Informasi dan Tips – informasitips.com

6 Cara Pria Dalam Merawat Kulit

informasitips.com – Siapa bilang pria tidak perlu merawat kulit? Perawatan kulit terutama kulit wajah ternyata tak hanya penting bagi wanita, namun justru kaum pria perlu menaruh perhatian yang lebih terhadap masalah perawatan kulit. Mengapa? Kulit pria cenderung lebih berminyak, tebal, kasar, dan pori-pori kulitnya pun lebih besar bila dibandingkan dengan kulit wanita. Bila tidak dirawat dan diperhatikan, kulit pria akan terlihat semakin kasar, kotor, tidak sehat, dan mudah berjerawat. Hal ini tentu akan mengurangi daya tarik seorang pria.

Selain itu, perlu juga diperhatikan bahwa seiring bertambahnya usia, elastisitas kulit menjadi berkurang dan kerutan di wajah akan semakin jelas terlihat. Bila kulit wajah tidak dirawat, kamu akan terlihat lebih tua dari umurmu yang sebenarnya.

Bagi kaum pria, meskipun kamu perlu melakukan perawatan kulit wajah, namun hal tersebut tentunya hanya perlu dilakukan sewajarnya saja. Tidak perlu berlebihan. Rawatlah kulit kamu “ala pria”agar kulit tidak terlihat kotor, kusam dan jerawatan.

Berikut 6 cara pria dalam merawat kulit:

  1. Membersihkan muka
    Membersihkan muka merupakan ritual wajib yang harus dilakukan oleh semua orang baik pria maupun wanita. Bayangkan begitu banyak kotoran yang menempel pada kulit wajah, terlebih bila kamu adalah orang yang banyak melakukan aktivitas di luar ruangan. Matahari, zat-zat racun di udara yang penuh kontaminan dan polusi serta sel-sel kulit mati perlu dibuang agar kulit tetap sehat.

    Alasan kesehatan merupakan alasan pertama mengapa pria wajib membersihkan kulitnya terutama bagian wajah. Membersihkan kulit dapat membantu membuka pori-pori kulit yang tersumbat, membuang racun, kotoran, dan debu yang menempel pada kulit.

  2. cara pria merawat kulit

  3. Gunakan sabun khusus untuk muka
    Dalam membersihkan kulit muka, jangan menggunakan sabun yang keras atau sabun yang biasa dipakai untuk badan. Sebagian besar sabun mengandung lemak yang bisa menutup pori-pori kulit. Penggunaan sabun yang cukup keras seperti sabun untuk badan dapat meningkatkan resiko timbulnya jerawat pada wajah, dan juga kulit menjadi lebih kering.

    Gunakanlah sabun pembersih wajah atau scrub yang memang lembut untuk kulit wajah dan tentunya khusus untuk kulit laki-laki. Kamu dapat memakai air dingin atau sesekali dengan air hangat untuk membersihkan kulit wajah. Dengan kebiasaan baik ini, pori-pori kulit dan kotoran yang tersumbat akan terbuang dan kulit wajah menjadi lebih segar, bersih, dan tidak jerawatan. Bersihkan kulit wajah minimal satu kali sehari.

  4. Bercukur
    Bercukur merupakan salah satu kebiasaan yang sering dilakukan pria dalam hal merawat wajahnya. Bercukur berperan untuk membuang sel-sel kulit mati. Ketika bercukur, lakukan dengan hati-hati agar tidak mengiritasi dan melukai kulit.

    Jika kamu terbiasa mencukur dengan menggunakan pisau cukur, pastikan untuk terlebih dahulu membasuh muka dengan air hangat sebelum mengoleskan krim cukur. Setelah mencukur, bersihkan wajah dan sisa krim yang menempel dengan air dingin, bukan air hangat. Hal ini disebabkan karena setelah bercukur kulit kehilangan sebagian kelembabannya, dan bila dibilas dengan air hangat maka kulit akan semakin kering.

  5. Konsumsi makanan yang sehat
    Makanan berperan sangat penting guna menjaga kesehatan kulit. Perbanyakalah konsumsi makanan yang sehat seperti buah yang kaya vitamin E, C, dan antioksidan. Makanan sehat ini dapat mencegah kerutan dan noda-noda hitam sehingga kulit tampak lebih awet muda. Minum cukup air putih juga berefek positif bagi kesehatan kulit, terutama bagi kamu yang berkulit kering.
  6. Olahraga
    Selain untuk alasan kesehatan, kebanyakan pria melakukan olahraga untuk membentuk tubuhnya. Namun, ternyata olahraga juga berguna bagi kulit. Olahraga dapat membersihkan pori-pori kulit, meningkatkan metabolisme, dan memperbanyak oksigen yang masuk kedalam jaringan kulit sehingga kulit tampat lebih awet muda.
  7. Jangan mandi matahari
    Jangan biasakan diri kamu untuk selalu bermandikan cahaya matahari. Hanya karena kamu adalah pria, bukan berarti kamu tidak perlu melindungi kulit dari paparan sinar matahari yang berlebihan. Jika kamu merasa risih untuk menggunakan krim pelindung tabir surya ketika berada di luar ruangan, setidaknya batasi kulit dari paparan sinar matahari yang berlebih.

    Gejala penuaan dini seperti kulit kusam, kerutan, noda hitam, kuli terbakar bahkan kanker kulit merupakan resiko yang mengintai bila kamu terbiasa terpapar sinar matahari berlebihan. Bila kamu memang tidak peduli pada tampilan kulit wajahmu, maka perhatikan aspek kesehatannya. Seperti yang sudah saya sebutkan di atas, alasan kesehatan merupakan alasan utama mengapa kamu perlu merawat kulit.

Itulah beberapa tips perawatan kulit yang perlu diperhatikan pria. Semoga bermanfaat. (ST)

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

ARTIKEL TERBARU

NEWSLETTER

Mau berlangganan artikel Kami? Tulis Email Anda pada form di bawah ini.

Cek Email Anda setelahnya untuk mengaktifkan layanan newsletter. Terimakasih