Informasi dan Tips – informasitips.com

8 Macam Phobia yang Aneh dan Unik

informasitips.com – Memiliki rasa takut terhadap sesuatu memang hal yang wajar. Namun, rupanya ada sebagian orang yang memiliki ketakutan berlebihan bahkan sampai tidak bisa diterima akal sehat, inilah yang dinamakan dengan phobia. Secara umum, phobia disebabkan karena pengalaman pribadi yang mengerikan, menimbulkan rasa malu atau merasa bersalah yang semua itu kemudian ditekan ke dalam alam bawah sadar. Atau ada kemungkinan terdapat sesuatu yang tidak normal dalam struktur otak. Bisa juga karena terjadi peristiwa traumatis di masa kecil.

Ada beberapa macam phobia yang umum di masyarakat seperti hypsiphobia yang biasa kita kenal dengan takut akan ketinggian atau claustrophobia yaitu takut ruang sempit. Namun, tahukah Kamu ternyata ada beberapa macam phobia yang terbilang aneh dan unik, bahkan mungkin tidak pernah terlintas di benak kita.

  1. Geliophobia/Takut Tertawa
    Tertawa merupakan salah satu ekspresi seseorang sedang berbahagia, bahkan dengan tertawa dapat menghilangkan beban emosi. Tidak heran sebagian kalangan menjadikan tertawa sebagai bentuk terapi. Namun, tidak disangka ekspresi ini rupanya menjadi hal yang sangat menakutkan bagi sebagian orang. Penderitanya akan ketakutan luar biasa dan menimbulkan kecemasan yang ekstrim ketika mendengar gelak tawa atau melihat orang tertawa di sekitarnya.

    8 Macam Phobia yang Aneh dan Unik

  2. Arachibutyrophobia/Takut Selai Kacang
    Sarapan roti ditambah selai kacang sepertinya nikmat dan lezat. Tapi, hal ini tidak akan pernah dilakukan oleh penderita arachibutyrophobia. Bukan karena dia takut memakan selai kacang, namun ia akan merasa terganggu dan malu jika ia memakan selai kacang lalu menempel di bagian atas mulutnya. Dengan begitu, ia akan menghindari makanan yang satu ini, bahkan ada kemungkinan tidak akan pernah memakannya seumur hidup.

  3. Heliophobia/Takut Matahari dan Sinarnya
    Tahukah Kamu, ternyata sinar matahari yang mungkin saja sering kita hindari ternyata mengandung manfaat yang sangat luar biasa, terutama sinar matahari di pagi hari antara pukul 7 sampai dengan pukul 9. Di antara manfaat dari sinat matahari yaitu menghasilkan vitamin D, penawar infeksi, pembunuh bakteri, virus dan jamur, serta meningkatkan kebugaran pernafasan. Sayang sekali penderita heliophobia tidak bisa merasakan manfaat tersebut, karena ia memiliki rasa takut terhadap matahari dan sinarnya. Ia akan memilih berdiam diri di dalam rumah dan menutup celah-celah bagian rumah yang dapat dimasuki sinar matahari. Tidak jarang penderita heliophobia ini suka dijuluki “vampir”.

  4. Ichthyophobia/Takut Ikan
    Sangat disayangkan, makanan yang kaya akan vitamin seperti ikan baik dalam keadaan hidup atau mati sangat dihindari oleh penderita ichthyophobia. Pemicu timbulnya ketakutan adalah ketika penderita melihat tampilan ikan. Ketakutan itu muncul saat ia melihat mata ikan yang dianggapnya sangat besar dan tubuh ikan yang berlendir. Oleh karena itu, ia akan selalu mencoba menghindari laut yang terdapat banyak ikan atau ikan yang sudah matang dan siap untuk disantap.

  5. Bromidrosiphobia/Takut Bau Badan
    Apa jadinya ketika badan Kamu mengeluarkan bau yang tak sedap? Hal ini biasanya terjadi ketika Kamu melakukan aktivitas yang memicu keluar keringat berlebih. Sangat wajar jika Kamu merasa malu, namun pastinya Kamu tidak akan terlalu ambil pusing bukan? Tapi, sayangnya bagi penderita bromidrosiphobia keadaan ini merupakan masalah besar. Dia selalu dihantui rasa takut berlebihan bahwa badannya mengeluarkan aroma yang sangat bau, sehingga dapat membuat orang lain pergi menghindarinya.

  6. Anthophobia/Takut Bunga
    Bunga merupakan sesuatu yang indah dan banyak disukai orang, terutama di kalangan wanita. Bahkan ada beberapa bunga yang melambangkan perasaan atau pengekspresian hubungan tertentu. Misalnya mawar merupakan ekspresi perasaan cinta atau bunga lily yang dianggap sebagai bunga terkasih. Jadi, kalau Kamu menerima bunga lily dari sang kekasih, ada kemungkinan dia menganggapmu sebagai sosok seorang putri baginya. Cukup romantis bukan? Namun, hal ini tidak berlaku bagi penderita Anthophobia. Dia akan mengalami ketakutan ketika melihat bunga. Meski bunga tidak membahayakan bagi dirinya, namun akan timbul kecemasan saat ia melihat bunga atau hanya sekedar berpikir tentang bunga. Tidak hanya keseluruhan bunga, bagian-bagian bunga tertentu juga dapat membuatnya takut, misalnya bagian batangnya saja, kelopak bunga atau daunnya.

  7. Catoptrophobia/Takut Cermin
    Lewat sebuah cermin, Kamu bisa melihat bagaimana penampilan Kamu setiap waktunya. Namun, bagi penderita catoptrophobia sebisa mungkin benda ini akan ia hindari. Si penderita menghubungkan ketakutan yang dialaminya dengan kepercayaan-kepercayaan tertentu. Jadi, ketakutan yang ia rasakan bukan semata-mata pada cerminnya, melainkan ia takut ketika bercermin maka nasib buruk akan menimpanya atau ia takut masuk ke dalam cermin dan terkurung di dalamnya.

  8. Haphephobia/Takut Disentuh
    Penderita haphephobia akan terlihat cemas, tidak nyaman, berkeringat, panik atau merasa mual ketika ia disentuh oleh orang lain. Sentuhan yang dilakukan orang lain terhadapnya dianggap sebagai pelanggaran ruang privasinya. Ada kemungkinan si penderita pernah mengalami kejadian traumatis seperti korban pelecehan atau kekerasan fisik di masa lalu. Sehingga akan timbul respon negatif ketika dia mengalami sentuhan, meski hanya sebuah tepukan biasa.

Itulah beberapa phobia aneh dan unik yang menimpa sebagian orang di sekeliling kita. Ketakutan irasional yang menimpa seseorang bukanlah perilaku menyimpang yang harus dihindari. Namun, memerlukan bimbingan dan perhatian khusus.



loading...
Bagikan artikel:

Artikel Terkait

2 thoughts on “8 Macam Phobia yang Aneh dan Unik

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

FOLLOW INFORMASITIPS

ARTIKEL PILIHAN

NEWSLETTER

Dapatkan Informasi dan Tips terbaru langsung ke Email Anda. Masukkan alamat Email Anda di bawah ini, kemudian klik langganan: