Informasi dan Tips – informasitips.com

Mendeteksi 17 Gangguan dan Penyakit Lewat Kaki

Posted on by in , with 12 Comments

informasitips.com – Rabalah telapak kaki Anda, periksa dan perhatikan keluhan yang dirasakan pada kaki Anda. Dari kaki Anda, Anda bisa tahu seperti apa kondisi kesehatan Anda. Anda dapat mendeteksi penyakit apapun mulai dari diabetes hingga penyakit kekurangan gizi/nutrisi hanya dengan memeriksa kaki.

Kaki bawah bagian kiri dan kanan menyediakan banyak data yang lengkap. Kedua kaki tersebut mengandung seperempat dari jumlah tulang di seluruh tubuh Anda, dan setiap kaki juga memiliki 33 sendi, 100 tendon, otot, dan ligamen, serta saraf dan pembuluh darah yang tak terhitung jumlahnya yang terhubung ke jantung, tulang belakang, dan otak.

Berikut 17 kondisi kesehatan yang bisa diketahui dari kondisi kaki:

Deteksi penyakit lewat kaki

  1. Kuku kaki dengan bentuk agak sedikit masuk ke dalam, lekukan berbentuk sendok

    Apa artinya?
    Hal tersebut dapat merupakan tanda anemia. Anemia (kekurangan zat besi) dapat menyebabkan bentuk kuku menjadi agak melengkung seperti sendok hingga ke pangkal kuku. Hal ini disebabkan karena kurangnya jumlah hemoglobin, protein yang kaya zat besi dalam sel darah yang mengangkut oksigen. Kemungkinan lainnya adalah dapat juga karena adanya penyakit paru-paru, jantung, hati, gangguan pencernaan, atau infeksi tertentu

    Petunjuk lain:
    Jari kaki, kulit dan kuku juga terlihat pucat. Kuku juga bisa rapuh, dan kaki mungkin merasa dingin. Selain dari kaki, anemia juga dapat terlihat dari beberapa tanda seperti sering mengalami kelelahan, sesak napas, pusing saat berdiri, dan sakit kepala.

    Apa yang harus dilakukan?
    Lakukan pengecekan jumlah sel darah merah untuk memastikan dan mendiagnosa anemia. Bila memang positif mengalami anemia, atasi dengan mengonsumsi suplemen zat besi, makan makanan yang kaya zat besi dan vitamin C, yaitu vitamin yang mampu mempercepat penyerapan zat besi. Pemeriksaan ke dokter juga dapat memastikan apakah Anda memang memiliki gangguan pada paru-paru, jantung, hati, gangguan pencernaan, atau infeksi tertentu.

  2. Sama sekali tidak ada bulu/rambut halus pada jari-jari kaki

    Apa artinya?
    Hal tersebut menandakan sirkulasi darah yang kurang baik (kurang lancar). Perlu diketahui bahwa pertumbuhan rambut sangat bergantung pada suplai zat yang dibawa dalam sirkulasi darah. Bila sirkulasi (peredaran darah) buruk, maka suplai zat-zat penting yang diperlukan rambut akan terhambat sehingga pertumbuhan rambut juga akan terhambat. Selain itu, dari kondisi tersebut dapat pula dilihat apakah ada gangguan fungsi pada jantung, dimana jantung tidak dapat bekerja dengan baik dalam memompa darah ke kaki sehingga membuat rambut/bulu pada kaki menjadi rontok.

    Petunjuk lain:
    Sirkulasi darah yang buruk membuat suplai darah ke kaki juga menjadi berkurang, sehingga menimbulkan kesulitan untuk merasakan denyut nadi di kaki. Untuk meraba denyut nadi di kaki, coba periksa bagian atas kaki atau bagian dalam pergelangan kaki. Selain itu, petunjuk lainnya adalah coba perhatikan ketika Anda berdiri, kaki Anda mungkin saja menjadi kemerahan atau bahkan kehitam-hitaman, namun bila tiba-tiba diangkat kaki terlihat pucat.

    Apa yang harus dilakukan?
    Segeralah periksa ke dokter untuk memastikan apakah memang terdapat masalah pada jantung Anda. Kondisi kaki seperti yang telah disebutkan di atas hanya merupakan petunjuk awal adanya suatu masalah pada kondisi kesehatan jantung dan peredaran darah di tubuh Anda. Untuk memastikannya, tentu saja Anda perlu memeriksakannya melalui pemeriksaan medis.

  3. Sering kram kaki atau kesemutan

    Apa artinya?
    Penyebab kram dan kesemutan pada kaki bisa karena bermacam hal. Namun, bila kram dan kesemutan pada kaki sangat sering terjadi, hal tersebut dapat menandakan bahwa peredaran darah tidak lancar, terjadi dehidrasi, atau ketidakseimbangan kalium, magnesium, kalsium, dan vitamin D dalam tubuh. Penyebab lainnya juga bisa karena terlalu banyak pekerjaan dan akibat kelelahan otot.

    Petunjuk lain:
    Kesemutan sering muncul, meskipun Anda hanya berbaring. Kesemutan bisa juga muncul pada bagian otot kaki, dan mungkin saja menjalar ke bagian otot lainnya. Rasa nyeri akibat kesemutan dapat berlangsung lama dan menetap.

    Apa yang harus dilakukan?
    Cobalah untuk memijat area yang sakit. Anda juga bisa merelaksasikan otot dengan mengompres kaki dengan kain dingin atau mengusapnya dengan alkohol. Untuk mencegah kram, selonjorkan kaki sebelum tidur. Kemudian minumlah segelas susu hangat, untuk membantu memenuhi kebutuhan kalsiumnya.

  4. Sakit dan luka yang tidak sembuh-sembuh pada telapak kaki

    Apa artinya?
    Hal tersebut dapat merupakan pertanda diabetes. Peningkatan kadar glukosa darah dapat menyebabkan kerusakan saraf di kaki, mengganggu sirkulasi darah, dan menghambat proses penyembuhan luka, sehingga luka menjadi tidak sembuh-sembuh, bahkan meluas. Goresan kecil, luka ringan atau iritasi pada kaki sering kali tidak terasa (tidak diketahui) akibat rusaknya saraf di kaki. Bila tidak langsung diobati, luka-luka pada kaki dapat menyebabkan infeksi, makin melebar dan meluas, bahkan pada kasus yang cukup parah sampai perlu diamputasi.

    Petunjuk lain:
    Luka pada kaki selain tidak sembuh-sembuh juga dapat menimbulkan bau yang busuk (tidak sedap). Selain dari kaki, gejala diabetes lainnya yang bisa kita lihat adalah selalu merasa kehausan, sering buang air kecil, keseringan lelah, pandangan menjadi kabur, sering merasa kelaparan, dan terjadi penurunan berat badan secara drastis.

    Apa yang harus dilakukan?
    Rawat luka segera dan periksakan ke dokter untuk memastikan apakah memang ada penyakit diabetes. Penderita diabetes harus memerhatikan kaki mereka setiap hari, dan datanglah ke klinik kesehatan setiap tiga bulan.

  5. Kaki dingin

    Apa artinya?
    Kaki dingin dapat mengindikasikan adanya gangguan tiroid (hipotiroid). Wanita usia 40 tahun ke atas yang sering mengalami kaki dingin biasanya memiliki masalah gangguan fungsi tiroid, yaitu kelenjar yang mengatur suhu dan metabolisme tubuh. Selain kemungkinan adanya gangguan fungsi tiroid, kaki yang dingin juga dapat merupakan pertanda buruknya sirkulasi (peredaran) darah pada tubuh, anemia, dan terjadi kerusakan saraf di kaki akibat penyakit diabetes.

    Petunjuk lain:
    Gejala hipotiroid (gangguan fungsi tiroid) juga sering muncul dengan keluhan seperti kelelahan, depresi, naiknya berat badan, rambut rontok dan kulit kering

    Apa yang harus dilakukan?
    Anda dapat menggunakan kaus kaki tebal pada kaki untuk membantu menghangatkan kaki. Jika diperlukan, segeralah periksakan ke dokter. Bila setelah memeriksakan ke dokter ternyata memang terdapat masalah pada kelenjar tiroid, dokter biasanya akan memberikan obat-obatan tertentu yang memang diperuntukkan untuk mengatasi gangguan hipotiroid.

  6. Kuku kaki yang tebal, kuning, dan terlihat sangat buruk

    Apa artinya?
    Hal tersebut dapat merupakan pertanda terjadinya infeksi jamur pada kaki, yang dapat menjalar sampai ke bawah permukaan kuku. Infeksi ini juga dapat menimbulkan rasa sakit yang bertahan cukup lama. Infeksi tersebut juga dapat semakin meningkat dan menyebar ke semua kuku kaki, hingga ke semua jari-jari kaki.

    Kuku kaki yang kuning dan menebal juga dapat merupakan pertanda adanya gangguan pada sistem limfatik, masalah paru-paru, psoriasis, atau Artritis Reumatoid.

    Petunjuk lain:
    Kuku mungkin juga menimbulkan bau busuk (tidak sedap) kemudian berubah menjadi kehitaman. Orang yang paling rentan terkena infeksi jamur pada kaki adalah para penderita diabetes, mereka yang memiliki masalah/gangguan pada sirkulasi darah, dan mereka yang mengalami Artritis Reumatoid. Kondisi ini juga relatif banyak terjadi pada orang tua, dan sering menyebabkan munculnya gangguan berjalan.

    Apa yang harus dilakukan?
    Anda dapat mengobat infeksi jamur pada kaki dengan menggunakan obat-obat khusus antijamur. Namun, pada kasus yang lebih serius lagi, alangkah lebih baik bila langsung diperiksakan ke dokter.

  7. Bengkak pada sendi jempol kaki

    Apa artinya?
    Hal tersebut dapat merupakan pertanda adanya penyakit gout (asam urat). Penyakit gout (asam urat) merupakan penyakit yang disebabkan karena tingginya kadar asam urat dalam tubuh sehingga membentuk endapan kristal asam urat di dalam dan sekitar sendi yang disertai dengan peradangan dan nyeri yang cukup parah. Kristal asam urat tersebut dapat mengendap pada bagian kaki (terutama jempol kaki), sehingga membuat jempol kaki terlihat membengkak dan membesar.

    Petunjuk lain:
    Pada bagian yang bengkak, juga sering muncul warna kemerahan atau keunguan. Timbul rasa panas dan nyeri tak hanya pada seluruh bagian kaki, namun dapat juga menjalar ke lutut.

    Apa yang harus dilakukan?
    Periksakan ke dokter, lakukan pengobatan dengan obat-obatan anti-inflamasi dan kontrol konsumsi makanan yang dapat memicu asam urat. Kurangi konsumsi makanan jeroan dan makanan tinggi purin lainnya, seperti ikan tuna, makarel, sarden, ikan teri, otak, kerang, udang, kepiting, melinjo (emping), jamur kuping, dan lain-lain.

  8. Mati rasa di kedua kaki

    Apa artinya?
    Mati rasa pada kaki dapat merupakan tanda utama terjadinya kerusakan sistem saraf perifer (neuropati perifer). Kerusakan sistem saraf perifer dapat terjadi karena beberapa hal, namun yang paling sering adalah akibat diabetes dan kecanduan alkohol. Penyebab umum lainnya adalah kemoterapi.

    Petunjuk lain:
    Rasa terbakar, kesemutan dapat juga muncul dan secara bertahap bisa menyebar ke lengan. Sensai seperti rasa terbakar pada kaki juga dapat merupakan tanda kurangnya vitamin B, penyakit ginjal kronis, sirkulasi yang buruk pada kaki, dan hipotiroidisme.

    Apa yang harus dilakukan?
    Periksakan ke dokter untuk mengetahui penyebab pastinya. Penggunaan obat antidepresan dapat membantu mengurangi rasa sakit dan nyeri yang muncul.

  9. Nyeri pada sendi jari kaki

    Apa artinya?
    Nyeri pada sendi-sendi jari kaki dapat merupakan pertanda Artritis Reumatoid. Nyeri sendi ini dapat terjadi pada sendi jari kaki dan tangan. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai Artritis Reumatoid, Anda dapat membaca artikel : Apa Itu Penyakit Artritis Reumatoid?

    Petunjuk lain:
    Timbul rasa kaku dan bengkak biasanya muncul bersamaan ketika rasa sakit/nyeri sendi muncul. Nyeri yang timbul cenderung simetris, misalnya terjadi secara bersamaan di kedua jempol kaki atau di kedua jari telunjuk (tangan).

    Apa yang harus dilakukan?
    Segera lakukan pemeriksaan ke dokter bila Anda mencurigai bahwa Anda mengalami Artritis Reumatoid. Pengobatan penyakit ini seringkali terlambat. Pasien biasanya baru memeriksakan diri ke dokter setelah keluhannya semakin parah. Perlu diketahui bahwa pada kasus yang cukup parah, penyakit Artritis Reumatoid (AR) dapat menyebabkan kelumpuhan dan kecacatan. Beberapa pengobatan dan terapi dapat mengurangi rasa sakit, dan diagnosa dini dapat mencegah terjadinya kecacatan dan kelumpuhan.

  10. Terdapat lubang-lubang kecil pada kuku kaki

    Apa artinya?
    Ada kemungkinan mengalami psoriasis, yaitu penyakit kulit yang ditandai dengan timbulnya lesi kemerahan disertai sisik. Hampir setengah dari penderita psoriasis memiliki ciri yaitu terdapat lubang-lubang kecil pada kuku kaki dan tangannya. Lubang-lubang kecil tersebut cukup bervariasi, bisa agak tipis atau dalam.

    Petunjuk lain:
    Kuku kaki menebal, dapat juga berubah kekuningan atau kecoklatan. Buku jari yang terdekat dengan kuku juga cenderung kering, merah, dan meradang.

    Apa yang harus dilakukan?
    Segera periksakan ke dokter untuk memastikan apakah memang benar terdapat penyakit psoriasis. Pemeriksaan yang dilakukan sejak dini memungkinkan penyakit tersebut bisa segera diobati sehingga dapat memberikan hasil yang lebih baik.

  11. Kaki tidak bisa diangkat dan sulit untuk berjinjit

    Apa artinya?
    Kesulitan untuk mengangkat kaki dan berjinjit dapat merupakan pertanda adanya gangguan/kerusakan pada otot dan saraf pada kaki. Selain itu, bila Anda menjalani kemoterapi, obat-obatan kemoterapi juga dapat menjadi penyebab mengapa Anda kesulitan mengangkat kaki dan berjinjit.

    Petunjuk lain:
    Mungkin juga timbul rasa sakit dan mati rasa. Kadang-kadang nyeri juga dirasakan pada kaki bagian atas atau tulang punggung bagian bawah. Dalam banyak kasus, kaki juga bisa sangat lemah sehingga tidak bisa digunakan untuk berjalan.

    Apa yang harus dilakukan?
    Periksakan ke dokter, karena gangguan ini bisa permanen, tergantung pada penyebab dan perawatannya.

  12. Kulit kaki kering dan terkelupas

    Apa artinya?
    Dapat merupakan tanda adanya infeksi jamur pada kulit kaki. Infeksi tersebut membuat kulit kaki menjadi kering, gatal, kemudian lecet, meradang, dan terkelupas. Infeksi ini juga dapat menyebar ke bagian tubuh lainnya.

    Petunjuk lain:
    Infeksi jamur ini biasanya muncul di antara sela-sela jari kaki. Bisa menimbulkan rasa yang sangat gatal sekaligus bau yang kurang sedap. Infeksi juga bisa muncul di bagian tubuh lain, karena ikut menyebar akibat digaruk.

    Apa yang harus dilakukan?
    Untuk kasus yang tidak terlalu berat bisa diatasi dan diobati sendiri dengan salep atau obat khusus antijamur. Biasakan untuk sering membasuh kaki, kemudian keringkan kaki secara menyeluruh. Jangan pernah membiarkan kaki dalam keadaan lembab karena dapat menjadi tempat subur bagi tumbuh kembang jamur. Jika dalam dua minggu tidak ada perbaikan, atau bahkan menjadi semakin parah, segeralah periksakan ke dokter.

  13. Terjadi perubahan warna pada kaki

    Apa artinya? Hal tersebut dapat merupakan pertanda adanya penyakit Raynaud. Penyakit Raynaud atau biasa juga dikenal dengan istilah fenomena Raynaud merupakan gangguan langka pada pembuluh darah (biasanya pembuluh darah pada jari kaki dan tangan), dimana terjadi penyempitan tiba-tiba pada pembuluh darah arteri yang disebut vasospasms. Penyempitan arteri tersebut terutama terjadi ketika si penderita mengalami stres atau sedang sakit. Ketika hal itu terjadi, darah tidak bisa sampai ke permukaan kulit, sehingga daerah yang terkena (daerah dimana terjadi penyempitan pembuluh darah) mengalami perubahan warna menjadi putih dan biru. Ketika pembuluh darah kembali ke kondisi normal, aliran darah menjadi semakin lancar dan kulit menjadi merah dan kembali ke warna semula. Dalam kasus yang cukup berat, kurangnya pasokan darah akibat menyempitnya pembuluh darah dapat menyebabkan timbulnya luka atau kematian jaringan. Penyebab pasti dari penyakit ini masih belum jelas diketahui.

    Petunjuk lain:
    Selain jari-jari kaki dan tangan, area lain yang juga sering terkena penyakit ini adalah hidung, bibir, dan telinga. Bagian kulit yang terkena akan terasa kaku. Wanita dan orang-orang yang tinggal di daerah dingin lebih sering terkena penyakit Raynaud tersebut. Penyakit ini biasanya muncul pada usia 30 tahun ke atas.

    Apa yang harus dilakukan?
    Ada hal-hal sederhana yang dapat Anda lakukan sendiri. Saat penyakit ini menyerang, segera rendam tangan dalam air hangat, pada saat cuaca dingin jagalah agar tangan dan kaki selalu hangat, dan hindari pemicunya seperti stres dan beberapa jenis obat tertentu.

    Untuk pengobatan penyakit ini, segera periksakan ke dokter. Penyakit Raynaud biasanya menimbulkan rasa tidak nyaman pada penderitanya, tetapi tidak berbahaya. Pada sebagian kecil orang, Raynaud adalah tanda penyakit autoimun yang bisa diobati. Dalam beberapa kasus, dokter mungkin merekomendasikan obat yang dapat melebarkan pembuluh darah, dan meringankan keluhan yang dirasakan.

  14. Telapak kaki terasa amat sakit saat berjalan

    Apa artinya?
    Hal tersebut dapat merupakan tanda terjadi fraktur (patah tulang) pada kaki. Rasa sakit ini dapat dirasakan pada seluruh bagian telapak kaki. Rasa sakit ini dapat muncul berulang-ulang. Penyebabnya bisa karena pernah terjadi cedera pada kaki akibat terjatuh atau karena hal lain. Bisa juga disebabkan karena kurangnya kepadatan tulang (osteoporosis) akibat kekurangan kalsium -terutama terjadi pada perempuan yang berumur lebih dari 50 tahun-, atau karena kasus malnutrisi lainnya, termasuk kekurangan vitamin D, terjadi masalah pada penyerapan kalsium, atau karena anoreksia.

    Petunjuk lain:
    Kaki terasa sangat sakit terutama bila digunakan untuk berjalan. Meskipun begitu, Anda masih bisa berjalan.

    Apa yang harus dilakukan?
    Periksakan ke dokter tentang semua sakit yang dirasakan

  15. Terdapat benjolan pada ujung jempol kaki

    Apa artinya?
    Dapat merupakan pertanda ada masalah paru-paru, termasuk fibrosis dan kanker paru-paru. Penyakit jantung dan gangguan pada perut juga bisa terjadi.

    Petunjuk lain:
    Tak hanya jempol kaki, jari-jari kaki lainnya juga dapat mengalami benjolan.

    Apa yang harus dilakukan?
    Perawatan bergantung pada penyebab, jadi laporkan gejala serius ini kepada dokter.

  16. Rasa Sakit dan linu pada Tumit

    Apa artinya?
    Kemungkinan terjadi peradangan jaringan ikat pada kaki. Selain itu, nyeri dan linu pada tumit juga bisa disebabkan karena Artritis, olahraga berlebihan, dan penggunaan sepatu (alas kaki) yang buruk (tidak nyaman). Kemungkinan lainnya juga bisa disebabkan karena adanya infeksi tulang, tumor, atau fraktur (patah tulang).

    Petunjuk Lain:
    Rasa sakit muncul ketika Anda menapakkan kaki di pagi hari dan dapat bertambah parah sepanjang hari. Rasa sakit biasanya terpusat di tumit namun dapat juga dirasakan pada bagian kaki lainnya. Rasa sakit dan linu semakin terasa ketika kaki digunakan untuk berlari dan melompat. Selain itu, keluhan nyeri dan linu juga bertambah parah bila penderita tidak menggunakan alas kaki atau hanya menggunakan alas kaki tipis (sandal jepit) saat berjalan, berlari, atau melompat.

    Apa yang harus dilakukan?
    Hentikan penggunaan alas kaki (sepatu atau sandal) yang tidak nyaman di kaki. Bila selama ini Anda adalah pengguna High Heels atau sepatu bertumit tinggi, ada baiknya untuk mengurangi kebiasaan penggunaan high heels tersebut. Penggunaan sandal yang terlalu tipis (seperti sandal jepit) sebaiknya juga dikurangi.

    Jika rasa sakit muncul lebih dari beberapa minggu dan terasa semakin buruk (semakin parah), segera periksakan ke dokter. Pastikan untuk meminta saran dalam menggunakan alas kaki yang tepat selama perawatan.

  17. Kaki bengkak

    Apa artinya?
    Kaki bengkak umum terjadi pada wanita yang sedang hamil, dan bukan merupakan pertanda adanya penyakit yang serius. Namun, bila Anda tidak sedang hamil, penyebab kaki bengkak mungkin disebabkan karena sirkulasi (peredaran darah) yang buruk (kurang lancar), adanya masalah pada sistem limfatik, atau terjadi pembekuan darah.

    Petunjuk lain:
    Penyebab lainnya juga dapat karena adanya gangguan ginjal atau kurang aktifnya kelenjar tiroid.

    Apa yang harus dilakukan?
    Keluhan kaki bengkak dapat diringankan dengan cara meluruskan kaki atau mengangkat kaki ke atas. Namun, jika bengkak di kaki terjadi secara terus-menerus, sebaiknya segera periksakan ke dokter.

Copyright secured by Digiprove © 2012

Artikel Terkait

12 thoughts on “Mendeteksi 17 Gangguan dan Penyakit Lewat Kaki

  1. Rizki irham

    Kalo kaki yang tiba-tiba timbul rasa panas-dingin dan terasa menusuk di satu titik itu kenapa y….?

  2. patar

    Knapa ya tulang kering kaki sering terasa panas,biarpun saya gak pakai sepatu atau kaos kaki,kaki saya masih berasa bau.kalau ada yang tau tolong beritahu ya saya sudah capek dengan keadaan saya seperti ini,karna saya sering minder

  3. anggie

    Telapak kaki saya tiba-tiba terasa nyeri, dan betis pun rasanya pegal.. itu kenpa ya..? DAN KAKI SERING kesemutan saat tak beraktifitas. kenapa itu?

  4. adriana

    Kaki saya kram pada telapak kakinya dibagian tengah atau lengkungan,teraba kasar kaya ada sumbatan jaringan darah

  5. yuna

    klau kaki bau trus mski g pkai spatu apa sndal & trus brkeringat itu knpa y??
    apa brbahaya??
    sya sdah sring mncuci kaki bhkan mmakai alas kaki yg trbuka biar sllu kring tp kaki sllu bau & brkeringat bhkan sring trasa pegal pd tlapak kaki dan kulit kaki sring mngelupas..

  6. wonk mayank

    Kedu kaki ku bagian pinggang kebawah selalu ber keringat,ini gejala atau tanda-tanda penyakit apakah,dan bagai mana cara pencegahan nya?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

TEMUKAN KAMI DI:

NEWSLETTER

Mau berlangganan artikel Kami? Tulis Email Anda pada form di bawah ini.

Cek Email Anda setelahnya untuk mengaktifkan layanan newsletter. Terimakasih