Informasi dan Tips – informasitips.com

8 Nilai Penting yang Harus Diajarkan Orang Tua Kepada Anak

8 Nilai yang harus diajarkan orang tua kepada anakinformasitips.com – Saya yakin, setiap orang tua tentu merasa bahagia bila melihat anaknya tumbuh menjadi anak yang pandai dan cerdas. Namun, kepandaian dan kecerdasan intelejensia saja tidaklah cukup. Orang tua juga perlu mengasah kecerdasan emosional anak dan membekali anak-anaknya dengan nilai-nilai kepribadian yang positif, agar si anak bisa tumbuh menjadi pribadi yang bertanggung jawab dan berjiwa besar. Pribadi yang mampu bertanggung jawab atas kepandaian dan ilmu yang dimilikinya. Pribadi yang mampu bertanggung jawab dalam setiap tindak tanduknya agar bisa memberikan manfaat bagi orang lain. Pribadi yang berjiwa besar dan memiliki kematangan emosional yang baik agar siap menghadapi kehidupan dengan segala problematikanya.

Proses seseorang untuk menjadi pribadi yang berjiwa besar dan memiliki kematangan emosi yang baik, tidaklah berlangsung dalam sekejap. Selain membutuhkan waktu, proses tersebut juga membutuhkan dasar yang kuat yang hendaknya sudah harus ditanamkan orang tua sejak masa kanak-kanak. Apa saja dasar (landasan) yang perlu ditanamkan orang tua kepada anaknya? Berikut 8 Nilai penting yang harus diajarkan orang tua kepada anaknya:

  1. Agama
    Agama adalah landasan utama yang harus ditanamkan orang tua pada anak-anaknya. Agama merupakan penuntun bagi seseorang untuk berbuat yang baik dan benar. Agama merupakan pilar penting bagi manusia agar tidak “buta” dalam bertindak. Nilai-nilai penting dalam agama wajib diperkenalkan kepada anak agar bisa menjadi landasan yang kuat bagi anak dalam melangkah dan menapaki kehidupannya nanti. Kenalkan agama secara bertahap, sederhana, dan diikuti dengan contoh nyata dari orang tuanya agar lebih mudah dicerna dan diterima oleh anak.
  2. Cinta dan kasih sayang
    Cinta dan kasih sayang juga perlu selalu ditanamkan kepada anak. Berikan curahan cinta dan kasih sayang Anda untuk anak-anak Anda. Jangan hanya merasa telah mencintai anak Anda. Tapi, buatlah anak-anak Anda memang benar-benar merasakan bahwa Anda mencintainya, merasakan bahwa dirinya dicintai oleh Anda. Tunjukkan lewat tindakan, ungkapkan lewat kata-kata, habiskan banyak waktu bersama anak-anak Anda.

    Anak-anak yang dibesarkan dengan penuh cinta diharapkan akan menjadi pribadi yang penuh cinta bagi kehidupan dan lingkungannya kelak. Mereka yang hatinya penuh cinta dan kasih sayang juga akan bertindak berdasarkan cinta dan kasih sayang untuk orang lain. Anak-anak yang hidup dalam lingkungan penuh cinta dan kasih sayang akan tumbuh dan berkemang lebih baik, lebih percaya diri dan lebih sehat secara fisik maupun psikisnya.

    Selain itu, orang tua dan anak yang terbiasa saling mencintai dan dicintai tentu akan memiliki ikatan yang lebih kuat dan hangat. Ikatan yang seperti ini sangat diperlukan agar komunikasi antara orang tua dan anak semakin lancar. Dan dengan komunikasi yang lancar dan terjadi secara dua arah, maka orang tua akan lebih mudah memahami problema-problema yang nantinya dialami anak dan bisa menjadi “teman” bagi anak-anaknya.

  3. Kejujuran
    Bantu anak Anda untuk mengenal kejujuran. Bantu ia menemukan cara untuk mengatakan kejujuran dan kebenaran. Cara terbaik untuk melatih kejujuran pada anak adalah dengan cara mencontohkan kejujuran tersebut dimulai dari diri orang tua itu sendiri. Jangan pernah berharap anak Anda akan jujur bila setiap saat orang tua selalu menyuguhkan ketidakjujuran pada anaknya.

    Selengkapnya di Mengajarkan Kejujuran Pada Anak.

  4. Kepercayaan diri
    Kepercayaan diri adalah keyakinan positif yang harus dimiliki seseorang atas dirinya sendiri. Misalnya keyakinan bahwa dirinya memiliki nilai, kemampuan dan keunikan karakter. Setiap orang harus memiliki kepercayaan diri yang baik. Kepercayaan diri akan membuat seseorang menjadi lebih diterima dan diakui keberadaannya. Kepercayaan diri yang baik akan mempermudah dan memperlancar usaha seseorang dalam menggapai apa yang diharapkannya. Tanpa kepercayaan diri, segala kemampuan dan segala usaha tak akan optimal sehingga akan menjadi penghambat terbesar dalam sebuah kesuksesan.

    Selengkapnya di Menanamkan Rasa Percaya Diri Kepada Anak.

  5. Tanggung Jawab
    Tanggung jawab tak hanya perlu diperkenalkan dan diajarkan, namun juga perlu ditanamkan kepada anak. Nilai ini perlu diajarkan dan ditanamkan karena seseorang tidak akan tahu bagaimana caranya bertanggung jawab bila tidak pernah diajarkan. Nilai tanggung jawab dapat diajarkan lewat tugas-tugas sederhana yang diberikan kepada anak. Katakan kepada anak bahwa tugas sederhana yang harus ia kerjakan tersebut adalah tanggung jawab yang harus diselesaikannya. Orang tua dapat memberikan tugas sederhana kepada anak misalnya meminta anak untuk membersihkan mainannya setiap kali si anak selesai bermain.

    Selengkapnya di Menanamkan Rasa Tanggung Jawab Pada Anak.

  6. Kegigihan
    Anak-anak juga perlu diajarkan mengenai nilai kegigihan. Kegigihan adalah semangat pantang menyerah diikuti keyakinan yang kuat dan mantap untuk mencapai impian dan cita-citanya. Nilai ini sangat dibutuhkan oleh manusia agar selalu memiliki semangat yang besar dan tidak mudah putus asa dalam mencapai cita-citanya.

    Selengkapnya di Menanamkan Kegigihan Dalam Diri Anak.

  7. Kepekaan Positif
    Ajarkan anak untuk peka terhadap apa yang dirasakan orang lain. Ajarkan tentang simpati dan empati pada anak Anda. Dengan melatih kepekaan pada anak maka akan membuat anak menjadi lebih berhati-hati dalam bertindak, karena meskipun manusia memiliki hak azazi untuk melakukan banyak hal, namun hak azazi tersebut tentunya juga dibatasi oleh hak orang lain. Jangan sampai melakukan sesuatu atas nama hak azazi namun merugikan atau bahkan merampas hak orang lain.

    Selengkapnya di Mengajarkan Nilai Kepekaan Positif Kepada Anak.

  8. Ketegasan
    Doronglah anak-anak Anda agar memiliki sikap ketegasan. Tegas dan tahu dalam menentukan apa yang ingin atau tidak diinginkannya. Tegas dalam menjalankan prinsip kebenaran yang diyakininya. Tegas dalam mengambil sikap dan siap menerima segala resikonya.
    Ketegasan merupakan salah satu nilai yang diperlukan oleh seorang anak.

    Selengkapnya di Mengajarkan dan Menanamkan Nilai Ketegasan Dalam Diri Anak.

Anda dapat menemukan cara dan metode lain yang tentunya lebih kreatif lagi dan bisa membuat anak lebih tertarik untuk mengenal nilai-nilai penting yang telah disebutkan di atas. Anda bisa menyisipkan nilai-nilai tersebut lewat berbagai macam aktivitas sehari-hari yang disukai anak, misalnya lewat bercerita (mendongeng), bernyanyi, bermain peran, dan lain-lain.
Semoga bermanfaat. (ST)

Copyright secured by Digiprove © 2011

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

TEMUKAN KAMI DI:

NEWSLETTER

Mau berlangganan artikel Kami? Tulis Email Anda pada form di bawah ini.

Cek Email Anda setelahnya untuk mengaktifkan layanan newsletter. Terimakasih

OUR FRIEND