Informasi dan Tips – informasitips.com

4 Jurus Jitu Mengobati Patah Hati

informasitips.com – Patah hati bukan barang baru. Hampir semua orang yg pernah merasakan cinta pasti pernah merasa patah hati. Berpisah dengan orang terkasih adalah salah satu sebabnya. Mengapa sampai terjadi? Alasannya bisa bermacam-macam. Ketidakcocokan, tak ada restu orang tua, pengkhianatan, perselingkuhan, dsb. Kerusakan paling parah biasa dialami mereka yg menjalin hubungan begitu lama. Semakin lama jalinan kasih itu terbangun, makin besar potensi sakit hatinya.

Anda tidak ingin terlalu lama larut dalam kesedihan ,bukan ? tentu Anda ingin tegar dan membuktikan pada mantan Anda bahwa Anda sanggup menjalani hidup dengan lebih baik tanpa dirinya. Inilah jurus-jurus yg bias Anda gunakan.

  1. MENGAKUI

    Ada sebagian orang yg ketika ditimpa patah hati berusaha lari dari kenyataan. Untuk melampiaskannya mereka menuju pada hal-hal yg membawa dampak negatif. Minuman keras dan narkoba adalah contohnya. Mereka mengira hal-hal semacam itu dapat mengakhiri penderitaan. Yang mereka butuhkan adalah pelampiasan sesaat agar tak lagi teringat akan rasa sakit yg mendera.

    Sungguh. Kasihan sekali mereka yg menduga melarikan diri pada hal-hal konyol macam itu dapat memupus duka-lara yg sedang mereka alami. Sejujurnya mereka hanya takut untuk menerima kenyataan bahwa mereka sedang patah hati. Sulit bagi mereka untuk menerima kenyataan itu. Siapapun pasti tidak suka merasa patah hati. Tapi bukanlah solusi tepat, melampiaskannya pada hal-hal negatif.

    Terimalah luka di hati Anda. Menyangkalnya justru membuat perasaan Anda makin perih. Siapapun yg mengalami putus cinta pasti mengalami patah hati. Itu wajar. Jangan menyangkal perasaan itu.

    Mengobati Patah Hati

    Mengakui bahwa kita kehilangan orang yg kita kasihi memang lagkah awal yg sulit. Tapi jika ini berhasil kita lakukan, peluang kita untuk mengobati sakit hati akan terbuka lebar. Salah satu jalannya adalah dengan curhat. Anda boleh mencurahkan isi hati Anda kepada beberapa orang sekaligus. Tapi saran saya, pastikan Anda menyampaikannya pada orang yg tepat. Orang-orang yg benar-benar Anda percayai. Menyampaikan uneg-uneg dan keluh kesah yg mengganjal terbukti dapat meringankan beban psikologis. Jika memang perlu menagis, menangislah. Tak ada yg melarang Anda untuk menangis. Tapi jangan terlalu lama bergumul dalam kabut kesedihan. Terimalah dan tegarlah. The show must go on.

  2. MENYADARI

    Lihatlah sekeliling Anda. Dimulai dari dalam rumah tempat tinggal. Lihatlah orang tua dan saudara-saudara Anda. Atau mungkin kerabat, sahabat serta teman teman dekat Anda. Lihatlah mereka. Anda tidak sendirian. Mereka juga menyayangi Anda. Sadarilah cinta di sekeliling Anda. Cinta dari orang tua, saudara dan kerabat. Mereka tentu tidak akan membiarkan Anda sendirian berkubang dalam lumpur duka.

    Mungkin Anda menganggap cinta yg diberikan oleh orang tua Anda tidak sama dengan cinta dari seorang kekasih. Namun jika Anda menyadari dengan akal sehat, apakah ada cinta yg lebih besar yg bisa diberikan oleh sesama yg melebihi cinta dari orang tua kita? Ibu mengandung kita dalam rahim selama 9 bula 10 hari. Apakah kita mau berkorban seperti itu? Ayah kita bekerja keras. Banting tulag siang malam demi menghidupi kita, membimbing dan menyekolahkan. Apakah pemberian serta perhatian kekasih ada yg sebanding dengan kerja keras ayah kita? Bukalah mata untuk melihat sekitar Anda. Rasakan cinta kasih dari mereka yg menyayangi Anda. Merekalah aset terbesar Anda. Bukan mantan pacar.

  3. MEMBUKA DIRI

    “Tidak akan ada yg bisa memberikan perhatian padaku seperti dia .Tidak akan pernah ada orang yg mencintai aku seperti cintanya padaku”

    Memang, tidak ada yg mengatakan bahwa suatu saat akan ada orang yg bisa memberikan kasih saying SAMA PERSIS seperti yg diberikan oleh mantan Anda. Setiap orang memiliki karakter dan keunikannya masing-masing. Jurus MEMBUKA yg dimaksud disini adalah membuka diri untuk hadirnya cinta yg baru dari individu yg berbeda.

    Pada hakikatnya, cinta adalah kata kerja. Tapi sebagian besar dari kita menjadikannya kata sifat. Tontonan sinetron dan filmlah yg meracuni pikiran kita. Memersepsikan seolah cinta adalah sesuatu yg rumit dan sulit. Mereka yg terlalu fokus pada perhatian dan kasih sayang yg diberikan oleh sang mantan di masa lalu menutup kemampuan dirinya untuk menebarkan cinta pada sekeliling. Sebaliknya, sulit bagi orang lain untuk masuk ke dalam hatinya dan menanamkan benih cinta yg baru.

    Mereka yg proaktif menjadikan cinta sebagai kata kerja. Artinya, sesuatu yg dilakukan. Sama seperti menulis, membaca, menari. Mencintai adalah sebuah pekerjaan. Mencintai adalah hak kita semua.

    Saya tidak mengatakan bahwa ini akan mudah. Akan tetapi, kita sering menempatkan diri kita sebagai objek. Kita terjebak dalam kepasifan. Kita tidak aktif dan membuka diri untuk datangnya cinta baru. Maka dari itu, bukalah hati dan perasaan Anda. Yakinlah bahwa ada cinta di sana yg sedang menanti Anda, menunggu untuk ditemukan.

  4. MENGHIBUR

    Saat hati sedang galau, tak ada salahnya menghibur diri. Menonton film, shopping, piknik atau rekreasi adalah cara yg bagus untuk mengalihkan pikiran Anda dari si dia. Sibukkan diri Anda dengan kegiatan yg membuat Anda senang. Anda bisa melakukannya bersama teman-teman Anda. Tapi ingat, jangan mendekati hal-hal negatif yg membawa dampak buruk bagi Anda di masa depan.

    Manjakan diri Anda dengan hal-hal positif yg bermanfaat. Latih otak Anda untuk membuang bayangan sang mantan. Hidup ini terlalu singkat untuk diboroskan dengan rasa sedih dan kecewa. So, nikmatilah.

————————————————————————————————

Referensi

Judul : Mengatasi cinta yg hilang
Penulis : Melba colgrove, Ph.D. dkk
Penerbit : PT. Tiara wacana Yogya, 1994

Judul : The 7 habits of highly effective people
7 kebiasaan manusia yg sangat efektif
Penulis : Stephen R. Covey
Penerbit : Binarupa Aksara, 1997 (edisi revisi)



loading...
Bagikan artikel:

Artikel Terkait

One thought on “4 Jurus Jitu Mengobati Patah Hati

  1. rosyi

    aq setuju,,dgn tips cra mnghlgkn patah hatu,maksih y,smga dgn bgtu aq bs cpt2 lupa akn drinya

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

FOLLOW INFORMASITIPS

ARTIKEL PILIHAN

NEWSLETTER

Dapatkan Informasi dan Tips terbaru langsung ke Email Anda. Masukkan alamat Email Anda di bawah ini, kemudian klik langganan: