Informasi dan Tips – informasitips.com

6 Kebiasaan Buruk Wanita yang Mempercepat Penuaan Kulit

informasitips.com – “Tua”, hampir sebagian besar wanita tidak menyukai kata yang satu ini. Mayoritas kaum wanita tetap ingin terlihat awet muda, cantik dan segar. Mereka ingin kulit mereka tetap terlihat kencang, mulus dan cerah.

Berbagai macam produk perawatan kulit mengklaim bisa memperlambat proses penuaan. Ya, tidak ada salahnya bila ingin mencoba produk-produk tersebut. Namun, saya ingin mengajak kamu semua untuk melupakan sejenak mengenai produk-produk tersebut. Ada baiknya kamu perhatikan hal-hal berikut yang mungkin tanpa kamu sadari bisa mempercepat proses penuaan kulit kamu. Ingin tahu? Yuk, simak 5 kebiasaan buruk berikut yang dapat mempercepat proses penuaan kulit.

  1. Kurang Tidur
    Sudah bukan rahasia lagi bila kesibukan yang begitu padat menyebabkan kita sering kurang tidur. Kurang tidur bisa mempercepat proses penuaan kulit. Berbagai masalah kulit pun akan muncul bila kurang tidur, seperti kulit kusam, lingkaran hitam di sekitar mata, dan masalah lainnya.

    Sepanjang hari, kulit bermandikan sinar matahari, berjuang melawan berbagai racun dan kotoran seperti debu dan polusi. Tidur merupakan kebutuhan yang amat vital bagi kulit karena tidur dapat menurunkan kadar hormone stress dalam tubuh, termasuk dalam kulit. Jangan salah loh, kulit juga bisa stress. Adanya stress tersebut dapat meningkatkan kadar hormone kortisol sehingga meningkatkan produksi minyak. Jika sudah begitu, kulit kamu jadi mudah berjerawat, dan terlihat tidak segar.

    Dengan tidur berarti memberikan waktu bagi kulit untuk beristirahat. Berikanlah waktu yang cukup bagi kulit untuk memperbaiki dan meremajakan sel-selnya. Jadi, usahakan agar jangan sampai kurang tidur ya.

  2. Sering merokok
    Merokok memang sangat tidak baik untuk kesehatan. Bagi wanita, ternyata merokok juga memberikan dampak yang buruk bagi kesehatan dan keindahan kulit. Di dalamnya terkandung banyak racun yang bisa mempercepat tanda-tanda penuaan kulit. Bila sering merokok kulit akan terlihat lebih banyak kerutan, adanya area lebih gelap pada kulit, kulit menjadi tidak bersinar dan jadi lebih tipis.

    Hal-hal yang mempercepat proses penuaan kulit

    Merokok dapat mempercepat penuaan dini. Hal ini terjadi karena rokok merampok hampir sebagian besar vitamin C di dalam tubuh, yaitu sekitar 35 mg vitamin C per batangnya. Perlu diketahui bahwa vitamin C memegang peranan cukup penting dalam meremajakan kulit. Vitamin C akan mempertahankan kolagen dalam kulit, yaitu suatu zat yang dapat membuat kulit lebih kenyal dan terlihat lebih muda. Bila kolagen kulit rusak, maka kulit akan muncul kerutan dini di sekitar area mata dan mulut.

  3. Menggunakan terlalu banyak produk perawatan kulit pada satu waktu

    Tanpa sadar kita sering memakai berbagai macam produk kulit dalam satu waktu. Hal ini tentu tidak baik bagi kulit. Bayangkan, kulit harus bekerja begitu berat menerima berbaga zat kimia yang begitu banyak setiap harinya.

    Terlalu banyak menggunakan produk kulit dalam satu waktu bisa membuat kulit menjadi iritasi. Gunakan sesuai kebutuhkan saja. Andaikan memang harus menggunakan banyak produk kulit, gunakan satu persatu agar kamu dapat mengidentifikasi produk kulit mana yang tidak cocok, bila terjadi iritasi atau keluhan lainnya pada kulit.

  4. Terlalu sering gonta-ganti produk perawatan kulit

    Di pasaran, banyak produk yang menawarkan berbagai macam perlindungan untuk kulit. Namun, tidak semua produk tersebut cocok untuk kulit kita sehingga kita merasa tidak puas dan kecewa dengan produk produk tersebut. Ujung-ujungnya kita sering gonta-ganti produk dan hanya mencoba-coba saja.

    Sebenarnya boleh-boleh saja bila kita beralih dari produk satu ke produk perawatan lainnya. Terlebih bila produk yang lama tidak sesuai dengan apa yang diharapkan. Namun, sebaiknya tunggulah beberapa saat sebelum beralih ke produk yang baru.

    Biarkan kulit beristirahat sejenak dan tunggu setidaknya enam minggu. Terkadang suatu produk membutuhkan waktu yang agak lama untuk menampakkan hasilnya.

    Kulit memerlukan siklus sekitar 30 hari untuk beregenarasi. Jadi, agar dapat melihat perbedaan yang nyata setidaknya kamu harus menggunakan suatu produk lebih dari sebulan.

    Jika produk tersebut mengandung bahan anti-penuaan/anti-aging, tunggulah lebih lama lagi sebelum beralih ke produk lain. Kulit membutuhkan waktu sekitar empat bulan untuk menampakkan hasilnya terhadap bahan antiaging tersebut.

  5. Tidur tanpa membersihkan atau menghapus make up wajah terlebih dahulu

    Mungkin karena capek setelah seharian beraktivitas, kamu langsung tidur tanpa membersihkan dan menghapus semua produk make up yang masih menempel pada wajah. Kebiasaan buruk ini bila dilakukan berkali-kali tentu akan berdampak buruk bagi kulit.

    Sempatkanlah untuk selalu membersihkan muka dengan menggunakan pembersih make up (cleansing) sebelum tidur. Jangan biarkan make up menempel terlalu lama pada kulit. Sepanjang hari racun-racun seperti debu, polusi dan juga bahan kimia dalam make up menempel pada kulit. Bila tidak dibersihkan, kotoran-kotoran ini bisa menutupi pori-pori kulit sehingga dapat merusak kulit.

  6. Tidak memakai sunscreen/tabir surya

    Matahari merupakan sumber utama penyebab penuaan kulit. Kebiasaan memakai sunscreen/tabir surya dapat memberikan perlindungan terhadap kulit kamu. Terlebih bila kamu termasuk seseorang yang aktif dan banyak melakukan aktivitas di luar ruangan. Tak hanya itu, ternyata sinar matahari perusak kulit juga bisa menembus kaca, sehingga kamu perlu menggunakan tabir surya meskipun berada di dalam ruangan.

    Gunakan sunscreen/tabir surya setiap hari. Pilih tabir surya yang dapat melindungi kulit kamu dari jenis sinar ultra violet UVA dan UVB dengan SPF 30. Ada baiknya juga memilih tabir surya yang didalamnya juga dilengkapi dengan formula bahan antioksidan seperti vitamin C.

Proses penuaan merupakan suatu hal yang normal dan pasti terjadi. Tapi, tentu tidak ada salahnya kan bila wanita ingin selalu terlihat cantik dan awet muda? Untuk itu, cobalah lebih merawat dan memperhatikan apa yang dibutuhkan kulit.

Nah, bila kamu selama ini sering melakukan kebiasaan-kebiasaan buruk di atas, sudah saatnya bagi kamu sekarang untuk menghilangkannya. Dengan menghindari hal-hal tersebut, saya yakin kulit kamu akan terlihat lebih sehat dan segar. (ST)

Digiprove sealCopyright secured by Digiprove © 2012


loading...
Bagikan artikel:

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *