Informasi dan Tips – informasitips.com

40 Tips Agar Mudah Berteman

Posted on by in with 1 Comment

informasitips.com – Apakah kamu merasa canggung ketika baru saja memasuki sekolah baru, mencari kencan dengan orang baru, atau pun bertemu orang-orang baru maupun sudah kamu kenal sebelum ? Jika jawabannya adalah YA, maka kamu perlu beberapa tips berikut ini yang membantumu menjadi orang yang lebih menyenangkan dalam pergaulan.

  1. Menjadi pendengar yang baik. Semua orang senang didengarkan terutama pada saat mereka mengungkapkan ide-ide terbaik mereka. Jadi, tidak ada salahnya menjadi pendengar yang baik, bukan?
  2. Berikan perhatian dengan menanyakan apa yang ia bicarakan. Untuk menunjukkan bahwa kamu menyimak apa yang ia bicarakan, kamu dapat sesekali menanyakan tentang hal yang kurang jelas. Tetapi jangan suka menyela di saat adanya pembicaraan. Hal itu sangatlah tidak sopan.
  3. Pastikan untuk mengingat namanya. Usahakan untuk mengingat nama orang yang baru kamu kenal sehingga ia pun akan berusaha mengingat nama kamu.
  4. Memberikan pujian yang tulus. Setiap orang akan dengan senang hati menerima pujian, apalagi pujian itu menyangkut dirinya. Namun yang perlu diingat adalah berikan pujian secara tulus dan tidak dibuat-buat.
  5. Tips Mudah Berteman

  6. Tetap berhubungan baik. Ketika sebuah pertemuan telah berakhir, usahakan untuk tetap berhubungan. Baik itu melalui nomor telepon, alamat email, atau pun akun pada jaringan sosial.
  7. Bersemangat bertemu orang-orang yang kamu temui. Seseorang dapat merasakan energi yang kamu keluarkan. Ketika kamu begitu bersemangat untuk bertemu dengannya, akan tercipta suasana yang lebih menyenangkan.
  8. Perlakukan setiap orang sama. Saat kamu berkumpul dalam suatu grup, usahakan untuk tidak hanya berbicara dengan satu orang saja. Selain itu, usahakan pula untuk bersikap ramah pada semua orang.
  9. Terlibat dalam suatu kegiatan. Dengan terlibat pada suatu kegiatan, entah itu kegiatan olahraga, seni, ataupun teknologi, akan menambah daftar teman baru yang akan kamu temui.
  10. Terlibat dalam komunitas sosial. Komunitas sosial akan membuat dirimu lebih peka terhadap orang lain.
  11. Peduli terhadap teman yang sakit dengan cara mengunjunginya. Pada saat kamu mendengar seorang temanmu sakit, jangan ragu untuk menjenguknya. Karena ketika seseorang sakit, bisa jadi dia sangat membutuhkan dorongan moral dari kamu.
  12. Fokus pada topik pembicaraan yang nyaman. Berbicaralah tentang topik-topik ringan yang kalian sukai. Hal ini akan membuat suasana lebih nyaman.
  13. Bersikap ramah dan terbuka. Sikap ini berarti kamu menunjukkan simpati kepada orang lain. Jika mereka merasakan keramahan dan keterbukaanmu, maka mereka akan menyukaimu.
  14. Jangan takut untuk menanyakan hal-hal pribadi dengan halus dan sopan. Jika ada hal-hal pribadi yang ingin ditanyakan, sebaiknya bertanyalah terlebih dahulu apakah hal itu memungkinkan. Jika lawan bicara merasa tidak nyaman, hentikan pembicaraan tersebut.
  15. Mencari persamaan kepribadian. Tidak ada yang lebih menyenangkan daripada mengetahui kesamaan satu dengan yang lain. Dengan semakin banyak menemukan persamaan itu, maka akan semakin banyak pula topik yang dibicarakan.
  16. Menjadi orang yang memulai pembicaraan. Terkadang ada orang-orang tertentu yang juga canggung untuk memulai suatu pembicaraan karena perasaan malu. Oleh karena itu, kamu dapat mengalah dengan terlebih dahulu memulai pembicaraan.
  17. Selalu menyapa orang terlebih dahulu. Kebiasaan ini terbukti sangat ampuh dipraktekkan dimana pun. Dengan memulai menyapa, kamu membuka sebuah komunikasi dengan orang lain.
  18. Memahami budaya dan perbedaan. Pahamilah kebudayaan dari lawan bicara. Karena terkadang aturan-aturan yang mereka lakukan berbeda dengan apa yang kamu lakukan. Dengan menghargai perbedaan, kamu akan mendapatkan simpati dari orang itu.
  19. Memperhatikan apa yang mereka sukai. Kamu dapat mengingatkan mereka pada sesuatu yang mereka suka. Seperti mengajak mereka ke tempat makan favoritnya atau mengingat warna yang disukai.
  20. Bersikap mengalah. Tidak ada gunanya beradu argumen dengan orang yang belum terlalu akrab. Lebih baik bersikap mengalah dan memperhatikan seperti apa orang itu.
  21. Jangan menenangkan teman di saat ia marah. Pada saat seorang teman sedang marah, jangan berusaha untuk menenangkannya. Tunggulah sampai emosinya reda lalu mulai bicara dengannya.
  22. Menjaga kontak mata. Ada baiknya dalam sebuah percakapan harus diikuti dengan kontak mata. Dengan cara demikian, kamu dapat melihat apakah orang itu tertarik atau tidak.
  23. Mempertahankan kehormatan teman. Jika seorang teman dijelek-jelekkan di depanmu, berusahalah membela temanmu itu untuk mempertahankan kehormatannya. Dia pasti akan berterima kasih padamu.
  24. Tidak bergosip tentang teman anda sendiri. Jangan pernah menjelek-jelekkan teman di belakangnya apalagi bergosip tentang dia dengan teman yang lain. Teman-temanmu akan beranggapan negatif padamu dan enggan berteman lagi.
  25. Bersikap lebih fleksibel. Kamu harus menjadi orang yang spontan dan tidak kaku. Karena dengan berbicara dengan orang seperti itu, teman-temanmu akan lebih bebas mengungkapkan pikirannya.
  26. Lakukan janjimu. Jika kamu telah berjanji maka lakukanlah janji itu. Pastinya kamu pun tidak akan mau kecewa bila seseorang tidak menepati janjinya padamu.
  27. Jadilah diri sendiri. Ketika seseorang menyukaimu, berarti dia menyukaimu apa adanya. Bukan karena kamu berpura-pura menjadi orang lain yang berbeda.
  28. Cobalah situs-situs jaringan sosial. Untuk memperluas jaringan pertemanan, tidak ada salahnya untuk bergabung dengan situs jaringan sosial yang diikuti oleh teman-teman lainnya.
  29. Mengambil kelas baru. Dengan mengambil kelas baru, pengetahuan kamu akan lebih berkembang. Orang yang memiliki wawasan yang luas, dapat memberikan banyak pengalaman baru bagi teman-temannya.
  30. Mempelajari bahasa baru. Apabila kamu memiliki kemampuan berbahasa asing, akan membuka peluangmu untuk berkomunikasi tidak hanya dengan teman- teman lokal tetapi juga teman-teman dari berbagai negara.
  31. Mengingat ulang tahun. Tunjukkanlah perhatianmu dengan mengucapkan selamat ulang tahun pada teman tersebut.
  32. Memperkenalkan teman kamu dengan teman yang lain. Perlakukan temanmu dengan profesional. Dengan memperkenalkan teman yang satu dengan yang lain, kamu melebarkan pertemanan itu tidak hanya sebatas komunikasi tetapi dapat berkembang menjadi usaha yang serius.
  33. Memperkenalkan teman dengan keluargamu. Sebaiknya keluargamu mengetahui pula dengan siapa kamu bergaul sehingga tidak terjadi masalah di kemudian hari.
  34. Membaca tentang persahabatan. Dengan membaca artikel-artikel tentang persahabatan, kamu akan termotivasi untuk menjadi pribadi yang lebih baik.
  35. Melihat dengan perspektif berbeda. Cobalah untuk memposisikan diri pada posisi orang lain sehingga kamu dapat memahami bagaimana memperlakukan orang lain seperti kamu mau diperlakukan olehnya.
  36. Berpikir positif. Berikanlah energi positif dalam sebuah persahabatan. Maka di masa datang, kamu akan merasakan energi yang sama besar.
  37. Jangan menghakimi. Jika seseorang mulai terbuka padamu, jangan pernah menghakimi kesalahan atau kekurangan yang ia miliki. Lebih baik berusaha bersama-sama untuk memperbaikinya.
  38. Menguji kesetiaan. Lihatlah seperti apa orang yang kamu ajak berteman. Sebelum kamu membicarakan sesuatu yang benar- benar rahasia, pastikan bahwa dia adalah orang yang dapat dipercaya.
  39. Menjadi teman yang baik. Kamu tidak perlu ragu untuk membagikan apa yang kamu miliki selama hal itu tidak merugikanmu.
  40. Siap membantu. Hal-hal kecil akan menjadi langkah besar dalam sebuah pertemanan. Siapkan dirimu untuk membantu jika temanmu membutuhkanmu.
  41. Tersenyum dan tertawa. Selera humor yang baik akan memberikan kesan yang positif. Tertawalah bila mendengar lelucon-lelucon konyol temanmu. Dan biasakan untuk tersenyum dimana pun.

Related Posts

One thought on “40 Tips Agar Mudah Berteman

  1. Mohamad shadiq

    Sy mw tnya. Gmana memulai prtmanan dgn cewe,yg orangnya pmalu,dan tman cwe yg cuek, tpi sy orangnya pmalu jg.,tlong bntuannya..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

JOIN US ON

NEWSLETTER

Mau berlangganan artikel Kami? Tulis Email Anda pada form di bawah ini.

Cek Email Anda setelahnya untuk mengaktifkan layanan newsletter. Terimakasih