Informasi dan Tips – informasitips.com

7 Cara Melatih Anak Mandiri

informasitips.com – Sikap mandiri perlu ditanamakan pada anak sedini mungkin. Bila anak mandiri, tentunya ia akan lebih percaya diri dan pandai dalam melakukan banyak hal. Namun, satu kendala yang sering dihadapi orang tua adalah soal kesabaran. Seringkali orang tua tidak sabar dalam melatih anak untuk mandiri. Keterbatasan kemampuan anak membuat orang tua tanpa sadar lagi-lagi membantu anak untuk melakukan segala hal untuk anak. Akibatnya anak tidak bisa mandiri dan selalu bergantung pada orang tua.

Sebenarnya, orang tua bisa mengajarkan kepada anak cara untuk mandiri dari hal-hal mudah yang sehari-hari dihadapi anak. Tak perlu terburu-buru, sabar saja karena semuanya memang tidak mudah dan butuh proses. Ada beberapa cara yang bisa diterapkan oleh orang tua untuk melatih anak agar bisa mandiri. Apa saja caranya?

1. Mintalah merapikan kamar tidur sendiri
Setiap pagi, mintalah anak untuk merapikan kamar tidurnya sendiri. Tak perlu terlalu lama, sekitar 10 menit sudah cukup. Ini hanya sebagai latihan agar anak bisa merapikan kamarnya sendiri. Sebagai awalnya, orang tua bisa memberikan contoh kepada anak bagaimana caranya melipat selimut, menyusun bantal dan guling. Buku-buku dan alat tulis di meja juga perlu disusun rapi. Selanjutnya, mintalah anak untuk mengerjakan dan merapikan sendiri kamarnya. Di masa awal, anak tentu masih belum bisa melakukannya. Untuk itu, orang tua perlu tetap mendampingi anak. Namun ingat, sebisa mungkin untuk tidak terlalu banyak memberikan bantuan kepada anak. Biarkan anak mengerjakannya sendiri sesuai kemampuannya.

2. Bersih-bersih bersama di hari libur
melatih-anak-mandiriPada hari libur, ajak anak untuk ikut bersih-bersih rumah bersama Anda dan anggota keluarga lainnya. Keterlibatan anak sangat penting untuk membiasakannya agar bisa mandiri sekaligus juga tertib, rapi, dan mengerti akan akan pentingnya arti kebersihan. Tak perlu memberikan tugas terlalu berat kepada anak. Mintalah ia merapikan dan membersihkan hal-hal yang bisa ia kerjakan sesuai usianya.

3. Mempersiapkan diri sebelum ke sekolah
Biasakan anak untuk ikut terlibat dalam menyiapkan keperluannya untuk sekolah. Agar tidak terburu-buru, Anda bisa mengerjakannya di malam hari, dan ajak anak untuk ikut serta. Mintalah anak untuk membantu anda memasukkan buku-buku dan alat tulisnya ke dalam tas. Baju dan sepatu yang akan dikenakan juga sudah harus dipersiapkan. Semakin sering anak terlibat, maka akan semakin terlatih anak dalam menyiapkan keperluan untuk dirinya sendiri.

4. Ajari anak untuk meletakkan barang pada tempatnya
Anda juga perlu mengajari anak untuk meletakkan barang-barang pada tempatnya. Contohnya, mainan dan buku-buku yang dibaca anak. Jangan biarkan anak membiarkan mainan dan barang-barangnya berserakan, tak disusun kembali. Untuk itu, sediakan rak atau tempat untuk menyusun barang-barang milik anak. Rak tersebut haruslah mudah dijangkau oleh anak. Beri tahu anak, bahwa barang-barang dan mainannya harus disusun kembali di tempat yang sudah Anda sediakan.

5. Menyiapkan makanan di meja makan
Anda juga bisa meminta anak untuk membantu Anda menyiapkan makanan di meja makan. Pastikan barang-barang yang dipegang anak tidak mudah pecah, tidak berat, tidak panas, tidak membahayakan dan memberatkan anak. Sehabis makan, mintalah anak untuk membawa sendiri piringnya ke tempat cuci piring.

6. Mintalah anak untuk meletakkan pakaian kotor pada tempatnya
Anda juga bisa meminta anak untuk memasukkan pakaian kotor pada tempatnya. Ingatkan pada anak, bahwa jika pakaian kotornya tidak diletakkan pada tempatnya, maka konsekuensinya pakaiannya tidak akan dicuci. Sediakan tempat untuk pakaian kotor anak dan pastikan anak untuk memasukkan pakaian kotornya setiap hari.

7. Ajari ambil makan sendiri
Selain mengajari anak untuk bisa makan dan minum sendiri, perlahan-lahan sesuai perkembangan usianya, Anda juga bisa mengajari anak untuk bisa mengambil makan untuk dirinya sendiri.

Itulah beberapa cara yang bisa Anda terapkan untuk melatih kemandirian anak. Selain melatih kemandirian, cara-cara di atas juga bisa menjadi cara untuk melatih kedisiplinan, kerapihan, dan rasa tanggung jawab dalam diri anak.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

JOIN US ON

NEWSLETTER

Mau berlangganan artikel Kami? Tulis Email Anda pada form di bawah ini.

Cek Email Anda setelahnya untuk mengaktifkan layanan newsletter. Terimakasih

OUR FRIEND