Informasi dan Tips – informasitips.com

6 Langkah yang Harus Dilakukan Saat Handphone Terendam Air

informasitips.com – Gadget elektronik hampir tidak ada yang tahan air. Apalagi handphone, sedikit percikan air saja bisa membuat fungsi kerja handphone terganggu. Apalagi bila handphone sampai terendam di dalam air. Bila tidak cepat-cepat dilakukan upaya pengeringan, handphone bisa mati total dan tidak bisa diperbaiki lagi.

Ada beberapa tips yang kami sajikan untuk membantu Anda ketika sewaktu-waktu handphone Anda tercebur ke dalam air. Lakukan 6 langkah berikut untuk menyelamatkan ponsel Anda yang terendam air agar tidak rusak.

  1. Angkat handphone dari air secepatnya
    Langkah pertama yang harus Anda lakukan ketika tanpa sengaja handphone terendam air ialah mengangkatnya segera. Jangan panik! Kebanyakan orang panik ketika handphonennya tercebur dan tidak segera mengangkatnya sehingga handphone terlalu lama terendam di dalam air. Akibatnya bisa fatal karena air akan semakin banyak merembes ke dalam sela-sela handphone. Setelah handphone dikeluarkan dari dalam air, segera matikan!

    Bila ponsel tercebur air saat masih dalam keadaan di-charge, jangan sekali-sekali memegang handphone yang sedang dicharge dan masih tersambung pada colokan listrik. Arus listrik bisa merambat di air sehingga akan menimbulkan strum bila Anda menyentuhnya. Putuskan dulu sambungan listrik antara charger dan stop kontaknya, lalu angkat ponsel dari dalam air menggunakan alat yang tidak menghantarkan listrik.

  2. Keringkan handphone, lepaskan cover
    Handphone-tercebur-Air
    Keringkan segera handphone yang basah menggunakan handuk kering. Lalu, lepaskan seluruh cover/casing handphone, berikut pula baterai di dalamnya. Kebanyakan komponen elektronik di dalam ponsel bisa selamat meskipun terkena air, asalkan tidak ada aliran listrik dari baterai. Tekan-tekan secara lembut handuk kering pada bagian-bagian yang terlihat. Lihat apakah ada komponen yang terlihat berubah warna. Bila terdapat perubahan warna menjadi kemerah-merahan, itu berarti ada kerusakan pada komponen tersebut akibat rembesan air.

  3. Keluarkan kartu sim dan memory card
    Ini penting, sebab segala data-data Anda tersimpan di dua benda tersebut. Memang, kedua benda tersebut relatif tahan air. Tapi untuk menghindari terjadinya resiko korosi pada bagian kontak yang terbuat dari metal, sebaiknya lepaskan dan keringkan saja kartu sim dan memori card terlebih dahulu. Jangan dipasang kembali bila handphone belum benar-benar kering.

  4. Gunakan vacum cleaner
    Selama ini ada anggapan mengeringkan handphone yang basah akibat tercebur ialah dengan menggunakan hair dryer. Padahal itu keliru. Tekanan angin pada hair dryer jusru mendorong air masuk lebih dalam lagi sehingga bisa memperparah keadaan handphone. Lebih baik gunakan vacuum cleaner untuk mengeringkannya. Arahkan vacuum cleaner ke sela-sela sempit pada handphone dan lakukan selama 20 menit. Metode seperti ini bila dilakukan dengan benar akan membuat handphone Anda bisa dinyalakan kembali dalam waktu setengah jam kemudian.

  5. Manfaatkan beras
    Anda mungkin bertanya-tanya mengapa Anda perlu memanfaatkan beras. Sebagai informasi, beras adalah penyerap air yang baik. Gulingkan handphone bila dikhawatirkan masih ada bagian-bagiannya yang masih basah. Biarkan selama semalaman. Agar lebih efektif, putarlah posisi handphone tiap beberapa jam sekali agar air yang terperangkap di dalam handphone bisa mengalir ke luar lewat sela-selanya. Anda juga bisa menggunakan silica gel bila tidak ingin menggunakan media beras untuk membantu mengeringkan handphone.

  6. Ulangi pengeringan
    Jika yang Anda rasakan kondisi fisik handphone masih terasa dingin dan lembab. Ulangi lagi proses pengeringan menggunakan vacuum untuk kedua kalinya. Ini penting untuk memastikan bahwa handphone sudah benar-benar kering. Lalu setelahnya, letakkan dulu handphone di atas handuk kering atau kain katun kering agar sisa-sisa airnya terserap.
    Coba nyalakan ponsel

Setelah segala upaya dilakukan (kira-kira membutuhkan waktu sehari semalam untuk memastikan kondisi handphone benar-benar kering), kini saatnya Anda mencoba menyalakan kembali handphone Anda. Bila handphone tidak menyala, coba hubungkan handphone dengan charger. Apabila handphone bisa menyala normal dengan cara ini, kemungkinan besar kerusakan hanya terjadi pada baterai dan baterai harus segera diganti. Namun bila dengan cara ini pun handphone tidak kunjung menyala, segera bawa ke service centre professional terdekat. Mungkin kerusakan di dalam handphone sudah sangat parah.

Demikian beberapa tips dan langkah yang perlu Anda lakukan untuk menyelamatkan handphone yang terendam air agar tidak rusak. Semog berhasil.



loading...
Bagikan artikel:

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *