Informasi dan Tips – informasitips.com

5 Latihan untuk Membuat Dada Bidang (Melatih Otot-otot Dada)

informasitips.com – Kaum pria selalu berusaha untuk melatih otot dada mereka dengan tujuan untuk membuat dada lebih bidang. Banyak alasan yang mendasari hal tersebut, sebut saja agar terlihat lebih gagah atau untuk meningkatkan rasa percaya diri secara keseluruhan. Dalam membentuk otot-otot dada tidaklah mudah, butuh kedisiplinan dalam menjalankan latihan, mulai dari yang sederhana, seperti push up, hingga latihan yang menggunakan peralatan, seperti dumbbell atau barbell.

Sebenarnya otot-otot apa saja yang dilatih ketika Kita menjalankan latihan untuk otot dada. Perhatikan gambar anatomi otot dada berikut:

Anatomi Otot Dada

sumber gambar: corewalking.com

Dari gambar tersebut Kita dapat melihat ada beberapa otot pada dada pria yang bisa dibentuk saat menjalankan latihan. Otot-otot tersebut seperti pectoralis major dan pectoralis minor. Pectoralis major terletak pada pusat dada, sedangkan pectoralis minor terletak di bawah otot pectoralis major.

Berikut ini 5 latihan yang dapat Kamu lakukan untuk membuat dada Kamu lebih bidang lagi:

Push Up

Latihan push up dapat dilakukan untuk melatih otot-otot dada, lengan dan bahu. Selain push up biasa, push up diamond juga dapat dilakukan dalam rangka melatih otot dada. Push up diamond merupakan hasil modifikasi dari push up konvensional. Push up ini dilakukan dengan cara jari-jari Kamu membentuk bentuk diamond antara jari telunjuk dengan ibu jari. Bentuk diamond tersebut ditaruh tepat di atas dada Kamu pada saat awal Kamu memposisikan diri ingin melakukan push up. Lalu, angkat tubuh Kamu secara perlahan dari lantai seiring dengan hembusan nafas secara perlahan.

Push Up Plyometric

Jenis push up seperti ini membutuhkan alat bantu seperti balok atau mungkin Kamu juga bisa mencoba buku yang tebal. Lihat gambar berikut:

Plyo Push Up

sumber gambar: askthetrainer.com

Posisi awal seperti pada push up biasa, hanya saja ketika Kamu mengangkat tubuh Kamu itu berarti Kamu mendorong tubuh Kamu untuk melayang di udara (tetap pada posisi push up, tetapi tangan tidak menyentuh lantai), nah ketika tubuh Kamu mendarat maka daratkanlah tangan Kamu pada balok atau alat bantu yang Kamu gunakan. Pada posisi di alat bantu itu, lakukan gerakan push up dan ketika mendorong tubuh Kamu ke udara, maka selanjutnya daratkan tangan Kamu di lantai. Ulangi gerakan tersebut selama beberapa kali.

Chair Dips

Latihan ini dilakukan dengan cara memposisikan diri Kamu seperti gambar berikut ini:

Dips

sumber gambar: topendsports.com

Setelah Kamu berada pada posisi tersebut maka angkat secara perlahan kaki dan lutut Kamu sehingga tubuh terangkat lebih tinggi dari kursi. Tekuk siku Kamu sehingga tubuh Kamu turun secara perlahan di antara dua kursi sehingga siku Kamu membentuk sudut 90 derajat. Lakukan latihan ini sebanyak 10 hingga 12 kali. Latihan ini melatih otot-otot dada Kamu, seperti pectoralis major, pectoralis minor dan otot deltoid.

Otot Deltoid

sumber gambar: dmmassage.com

Mengangkat Dumbbell pada posisi berbaring (Dumbbell Press)

Pada latihan ini, posisikan tubuh Kamu berbaring pada bench yang rata sambil mengangkat beban (dumbbell) sesuai dengan kemampuan Kamu. Lihat gambar berikut agar lebih jelas:

Dumbbell Press

sumber gambar: building-muscle101.com

Latihan ini melatih otot pectoralis major Kamu. Selain seperti di atas, ada juga variasi yang lain seperti berikut ini:

Flat-bench-dumbbell-press

sumber gambar: lusakatimes.com

Bench Press

Latihan ini mirip dengan latihan ketiga di atas, hanya saja beban yang digunakan adalah barbell (bukan dumbbell). Untuk lebih jelas lihat gambar berikut:

Bench Press

sumber gambar: passion4profession.net

Latihan bench press melatih otot pectoralis major Kamu. Dorong beban ke atas tepat di atas dada Kamu hingga lengan Kamu ada dalam posisi lurus mengangkat.

Related Posts

9 thoughts on “5 Latihan untuk Membuat Dada Bidang (Melatih Otot-otot Dada)

  1. fierhan

    aku sdah membukti kan nya,,,hasil nya belustabil hanya perlu banyak2 latihan,,,thnkkkzzZ pelajaran nya,

  2. michael

    Kalo misalkan awalnya kurus terus latihan gitu bisa kebentuk ga ya?info dong soalnya badan ane agak kurus.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

JOIN US ON

NEWSLETTER

Mau berlangganan artikel Kami? Tulis Email Anda pada form di bawah ini.

Cek Email Anda setelahnya untuk mengaktifkan layanan newsletter. Terimakasih