Informasi dan Tips – informasitips.com

7 Hal Mengejutkan yang Dapat Merusak Gigi

informasitips.com – Memiliki gigi yang bagus, tersusun rapi, tentunya akan membuat Anda merasa percaya diri dalam setiap penampilan Anda, terutama dalam melepaskan senyuman ke lawan bicara Anda. Namun, secara tidak sadar Anda sering melakukan hal-hal atau mengonsumsi makanan atau minuman yang dapat merusak keindahan gigi Anda. Kalau sudah begitu, tidak sedikit biaya yang akan dikeluarkan guna mengembalikan kembali keindahan gigi Anda. Nah, jika Anda tidak ingin berada dalam kondisi seperti itu, maka sebaiknya Anda tahu hal-hal apa saja yang dapat merusak gigi Anda. Berikut ini hal-hal yang perlu Anda ketahui:

Mengonsumsi susu sangat penting bagi manusia, karena susu merupakan sumber kalsium yang banyak direkomendasikan oleh para pakar. Namun, di balik segudang manfaatnya, ternyata susu dapat menjadi penyebab terjadinya kerusakan pada gigi. Susu yang mengandung pemanis atau gula dapat menjadi sumber makanan bagi bakteri-bakteri yang ada di dalam mulut. Jika sampai dikonsumsi terlalu banyak, maka gigi pun bisa rusak. Hal tersebut patut menjadi perhatian para orang tua yang sering memberikan susu pada anaknya menjelang waktu tidur. Sebaiknya Anda pastikan bahwa sebelum tidur anak harus terlebih dahulu menyikat giginya, agar kandungan pemanis atau gula yang ada di mulut tidak mengendap dan menjadi makanan bagi bakteri mulut.

  • Mengonsumsi Makanan Asam

    Asam yang dikonsumsi akan menyebabkan lepasnya mineral-mineral gigi. Hal tersebut sebenarnya dapat diatasi oleh saliva yang dapat membersihkan mulut dari asam. Namun, jika Anda terlalu sering mengonsumsi asam, maka erosi pun tak terelakan lagi. Jika sudah begitu, maka gigi Kamu akan menjadi lebih sensitif, makan dan minum pun seringkali terasa tidak nyaman. Secara estetika pun gigi akan terpengaruh oleh asam, yaitu terjadinya pewarnaan kuning sampai warna gelap pada gigi yang sifatnya irreversibel (tidak dapat dibalikkan ke keadaan semula). Lalu, bagaimana cara melindungi gigi Anda dari pengaruh buruk asam? Caranya adalah dengan banyak mengonsumsi air putih sehabis makan atau minum asam, atau dengan menggunakan sedotan saat minum minuman asam, sehingga asam tidak mengalami kontak langsung dengan gigi. Satu lagi, jangan langsung menggosok gigi sehabis mengonsumsi makanan atau minuman asam, karena hal itu hanya akan menyebarkan asam ke seluruh gigi Anda, tunggu kira-kira 30 sampai 40 menit sesudahnya.

  • Kolam renang

    Mereka yang suka berenang di kolam renang yang diberi zat kimia tertentu lebih dari 6 jam per minggu dapat mengakibatkan terjadinya pewarnaan coklat pada gigi mereka. Zat kimia yang terdapat di kolam renang dapat bercampur dengan saliva perenang yang kemudian dapat menyebabkan munculnya reaksi pewarnaan, mulai dari kuning hingga coklat gelap. Umumnya reaksi pewarnaan tersebut terjadi pada gigi bagian depan. Cara untuk mengatasinya yaitu perenang dihimbau untuk memakai pelindung mulut pada saat mereka berenang.

  • Hal Merusak Gigi

    sumber gambar: webmd.com

  • Menggunakan Gigi tidak sebagaimana mestinya (misal: untuk membuka kemasan makanan)

    Jangan gunakan gigi Anda sebagai alat untuk membuka kemasan makanan apalagi untuk membuka tutup botol. Jika anda melakukan hal tersebut, maka hal tersebut akan membuat gigi Anda patah. Tidak hanya itu, menggunakan gigi sebagai sebuah “perkakas” akan merusak tambalan atau mahkota gigi. Pada beberapa kasus yang serius, Anda dapat kehilangan gigi Anda.

  • Menindik lidah, bibir atau pipi

    Tindikan yang dilakukan pada lidah, bibir atau pipi dapat menyebabkan terjadinya infeksi pada area yang berdekatan dengan gigi, sehingga dapat menuntun terjadinya gigi patah atau resesi gusi yang akhirnya akan menyebabkan rusaknya gigi.

  • Mengunyah Es Batu

    Ya, itu benar, mengunyah es batu dapat membuat gigi Anda menjadi rusak. Menghancurkan es batu menggunakan gigi dapat memecah email gigi atau gigi menjadi rusak. Nah, jika Anda memiliki tambalan, mengunyah es akan lebih berbahaya lagi bagi kesehatan gigi Anda.

  • Bulimia

    Bulimia adalah suatu keadaan kelainan makan yang ditandai oleh adanya keinginan untuk memuntahkan kembali apa yang telah dimakannya. Memuntahkan kembali itu berarti mengeluarkan isi perut melalui jalur makanan masuk, otomatis kandungan asam dalam muntahan akan kontak dengan gigi. Pada keadaan bulimia, memuntahkan setiap makanan yang masuk ke dalam tubuh tentunya akan membuat gigi semakin sering kontak dengan asam lambung, hal itu akan memperbesar kemungkinan gigi untuk rusak.



  • loading...
    Bagikan artikel:

    Artikel Terkait

    Tinggalkan Balasan

    Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *