Informasi dan Tips – informasitips.com

5 Ide Tempat Menarik untuk Merayakan Ulang Tahun Anak

informasitips.com – Hari ulang tahun selalu menjadi moment istimewa bagi siapa saja yang merayakannya, terutama anak-anak. Tak jarang, orang tua harus sibuk memikirkan acara seperti apa yang akan diadakan untuk memperingati hari ulang tahun anaknya. Bukan hanya dipusingkan dengan acaranya saja, masalah tempat yang tepat untuk mengadakan acara untuk merayakan ulang tahun pun bisa membuat para orang tua pusing tujuh keliling.

Sebenarnya, perayaan ulang tahun tidak harus selalu bersifat “wah” dan diadakan di tempat-tempat mewah. Perayaan ulang tahun yang sederhana namun berkesan bisa lebih dikenang sepanjang masa daripada perayaan ulang tahun serba mewah namun hanya terkesan hura-hura belaka. Oleh sebab itu, penting bagi para orang tua menentukan tempat yang cocok untuk merayakan ulang tahun anak. Saran kami, pilihlah tempat-tempat yang bisa sekalian memberi edukasi kepada anak-anak di hari ulang tahunnya.

Beberapa tempat yang bisa dipertimbangkan untuk Anda pilih adalah sebagai berikut:

tempat-merayakan-ulang-tahun-anak1. Rumah

Tempat yang paling memungkinkan untuk merayakan ulang tahun anak Anda adalah rumah Anda sendiri. Selain lebih hemat, Anda juga bisa berkreasi tentang konsep ulang tahun seperti apa yang ingin Anda buat di rumah. Tapi, kebanyakan para anak dan orang tua ingin merayakan ulang tahun di tempat-tempat lain selain rumah. Apalagi bila ukuran rumah Anda tidak cukup besar untuk mengundang banyak tamu. Maka, mau tidak mau para orang tua memikirkan tempat lain untuk merayakan ulang tahun anaknya.


2. Panti Asuhan

Panti asuhan adalah tempat kedua yang kami sarankan ketika memilih tempat untuk merayakan ulang tahun anak Anda. Mengapa demikian? Karena di panti asuhan, Anda bisa sekaligus mengajarkan kepada anak tentang betapa beruntungnya ia masih memiliki orang tua. Di panti asuhan juga, anak Anda bisa berkenalan dengan teman-teman baru sekaligus berbagi kebahagian dengan seluruh penghuni di panti asuhan. Ini juga berarti Anda mengajarkan kepada anak untuk bisa berbagi dengan orang lain, terutama orang-orang yang kurang beruntung.

Perayaannya juga tidak perlu terlalu mewah. Biasanya diisi dengan kegiatan mengaji bersama, lalu bernyanyi bersama, berbagi cerita, dan makan bersama. Ingat lho, memberi makan anak yatim pahalanya sangat besar. Jadi, perayaan ulang tahun bisa terlaksana, pahalanya pun bisa Anda raih.


3. Kawasan Penduduk Miskin

Bila saat ini kondisi perekonomian Anda sekeluarga terbilang cukup mapan, tidak ada salahnya Anda mengajak anak untuk merayakan ulang tahunnya di kawasan yang padat penduduk miskinnya. Misalnya di bawah kolong jembatan atau dipinggiran-pinggiran sungai. Ajaklah anak-anak dari keluarga yang kurang mampu yang bermukim di sekitar kawasan tersebut untuk merayakan ulang tahun anak Anda bersama. Potong kue bersama, bagi-bagi snack, balon, dan bernyanyi bersama, membuat acara ulang tahun tetap terasa semarak. Selain itu, Anda juga bisa mengajarkan kepada anak Anda bahwa di dunia kita boleh membeda-bedakan antara yang kaya dan yang miskin. Justru kita harus tetap peduli dan wajib saling membantu. Pasti perayaan yang berbeda dari biasanya seperti itu akan terasa berkesan sepanjang hidup anak Anda.


4. Di Alam Terbuka

Merayakan ulang tahun di alam terbuka seperti taman pancing atau pantai memang terlihat tidak semewah dan segemerlap perayaan di dalam ruangan seperti hotel atau restaurant besar. Tapi, justru edukasinya bisa Anda berikan untuk anak manakala ia lebih dekat dengan lingkungan alam. Saat merayakan ulang tahun di alam terbuka, Anda bisa sekalian mengajarkan kepada anak tentang apa saja yang ada di alam sekitarnya. Beri pula pemaparan singkat dan padat tentang betapa indahnya alam ciptaan Tuhan sehingga ia berkewajiban untuk menjaganya. Sifat kekeluargaan saat perayaan ulang tahun anak di alam terbuka justru lebih terasa dibandingkan perayaan di hotel atau restaurant mewah.


5. Di Sekolah Anak

Alternatif tempat ulang tahun lainnya yang bisa Anda pilih adalah sekolah anak Anda sendiri. Mengadakan perayaan ulang tahun anak di sekolahnya memang tidak terlalu merepotkan Anda. Bahkan Anda tidak perlu menyiapkan undangan untuk satu per satu teman anak Anda. Cukup beritahu wali kelasnya sehari sebelum ulang tahun anak. Nantinya, wali kelas tersebut yang akan memberitahukannya pada seisi kelas tempat anak Anda belajar. Tugas Anda hanya mempersiapkan konsumsi dan beberapa dekorasi ruangan yang sederhana saja. Biasanya ulang tahun di sekolah baru bisa diselenggarakan ketika jam sekolah berakhir. Nah, selain tidak mengganggu proses belajar mengajar, perayaan ulang tahun anak Anda tetap bisa terlaksana, bukan? Merayakan ulang tahun di sekolah biasanya juga akan mempermudah anak-anak yang diundang untuk hadir di acara ulang tahun anak.

Itulah beberapa tempat yang bisa dijadikan alternatif untuk merayakan ulang tahun anak Anda. Mungkin awalnya anak Anda akan sungkan merayakan ulang tahun di tempat-tempat sederhana seperti itu, namun bila Anda bisa berkomunikasi dengan baik tentang hikmah merayakan ulang tahun di tempat-tempat tersebut, anak Anda pasti akan mengerti dan tetap bergembira saat ulang tahunnya tiba. Selamat mencoba saran kami.



loading...
Bagikan artikel:

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *