Informasi dan Tips – informasitips.com

13 Gejala Penyakit yang Tidak Boleh Diabaikan

informasitips.com – Seringkali kita tertipu dengan reaksi tubuh yang tampak biasa-biasa saja seperti sering merasa lelah, batuk, nyeri otot dan lain-lain. Kita acap kali menganggap hal-hal tersebut adalah sesuatu yang biasa dan tidak perlu dikhawatirkan. Kita akan lebih merasa khawatir ketika menemukan benjolan yang terasa sakit bila disentuh, tahi lalat yang semakin membesar, atau demam tinggi lebih dari tiga hari lamanya.

Sebenarnya, penyakit tidak datang serta-merta begitu saja tanpa memberikan gejala-gejala awal terlebih dahulu. Namun sayangnya, tidak semua orang yang cepat tanggap dengan gejala-gejala yang terkadang memang terlihat ringan dan sepele. Bila penyakit yang bersarang pada tubuh sudah sedemikian parah, maka tentu saja membutuhkan pengobatan panjang dan biaya yang sangat besar nantinya. Harapan kesembuhan pun akan semakin kecil.

Sudah seharusnya kita lebih memerhatikan perubahan dan gejala-gejala tertentu yang muncul di tubuh. Jangan diabaikan begitu saja, karena bisa jadi hal tersebut merupakan tanda adanya suatu penyakit tertentu yang cukup serius. Berikut beberapa gejala atau tanda penyakit yang harus kita kenali dan tidak boleh diabaikan:

  1. Lelah Berkepanjangan
    Ketika kita melakukan pekerjaan berat sudah tentu tubuh akan merasa lelah. Namun, bila rasa lelah itu tetap terasa meskipun tubuh tidak sedang melakukan kegiatan yang menguras tenaga, maka hal ini perlu dikhawatirkan. Lelah berkepanjangan disertai rasa kantuk yang terus menerus adalah salah satu pertanda kadar insulin yang begitu tinggi di dalam tubuh. Sehingga dapat merujuk pada penyakit diabetes mellitus. Bukan itu saja, penderita penyekit kelenjar getah bening pun akan mengalami gejala yang serupa.

  2. Mendengkur
    Seringkali mendengkur dihubungkan dengan nyenyak atau tidaknya tidur seseorang. Padahal, mendengkur adalah gejala awal penyakit yang berhubungan dengan sistem pernafasan dan jantung. Apalagi bila disertai rasa sakit kepala dan sakit tenggorokan ketika bangun tidur, maka hal ini harus menjadi perhatian serius.

  3. Gigi Sensitif
    Gigi sensitif saat makan es krim atau minum minuman dingin mungkin memang suatu hal yang biasa. Namun, bila Anda merasa bahwa gigi Anda ekstra sensitif, terlebih bila disertai dengan rasa nyeri yang cukup berat, sebaiknya Anda patut curiga. Gigi yang ekstra sensitif dan timbul rasa nyeri bisa mengindikasikan bahwa adanya kerusakan pada syaraf-syaraf di gigi. Selain itu, bisa jadi juga sudah terjadi pembusukan di gigi. Bila sudah menunjukkan gejala yang mengkhawatirkan jangan tunda lagi, segeralah periksakan gigi Anda ke dokter gigi. Bila dibiarkan berlama-lama, bakteri perusak gigi akan semakin bertambah banyak dan semakin merusak gigi Anda yang pada akhirnya bisa menimbulkan rasa nyeri yang sangat hebat di gigi Anda.

    nyeri leher

  4. Nyeri Bagian Dada, Leher dan Lengan
    Tidak jarang kita mengabaikan rasa nyeri di bagian lengan, leher, maupun dada karena menganggap akan reda dengan sendirinya atau dengan bantuan balsem. Namun ternyata, keluhan nyeri dada, leher, dan lengan merupakan gejala serius akan penyakit angina dan serangan jantung. Kebanyakan kasus, banyak orang yang mati mendadak karena serangan angina yang terjadi secara tiba-tiba.

  5. Silau Terhadap Cahaya
    Cahaya yang terlalu terang memang akan membuat mata menjadi silau. Namun, bila seseorang merasa selalu pusing dan mual tiap kali melihat cahaya, maka perlu dicurigai bahwa orang tersebut terjangkit penyakit yang berhubungan dengan sistem saraf pusat/otak, kebutaan dini/glaukoma, atau lupus.

  6. Sering Sariawan
    Sariawan bisa saja disebabkan karena kurangnya vitamin C. Namun, tidak menutup kemungkinan disebabkan karena adanya parasit atau bakteri yang bersarang di dalam mulut. Parasit ini akan berkembang dan berujung pada kanker mulut dan kanker tenggorokan bila tidak segera mendapat pertolongan medis.

  7. Sering Sakit Kepala
    Kita mungkin saja menganggap sakit kepala sebagai suatu keluhan yang biasa. Namun, bila rasa nyerinya cukup berat (sampai tak tertahankan), terjadi sangat sering, sebaiknya kita perlu untuk memeriksakannya ke dokter, karena bisa jadi sakit kepala tersebut bukanlah sakit kepala biasa yang bisa hilang dengan sendirinya. Tak tertutup kemungkinan sakit kepala tersebut merupakan pertanda adanya penyakit serius di daerah kepala dan otak.

  8. Rambut/Bulu Tumbuh Terlalu Lebat
    Tiap-tiap orang memiliki rambut dan bulu dengan ketebalan yang berbeda-beda. Tentu saja bergantung dengan tingkat hormon yang mempengaruhi pertumbuhan rambut atau bulu tersebut. Namun, perlu ditindaklanjuti jika rambut dan bulu-bulu tersebut tumbuh semakin hari semakin lebat, di daerah wajah, lipatan tangan, dada, ruas jari, dan perut. Sebab, tumbuhnya rambut dan bulu yang semakin lebat dapat disebabkan karena ketidakseimbangan hormon dalam tubuh yang bisa saja mengarah ke suatu penyakit serius tertentu.

  9. Berat Badan Turun Drastis
    Banyak sekali orang yang berdiet mati-matian hanya untuk menurunkan berat badannya. Namun, jika berat badan terus mengalami penurunan tanpa sebab, maka hal tersebut patut dicurigai. Beberapa penyakit serius selalu ditandai dengan penurunan berat badan secara drastis tanpa sebab, contohnya kanker. Untuk stadium awal, kanker memang tidak menunjukkan gejala-gejala yang spesifik. Namun, berat badan penderita semakin lama akan semakin menurun.

  10. Batuk Berkepanjangan
    Batuk panjang merupakan batuk yang frekuensi terjadinya sangat sering. Namun, Anda patut curiga bila batuk tidak kunjung reda, seringkali disertai dengan sesak nafas, muntah darah, keringat di malam hari, serta nyeri pada bagian dada dan punggung. Jangan tunda untuk memeriksakan diri ke dokter bila hal ini terjadi. Kemungkinan besar paru-paru sedang mengalami masalah serius seperti kerusakan paru, adanya tumor, kanker, atau flek.

  11. Frekuensi Buang Air Kecil Terlalu Sering
    Buang air kecil atau berkemih memang sangat dianjurkan untuk mengeluarkan zat-zat yang tidak digunakan lagi oleh tubuh. Namun, apabila frekuensinya terlalu sering, terutama di malam hari, maka hal ini bisa menjadi gejala serius diabetes mellitus. Bisa pula dicurigai adanya infeksi pada saluran kemih yang disebabkan oleh virus-virus tertentu.

  12. Hilang Keseimbangan
    Hati-hati bila sering terjatuh tanpa sebab yang jelas. Jatuh dapat dihubungakn dengan hilangnya keseimbangan tubuh mempertahankan diri untuk dapat tetap berdiri tegak. Bila keseimbangan tubuh seringkali hilang tanpa sebab yang jelas, maka dikhawatirkan hal tersebut merupakan gejala penyakit yang berhubungan dengan sistem motorik seperti Parkinson. Penyakit ini berhubungan dengan tulang seperti skeliosis, dan berhubungan dengan sistem saraf. Akan semakin mengkhawatirkan apabila disertai dengan gejala kesemutan, lemah otot, dan mati rasa.

  13. Frekuensi Buang Air Besar Terganggu
    Idealnya, buang air besar dilakukan sekurang-kurangnya 1x sehari. Sebab, aktivitas buang air besar membantu tubuh mengeluarkan ampas-ampas makanan dari dalam perut. Bila dibiarkan mengendap, maka akan menjadi sumber penyakit serius seperti penyempitan usus besar, kanker kolorektal, dan polip usus. Agar frekuensi buang air besar lancar, maka sangat dianjurkan untuk memenuhi asupan serat dari sayur-sayuran dan buah-buahan setiap hari.

Itulah 13 gejala penyakit yang tidak boleh diabaikan. Semakin dini dikenali, semakin cepat mendapat pertolongan medis, dan semakin besar pula peluang kesembuhan. Semoga beranfaat.



loading...
Bagikan artikel:

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *