Informasi dan Tips – informasitips.com

4 Cara Efektif untuk Mengusir Bau Badan

informasitips.com – Sungguh menyebalkan bila tubuh mengeluarkan aroma yang kurang sedap. Terlebih lagi bagi kaum wanita yang biasanya selalu dekat dengan kata “indah” dan “wangi”. Aroma kurang sedap yang keluar dari tubuh atau biasa juga disebut dengan istilah bau badan (BB) tak hanya mengganggu kenyamanan orang-orang sekitar tapi juga akan merugikan diri sendiri. Harus segera diatasi, karena masalah bau badan bisa menurunkan rasa percaya diri.

Lalu, bagaimana cara efektif untuk mengusir bau badan? Bagi kamu yang sedang mengalami masalah bau badan, Kami akan berikan 4 cara efektif untuk menghilangkan bau badan. Kamu hanya perlu melakukannya secara terus menerus agar masalah bau badan tidak datang menghampirimu lagi. Berikut 4 cara efektif yang bisa kamu coba:

  1. Rajin Mandi
    Mandi adalah langkah awal yang mudah, aman dan baik untuk mencegah bau badan. Ketika mandi, sebaiknya gunakan sabun antiseptik yang dapat membunuh kuman penyebab bau badan di tubuh. Mandilah dua kali sehari agar badanmu wangi dan juga bersih. Jangan lupa untuk membersihkan daerah ketiak karena dari sinilah asal bau badan yang disebabkan karena banyaknya bakteri yang berkumpul di area tersebut.

    Tips:
    Hindari mandi dengan cara berendam. Sebaiknya, mandilah dengan air yang mengalir untuk membuang bakteri dari tubuh.

    cara menghilangkan bau badan

  2. Gunakan deodoran
    Cara ini bisa dibilang wajib dilakukan untuk mengusir bau badan. Pilihlah deodoran yang mengandung antiperspirant yang mampu mengatasi produksi keringat berlebih di ketiak. Sebenarnya, munculnya bau badan bukan disebabkan karena keringat. Keringat kita tidak bau, namun ketika keringat bercampur dengan bakteri yang hidup di kulit dan bakteri tersebut lama-kelamaan akan semakin berkembang biak dan tumbuh subur di daerah kulit ketiak yang lembab, maka akan timbullah bau yang dikenal dengan istilah bau badan. Antiperspirant dapat digunakan sebagai bahan untuk mengusir bau badan karena bahan aktif dalam antiperspirant yaitu aluminium salts mampu mencegah keringat menjangkau permukaan kulit.

    Tips:
    Hindari deodoran yang berbentuk bedak tabur, karena selain menyebabkan perih, bedak tabur biasanya juga akan menghitamkan ketiak. Bedak tabur juga biasanya jadi media aktif bagi bakteri di kulit untuk tumbuh subur dan berkembang biak.

    Hindari pula deodoran yang mengandung parfum. Jika kandungannya tidak cocok dengan kelenjar keringat, dapat menyebabkan timbulnya pembusukan dan menambah bau.

  3. Gunakan pakaian yang bersih
    Gunakanlah pakaian/baju (baik dalam dan luar) yang bersih. Pakaian yang sudah digunakan dan sudah bercampur dengan keringat sebaiknya tidak digunakan lagi. Pilihlah pakaian yang nyaman digunakan, dan pilihlah pakaian yang terbuat dari katun karena lebih bisa menyerap keringat.

    Tips:
    Hindari menggunakan pakaian yang terlalu ketat dan sesak karena akan membuat tubuh mengeluarkan keringat lebih banyak lagi. Pakaian sebaiknya tidak digunakan lebih dari 2 kali. Untuk bagian dalam, gantilah setiap hari.

  4. Pilih nutrisi yang tepat
    Masalah-masalah yang timbul di tubuh seperti bau badan tidak hanya perlu diusir dari luar dengan pemakain deodoran misalnya. Cara untuk mengusir bau badan akan jauh lebih efektif bila juga didukung dari dalam, yaitu dari nutrisi yang masuk ke dalam tubuh. Perbanyaklah konsumsi makanan yang kaya antioksidan. Cukupi juga kebutuhan air bagi tubuh. Air diperlukan untuk mengurangi kerja kelenjar keringat apokrin sehingga dapat meminimalkan terjadinya bau badan. Konsumsi pula sayuran hijau berbau wangi seperti daun kemangi yang bagus untuk menghilangkan bau badan.

    Tips:
    Hindari konsumsi makanan yang berbau busuk dan menyengat seperti jengkol, petai, dan sejenisnya. Kurangi pula konsumsi makanan yang mengandung kafein, cokelat, dan lemak, karena bakteri suka pada keringat yang mengandung lemak. Kurangi juga konsumsi makanan yang dapat menimbulkan panas di tubuh seperti daging kambing.

Itulah cara-cara yang bisa kamu lakukan untuk mengusir bau badan. Semoga berguna dan bermanfaat bagi kamu yang memiliki masalah dengan bau badan.



loading...
Bagikan artikel:

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

FOLLOW INFORMASITIPS

ARTIKEL PILIHAN

NEWSLETTER

Dapatkan Informasi dan Tips terbaru langsung ke Email Anda. Masukkan alamat Email Anda di bawah ini, kemudian klik langganan: