah Swear It Again, Flying Without Wings, I Have a Dream, Up Town Girl, Mandy, World of Our Own, Qween of My Heart. Kabar terbaru menyebutkan Westlife akan mangadakan konser di Tenis Indoor Jakarta tanggal 5 Oktober 2011 mendatang.


  10. Take That
    (40 juta kopi, 6 Album, Genre Pop/Rock)

    take thatTake That merupakan boyband asal Inggris yang terbentuk pada tahun 1990. Boyband ini awalnya beranggotakan 5 orang, namun pada tahun 1995, Robie Williams salah satu personilnya keluar untuk bersolo karir. Pada tahun 2010, Robie bergabung kembali ke grupnya Take That dan mengeluarkan Album “Progress”. Album Progress disambut cukup baik oleh para pecintanya dan menjadi album dengan penjualan tercepat no 2 di Inggris. Take That merupakan boyband dengan penjualan terbaik di amazon sepanjang masa. Hingga saat ini Take That telah mengeluarkan 6 Album dan mencatat angka penjualan album sebesar 40 juta kopi di seluruh dunia. Beberapa hits yang cukup populer dari Take That antara lain adalah Back for Good, Sure, Never Forget, Everything, Changes, How Deep is Your Love.

Digiprove sealCopyright secured by Digiprove © 2012


loading...
Bagikan artikel:

Artikel Terkait

3 thoughts on “9 Boyband Legendaris dan Terlaris di Dunia Sepanjang Masa

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

FOLLOW INFORMASITIPS

ARTIKEL PILIHAN

NEWSLETTER

Dapatkan Informasi dan Tips terbaru langsung ke Email Anda. Masukkan alamat Email Anda di bawah ini, kemudian klik langganan: