8 Bahaya dari Pemanasan Global yang Mengancam Kehidupan

informasitips.com – Kita semua tahu bahwa kondisi iklim belakangan ini semakin tak menentu. Musim kemarau panjang yang super dasyat baru saja kita lewati, berganti dengan musin hujan yang sangat deras sampai-sampai mengakibatkan timbulnya bencana bajir dimana-mana. Itu semua akibat dari terjadinya pemanasan global.

Pemanasan global menjadi isu yang kian hari kian perlu mendapatkan perhatian serius. Jika tidak ingin keseimbangan ekosistem terganggu, kita semua harus menjaga bumi kita agar dampak dari pemanasan global tidak semakin luas.

Apa saja dampak dan bahaya dari pemanasan global yang mengancam kehidupan?

  1. Es meleleh hampir di seluruh bagian dunia
    Hal tersebut akan membuat volume air laut meningkat, akibatnya air laut akan tumpah ke daratan. Mereka yang hidup dekat dengan laut yang paling merasakan dampak dari hal ini.

  2. Iklim tidak stabil
    Pemanasan global akan menyebabkan terjadinya ketidakstabilan iklim.

    Musim panas yang sangat lama dan terasa sangat menyengat, di suatu daerah, sementara di daerah lainnya curah hujan yang terus meningkat dan menyebabkan banjir dimana-mana. Iklmi dan musim pun semakin sulit diprediksi.

    Di daerah sub tropis, gunung-gunung yang tertutup salju diperkirakan akan segera mencair karena tingginya suhu dan musim panas yang lama.

    Selain itu, suhu musim dingin dan malam hari juga diperkirakan akan cenderung naik.

  3. Badai akan semakin banyak terjadi
    Hal tersebut banyak dikemukakan oleh para peneliti. Mereka mengatakan bahwa pemanasan global secara signifikan akan meningkatkan frekuensi kejadian badai.

  4. Kegagalan panen yang luar biasa
    Pemanasan global juga akan memengaruhi kondisi iklim secara keseluruhan. Akibatnya, siklus hidup tanaman pun terganggu, termasuk tanaman pangan. Jika hal itu sampai terjadi, bukan tidak mungkin bencana kelaparan akan menimpa kita.

  5. Banyak spesies, baik itu flora maupun fauna, yang akan punah
    Hal tersebut dibuktikan oleh para peneliti. Mereka mengatakan jika sampai banyak spesies yang akan punah, maka keberlangsungan hidup manusia pun juga akan terancam, karena kita tidak bisa hidup sendiri di Bumi ini tanpa bantuan dari spesies lain.

    pemanasan global

  6. Terumbu karang menghilang
    World Wide Fund for Nature (WWF) mengatakan bahwa pada kondisi terburuk, pemanasan global bisa mengakibatkan populasi terumbu karang menghilang. Diperkirakan hal itu bisa saja terjadi pada tahun 2100 terkait dengan meningkatnya temperatur dan tingkat keasaman lautan.

    Sekarang saja, dampaknya pada terumbu karang sudah terlihat. Banyak terumbu karang yang mengalami pemutihan atau bleaching. Jika terumbu karang kolaps (menghilang), maka ekosistem laut akan terganggu. Banyak flora maupun fauna laut yang akan terancam punah.

  7. Krisis air bersih
    Hal ini tentunya akan mengancam manusia secara langsung, karena air bersih merupakan kebutuhan primer bagi kehidupan.

  8. Wabah penyakit merebak
    Malaria disinyalir akan semakin meningkat kejadiannya seiring dengan terjadinya pemansan global.

Loading...

Rekomendasi

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>