Informasi dan Tips – informasitips.com

4 Pertimbangan dalam Memulai Usaha

informasitips.com – Mana yang lebih baik, bekerja dengan orang lain atau bekerja sendiri dengan membuka lapangan pekerjaan? Saya rasa setiap orang memiliki jawaban masing-masing dengan alasan yang beragam. Tetapi mengingat keadaan sekarang bahwa lapangan pekerjaan semakin sempit dan saingan pencari kerja semakin banyak, kiranya kita perlu mengambil langkah penting yaitu membuka lapangan pekerjaan sendiri. Hal tersebut akan sangat membantu dalam mengatasi masalah pengangguran di negeri kita ini. Bisa dibayangkan jika sebagian besar penduduk Indonesia memiliki mindset untuk membuka usaha dan bukan hanya ingin bekerja di kantor, maka jumlah tenaga kerja yang terserap dapat mencapai angka yang signifikan besar.

Perhitungan Memulai Usaha

Untuk memulai buka usaha, kamu harus terlebih dahulu melakukan penelitian kecil mengenai hal-hal yang berkaitan dengan usaha yang akan kamu geluti, sebisa mungkin buatlah detailnya dengan rinci agar tidak salah dalam mengambil keputusan. Berikut 4 hal yang dapat dipertimbangkan sebelum kamu memulai untuk membuka usaha:

  1. Kenali potensi diri kamu
    Hal tersebut akan mempermudah menentukan jenis usaha apa yang ingin kamu lakukan. Misalnya, kamu handal dalam menyanyi, kamu bisa buka tempat les vokal.

  2. Modal
    Mau tidak mau kamu harus memilikinya, setidaknya modal niat dulu deh :D. Faktor modal inilah yang sering menjadi kendala bagi kebanyakan mereka yang ingin memulai usaha. Jangan pusing terlebih dahulu, banyak cara yang bisa kamu lakukan, diantaranya adalah menjual barang-barang pribadi terlebih dahulu sebagai modal awal, mengajukan proposal ke orang-orang terdekat kamu dengan maksud ingin bekerjasama di mana kamu sebagai pelaksana serta penggagas ide dan mereka sebagai penggalang dana.
  3. Pemasaran atau marketing
    Pemasaran tidak melulu harus mengeluarkan uang untuk memasang iklan di media-media. Bangunlah marketing usaha kamu dengan metode dari mulut ke mulut. Dengan bersosialisasi, kamu akan dengan mudah mendapatkan pelanggan. Selanjutnya, berikan mereka kepuasan dengan pelayanan yang baik. Dalam membuka usaha, utamakanlah service atau pelayanan yang baik guna mendapatkan kepuasan pelanggan.

  4. Tenaga kerja
    Mengenai hal ini seharusnya sudah dipikirkan di awal kamu membuka usaha. Jika memang modal terbatas, pada awalnya kamu bisa mengerjakan usaha ini sendiri dahulu. Capek dan letih memang, tetapi jika diingat hasilnya, maka kamu akan semangat dan terus berkarya.

Kunci terpenting dari memulai usaha adalah niat yang kuat, karena dalam prosesnya kelak akan banyak dijumpai masalah-masalah yang dapat menghambat atau bahkan menggagalkan usaha kamu. Oleh karena itu, sebelum memulai semuanya bangunlah keyakinan yang kuat dalam diri kamu terlebih dahulu. Apalah artinya 4 pertimbangan memulai usaha di atas tanpa dilandasi niat dan tekad yang kuat. Semoga bermanfaat bagi kamu yang ingin memulai buka usaha.. 🙂



loading...
Bagikan artikel:

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *