Informasi dan Tips – informasitips.com

5 Tips Merawat Jeans

informasitips.com – Jeans merupakan jenis pakaian yang paling banyak digandrungi orang dari berbagai kalangan dan usia. Tak heran, karena jenis pakaian produk olahan kain denim ini bisa dipadu-padankan dengan berbagai jenis busana lainnya. Jeans juga merupakan pilihan busana casual yang sangat populer saat ini dan bisa digunakan sehari-hari oleh orang dewasa, anak muda, bahkan sampai anak-anak. Itulah sebabnya mengapa jeans tak pernah ditinggalkan penggemarnya, meskipun berbagai jenis fashion busana terbaru dari tahun ke tahun selalu bermunculan.

Jeans sebenarnya adalah jenis pakaian yang tahan lama, asalkan dirawat dengan baik. Jeans yang dirawat dengan baik bisa tetap terlihat bagus dan awet sampai bertahun-tahun lamanya. Bila kamu ingin jeans kesayanganmu tetap terlihat baik, kamu harus tahu bagaimana cara merawat jeans yang benar. Beberapa tips berikut ini mungkin bisa membantumu dalam merawat koleksi jeans favoritmu agar selalu dalam kondisi yang baik:

Tips merawat jeans

  1. Jangan terlalu sering dicuci
    Agar selalu terlihat baik, jeans tidak boleh terlalu sering dicuci. Terlalu sering mencuci jeans akan membuat warna jeans lekas pudar dan bentuk aslinya hilang. Kamu tentu tidak ingin bentuk jeansmu berubah jadi melar dan tidak sebagus bentuk aslinya, kan?
  2. Perhatikan cara mencuci jeans yang benar
    Tidak boleh terlalu sering mencuci jeans bukan berarti sama sekali tidak pernah dicuci ya. Jeans yang kotor terutama akibat terkena noda yang sulit dibersihkan, tentunya harus dicuci. Namun ingat, kamu harus mencucinya dengan benar.

    Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat ingin mencuci jeans, yaitu:

    • Baliklah terlebih dahulu sisi bagian dalam jeans, saat ingin merendam atau mencuci jeans agar warnanya tidak cepat pudar.
    • Bila ingin merendam jeans, pisahkan dari jenis pakaian lainnya.
    • Pilihlah deterjen tanpa pemutih dan cucilah jeans dengan lembut, kalau bisa tidak menggunakan mesin cuci. Cara terbaik untuk mencuci jeans adalah dengan menggunakan tangan.
    • Bila harus menggunakan mesin cuci, pastikan bahwa kamu mengancing dan menutup resletingnya untuk mempertahankan bentuk jeans.
    • Saat mencuci dengan mesin cuci, pisahkan jeans dengan jenis pakaian lainnya dan batasi sekitar maksimal 2-3 jeans untuk sekali mencuci. Karena bahan denim jeans termasuk bahan yang berat. Terlalu banyak jeans yang dicuci selain mengurangi efektivitas pencucian juga dapat merusak mesin cuci.
    • Jeans juga tidak boleh dicuci dengan air panas agar serat-serta kain pada jeans tidak rusak dan bentuk jeans tidak berubah (mengalami penyusutan). Gunakan saja air dingin saat mencuci jeans. Namun untuk mencuci jeans yang terkena noda lumpur (tanah) dapat terlebih dahulu merendam jeans dalam air hangat (bukan panas) yang telah diberi deterjen selama 5 – 10 menit.
    • Cara menghilangkan noda permen karet pada jeans dapat dilakukan dengan menaruh es pada bagian yang terdapat permn karetnya, setelah permen karet membeku, dapat dengan mudah melepaskannya dan mencucinya seperti biasa.
    • Jeans juga dapat direndam dalam air yang diberi campuran cuka, tujuannya untuk mempertahankan warna jeans. Setelah direndam sebentar dalam larutan air-cuka, jeans dapat dicuci seperti biasa.
  3. Keringkan dengan benar
    Setelah dicuci, jeans perlu dikeringkan dengan benar yaitu dengan cara dijemur dalam kondisi terbalik (bagian dalam jeans ada di luar). Jemur jeans di tempat yang terbuka namun tidak terkena sinar matahari langsung agar warna jeans tetap awet dan tidak mudah pudar. Sebaiknya, jeans tidak dikeringkan dengan mesin cuci. Keringkan saja dengan cara dijemur seperti yang disebutkan di atas.
  4. Seterika dengan suhu tidak terlalu panas
    Hindari menyetrika jeans dengan suhu yang terlalu panas. Saat menyeterika pun jeans tetap harus dalam kondisi dibalik, yaitu bagian luar jeans ada di dalam dan bagian dalam jeans yang terkena panas langsung dari seterika.
  5. Jangan terlalu sering melakukan dry cleaning
    Sebaiknya tidak terlalu sering melakukan dry cleaning terhadap jeans karena bahan kimia yang digunakan dalam proses dry cleaning cukup keras dan bisa membuat warna jeans pudar.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

JOIN US ON

NEWSLETTER

Mau berlangganan artikel Kami? Tulis Email Anda pada form di bawah ini.

Cek Email Anda setelahnya untuk mengaktifkan layanan newsletter. Terimakasih