Informasi dan Tips – informasitips.com

7 Tanda Bayi Siap untuk Menerima Makanan Pendamping ASI

kapan bayi siap diperkenalkan dengan makanan padatinformasitips.com – Kesiapan setiap bayi untuk menerima makanan lain selain ASI ataupun susu formula berbeda-beda. Waktu pemberian makanan padat haruslah tepat, karena jika terlalu awal memberikan makanan pendamping ASI dapat membuat selera bayi mengkonsumsi ASI menjadi berkurang. Sebaliknya, jika terlalu lama dalam memberikan makanan pendamping ASI akan menyebabkan bayi sulit menerima, bahkan menolak samasekali makanan yang diberikan.

Oleh karena itu kita, sebagai orang tua, harus mengetahui dengan tepat kapan waktu yang tepat untuk memberikan si kecil makanan pendamping ASI. Berikut ini adalah 7 tnda bayi sudah siap untuk makanan pertamanya.

  • Tidak mendorong makanan keluar dengan lidahnya.
  • Mampu menahan kepala dengan lehernya secara tegak.
  • Dapat duduk dengan tegak untuk dapat menelan makanan dengan baik.
  • Biasanya bayi siap memakan makanan padat ketika berat badannya mencapai dua kali lipat berat lahirnya.
  • Untuk memulai makanan non cair, mulut bayi sudah mulai dapat memindahkan makanan ke arah belakang dan menelannya.
  • Bayi nampak masih lapar, meski telah mendapatkan banyak ASI.
  • Bayi menunjukkan perhatian terhadap makanan Anda. Dalam hal ini, bayi mungkin menatap piring nasi Anda, lalu mulai berusaha menjangkau makanan di piring dan memasukkannya ke mulut.

Penting sekali untuk mengetahui tanda-tanda bahwa bayi Anda sudah siap untuk makanan non-cair pertamanya, karena hal tersebut akan sangat menentukan kesuksesan pemberian makanan padat di waktu ke depan.
(ST)



loading...
Bagikan artikel:

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *