Informasi dan Tips – informasitips.com

5 Tips Agar Baterai Laptop Tahan Lama

Posted on by in , with 0 Comments

informasitips.com – Baterai adalah salah satu komponen paling vital dalam perangkat laptop/netbook. Bahkan inilah part yang membedakan antara desktop dan mobile pc. Istilah komputer jinjing atau mobile pc baru akan tepat disebut jika ada baterai sebagai sumber energi untuk mengoperasikan perangkat ini di lokasi manapun Kamu berada. Hal ini membuat baterai harus menjadi salah satu poin utama saat mempertimbangkan untuk membeli laptop/netbook. Jika baterai habis atau rusak, maka fungsi mobilitas laptop/netbook menjadi hilang. Turun derajatnya, layaknya desktop yang harus dicolokkan ke sumber listrik untuk dapat digunakan.

Agar Baterai Laptop Tahan Lama

sumber gambar: www.laptop-battery.us

Sebagai komponen utama yang menunjang mobilitas Kamu, baterai harus diperhatikan dan dirawat secara optimal. Walaupun pada dasarnya semua baterai, apapun jenisnya dan berapapun kapasitasnya, memiliki umur yang memang terbatas berdasarkan siklus re-charge yang telah dilakukan. Ada baiknya Kamu memperhatikan perawatan baterai laptop/netbook agar dapat berumur lebih lama. Berikut ini beberapa tips dalam merawat baterai laptop/netbook :

  1. Isilah baterai (charge) pada laptop yang baru Kamu beli hingga penuh. Biarkan dahulu beberapa jam setelah terisi penuh, sebelum Kamu gunakan.
  2. Jika laptop Kamu memiliki fitur auto-switch power, maka tidak masalah jika baterai yang sudah fully-charged tetap terpasang sementara Kamu masih menggunakan listrik dari adapter. Namun jika tidak, sebaiknya copotlah baterai saat Kamu ingin menggunakan listrik dari adapter.
  3. Jika ingin menggunakan laptop/ netbook dalam waktu lama dan berpotensi menimbulkan panas yang berlebih misalkan main game HD atau menonton streaming video, sebaiknya copot baterai Kamu, gunakan listrik adapter dan tambahkan pendingin.
  4. Isilah baterai (re-charge) saat indikator mencapai 10%, hal ini akan membuat baterai awet. Jangan tunggu hingga baterai benar-benar telah habis (0%).
  5. Install aplikasi pemantau kondisi baterai Kamu, sehingga energi baterai yang tersedia dapat selalu Kamu kontrol.

Semoga berguna.

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

JOIN US ON

NEWSLETTER

Mau berlangganan artikel Kami? Tulis Email Anda pada form di bawah ini.

Cek Email Anda setelahnya untuk mengaktifkan layanan newsletter. Terimakasih